Apel-Merah
Apel-Merah

12 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Selamat siang semua nya? Gimana kabar kalian pada weekend kali ini? Pasti baik baik saja kan. Kalau lagi weekend kayak gini pasti enak nya nyari makanan dan buah-buah yang sehat bukan? Oke langsung saja ke pembahasan pada siang hari ini, pada siang hari ini saya akan membahas tentang 12 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh.

Buah Apel ini pada awalnya berasal dari benua Asia Tengah, tetapi seiring dengan perkembangan buah apel saat ini sudah tersebar luas dan sudah tersbar merata keseluruh Dunia. Buah Apel ini merupakan buah yang sangat identik dengan warna merah di bagian kulitnya. Dan tentu semua orang sudah tidak asing dengan rasa buah apel dan bentuk buah apel ini. Di karena kan buah apel ini sudah tergolong dalam jenis buah-buahan. Dan buah apel ini sangat mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Dan ini lah kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram nya

  1. Zat Besi : 0,3g
  2. Kalsium : 6g
  3. Kalori (kal) : 58g
  4. Lemak : 0,4g
  5. Vitamin A :90g
  6. Air : 84,1g
  7. Protein : 03g
  8. Vitamin C : 5g
  9. Dll
manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan
manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan

 

Manfaat Buah Apel bagi Kesehataan

  1. Dapat menjaga kesehatan gigi

Buah Apel ini juga bisa  menjaga kesehatan gigi kita, dengan cara kita mengkonsumsi Buah Apel dengan cara rutin. Buah Apel ini juga bisa merangsang produksi air liur yang terdapat pada mulut. Sehingga mencegah terjadinnya pengeroposan gigi dan juga dapat menjaga gigi kita agar tetap sehat.

  1. Dapat mencegah dehidrasi

Buah Apel juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau sedang kekurangan cairan tubuh. Buah Apel ini mengandung 85% dari air. Jika anda mengkonsumsi buah apel anda akan terhindar dari dehidrasi.

  1. Dapat mencegah serangan jantung

Buah Apel ini juga bisa mencegah datangnya serangan jantung yang secara tiba-tiba dan buah apel ini dapat menurunkan tekanan darah. Karena buah apel ini dapat mencegah kolestrol yang terdapat dalam tubuh kita

  1. Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit buah apel ini terdapat zat kuersetin. Zat Kuersetin ini adalah zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita dan juga bisa melawan penuaan diri.

  1. Mencegah penyakit Diare dan Sambelit

Buah Apel ini dapat mencegah penyakit Diare dan Samblit. Buah Apel ini mengandung serat yang sangat tinggi dan mampu untuk membantu melancarkan pada sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

  1. Mencegah penyakit Diabetes

Buah Apel juga bisa mengatasi penyakit Diabetes, karena kulit apel ini mengandung senyawa fenolik. Dan untuk itu lah disarankan agar dapat mencuci terlebih dahulu sebelum anda memakan buah apel.

  1. Pengelihatan yang lebih jernih

Buah Apel ini juga sangat berperan penting bagi pengelihatan mata, buah Apel ini juga bisa mencegah datangnya gangguan kesehatan mata salah satunya adalah katarak.

  1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Apel juga memiliki kandungan antioksidan yang bernama quercetin dan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita, agar kita tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat

Manfaat Buah Apel
Manfaat Buah Apel
  1. Menurunkan Kolesterol

Buah Apel ini sangat kaya akan serat larut yang berfungsi untuk bersaing dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan menyebabkan penurunan penyerapan atau dalam isilahnya LDL (Low Density Liporotein) atau kadar kolesterol yang jahat dan dapat melebihi produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolestrol yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan bisa kita simpulkan sendiri bahwa buah apel ini dapat menurunkan kolesterol jahat dan dapat memperbanyak jumlah kolesterol baik.

  1. Dapat mencegah Alzheimer

Dengan anda meminum satu cangkir jus apel ketika cuaca sedang terik dapat memperbaiki sel-sel saraf yang terdapat pada otak kita yang sedang mengalami  kerusakan, ini semua berkat peran dari flavonoid sebagai antioksidan yang sangat kuat. Dan jika seperti ini terus anda akan terhindar dari penyakit Alzheimer.

  1. Dapat mengobati penyakit Asma

Jika anda sedang terkena penyakit asma maka anda makan lah buah apel ini karena buah apel ini bisa mengurangi gejala-gejala penyakit asma dan dapat mengobati nya secara perlahan, dan anda juga bisa memanfaat kan buah apel sebagai kandungan fitokimia dan polifenol yang dapat membantu anda memulihkan penyakit asma. Dengan demikian buah apel bisa disimpulkan bahwa buah apel adalah buah yang ditakuti oleh penyakit asma anak.

  1. Dapat mencegah Batu Empedu

Batu Empedu ini terbentuk karena dalam empedu ini menyimpan terlalu banyak kolesterol sehinggga mengalami pengerasan, dan hal tersebut sangat identik pada orang yang terlalu keberatan badan.

untuk  cara menghambat pembentukan batu empedu, sebagian dokter menyarankan agar mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat agar kadar kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh tidak menumpuk dan juga bisa terkontrol. Dalam mengdalikan hal tersebut serat pektin juga berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL dalam tubuh kita.

Mungkin cukup sekian artikel saya pada siang hari ini yang berjudul tentang 12 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh dan jangan lupa dibaca artikel-artikel saya yang lainnya dan tetap baca artikel-artikel selanjutnya.

Leave a Reply