olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Olahraga Ekstrim

Posted on

Olahraga merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita ini, olahraga juga adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kebugaran tubuh kita ini, banyak jenis-jenis olahraga di Dunia ini, dan setiap olahraga pasti banyak yang diminati oleh orang-orang baik Anak Kecil maupun Orang Tua. Akan tetapi jika tidak dilakukan dengan benar olahraga itu justru akan mengundang musibah. Pada dasarnya setiap jenis olahraga pasti memiliki resiko, perbedaan resiko pada setiap olahraga terletak pada seberapa keras atau ekstrimnya jenis olahraga yang dilakukan. Olahraga yang melibatkan kontak fisik memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan olahraga yang dilakukan secara pribadi, insiden yang terjadi misalnya mendapatkan cidera, luka yang kecil atau besar, bahkan kematian sangat mungkin terjadi jika olahraga itu tidak dilakukan tidak dengan cara yang tepat atau ceroboh.

Ada beberapa olahraga yang ektrim dan menantang nyali sebagian orang yang ada diseluruh dunia ini dan ternyata memiliki banyak peminat. Bacalah pada artikel ini dari atas sampai bawah berikut adalah jenis-jenis olahraga yang sangat ekstrim didunia yang juga banyak diminati orang-orang.

1.Panjat Tebing

olahraga ekstrim
olahraga ekstrim

Olahraga yang satu ini termasuk kedalam kelompok olahraga yang ekstrim karna olahraga ini menuntut kekuatan fisik, mental ,serta konsentrasi yang sangat tinggi. Kekuatan tangan dan kaki, daya tahan, kelincahan, keseimbangan, serta perhitungan dalam memilih pijakan/pegangan yang harus dipakai benar-benar diuji dalam olahraga ini. Seorang pemanjat harus mempunyai bekal dalam dirinya dengan fisik yang prima dan pengetahuan yang tinggi tentang teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan-perlatan yang sesuai yang akan membantu dalam melakukan olahraga ini.

Ada banyak rute panjat tebing yang dapat dipilih dan didaki di seluruh dunia, dan pada setiap rute memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, karena ada begitu banyak jenis/formasi batuan di seluruh dunia, olahraga panjat tebing sudah dipisahkan menjadi berbagai macam gaya sesuai dengan minat pendaki dan bentukan batuan. Resiko yang akan dihadapi jika si pemanjat kurang berhati-hati bisa bermacam-macam resikonya, luka gores karena bergesekan atau berbenturan dengan batu merupakan cidera yang paling ringan. Kematian juga bisa menjadi acaman apabila si pemanjat tidak mampu menahan beban tubuhnya sehingga jatuh ke dasar.

2.Street Luging

olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Olahraga ini melibatkan teknik luncur bebas dari papan street luge. Papan yang digunakan mempunyai bentuk yang serupa dengan papan untuk olahraga Longboard, street luging dilakukan di jalanan yang rata dan menurun Luger (Peluncur) akan meluncur dengan kecepatan 70 mil/jam, atau setara dengan 115 km/jam. Selain papan yang terbuat dari bahan Besi, Kayu, Aluminium, atau Serat Karbon, Luger juga membutuhkan pakaian balap dan sarung tangan yang berbahan kulit. Resiko yang akan dihadapi oleh luger bisa bermacam-macam mulai dari luka akibat goresan dengan jalan atau bisa patah tulang apabila terhempas kejalanan atau bisa tertabrak dengan bangunan, teman, dan lain-lain dengan kecepatan 115 km/jam.

3.BMX

olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Bicycle motocross ini atau lebih dikenal dengan BMX merupakan olahraga yang cukup menantang nyali dan membutuhkan teknik yang khusus. Untuk melakukan olahraga ini harus memiliki sepeda yang khusus yang dikenal dengan sepeda BMX. Banyak variasi bentuk dan harga seeda BMX yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kemampuan pesepeda BMX. Seorang Biker harus melakukan kombinasi akrobat dengan sepedanya, tidak hanya melakukan trik yang sudah ada seorangBiker juga harus menciptakan trik baru.

Untuk resiko yang harus dihadapi, yaitu jatuh dari sepeda. Jatuh dari speda merupakan hukum yang wajib bagi orang yang berolahraga ini, ketika seseorang belajar trik baru atau bahkan untuk seorang pemula. Cidera pada olahraga ini biasanya seperti patah tulang, terkilir, bahkan memar juga bisa terjadi  apabila Biker kurang berhati-hati dalam melakukan trik dan juga ketika tidak menggunakan alat pengaman. Alat pengaman seperti  Sepatu, Helm pengaman, serta Pelindung siku dan lutut yang wajib digunakan akan mengurangi terjadinya inseden luka yang mungkin terjadi.

4.Base Jumping

olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Olahraga ini mendapatkan peringkat tertinggi untuk olahraga yang paling berbahaya di dunia ini. Pada dasarnya olahraga ini hampir sama dengan          Terjun Payung, akan tetapi pada saat mendarat yang dimiliki oleh atlet base jumping lebih singkat dibandingkan terjun payung, sehingga resikonya pun jauh lebih besar. Pada olahraga ini atlet yang disebut Jumper menjatuhkan diri dari salah satu struktur BASE, kata BASE bisa diartikan sebagai Building (gedung), Antena (antena), Span (jembatan), dan Earth (bumi) yang megacu pada tebing tinggi.

Jumper dibekali dengan parasut yang dibentangkan dengan sempurna sebelum mendarat supaya pendaratan yang dilakukan dapat terjadi dengan aman. Apabila parasut gagal terbuka maka kematian resikonya. Base jumping dinyatakan sebagai olahraga yang ilegal untuk dilakukan di beberapa negara.

5.Parkour

olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Olahraga ini merupakan olahraga yang dari tempat satu pindah ke satu tempat  yang lain secara efisien dengan cepat menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Pada olahrag ini atlet harus berlari, melompat, melakukan salto, berguling dan masih banyak lagi dengan sempurna untuk melakukan parkour secara aman. Cidera yang bisa terjadi bisa bermacam-macam, mulai dara luka biasa, patah tulang, gagar otak, abhkan kematian.

6.Wingsuit Flying

olahraga-ekstrim
olahraga-ekstrim

Manusia selalu berusaha membuat inovasi yang baru, termasuk pada olahraga ini. Secara alami manusia tidak dapat terbang, karena tidak memilii sayap seperti burung, karena itu dicptakanlah olahraga wingsuit flying yang mrembuat sesorang terbang dari ketinggian dengan menggunakan wingsuit. Wingsuit merupakan sayap buatan yang terbuat dari parasut yang dirancang agar bisa melayang di udara, untuk melakukan olahraga ini para penerbang harus berada pada ketinggian tertentu, kemudian menerjunkan diri dan melayang diudara sambil membentangkan sayap layaknya Burung.

Tadi merupakan beberapa jenis-jenis olahraga yang ekstrim yang ada di dunia ini. Semua itu diperbolehkan dilakukan apabila sudah mahir/profesional pada olahra tersebut, jika tidak lakukan dengan hati-hati akan berakibat fatal, mungkin saja terluka kecil atau besar bahkan bisa menyebabkan kematian. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply