merawat ponsel
cara merawat ponsel

Ingin Ponsel Android Awet, Baca Ini!

Posted on

Tahun demi tahun, bulan-demi bulan, jam demi jam, dan detik-demidetik. Tak kita sadari bahwa dunia ini semakin maju dan maju, terlebih di era saat ini banyak sekali bermunculan alat-alat untuk memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari, mulai dari gadget, alat elektronik dan transportasi. Terlebih kita tau bahwa, zaman dulu sangat sulit sekali untuk berkomunikasai dengan orang lain, karena terbatas oleh jarak. Maka orang pada zaman dahulu menggunakan alat komunikasa tradisional.

Apa itu alat komunikasi tradisional? Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang masih menggunakan sistem lama, seperti memanfaat tali yang di hubungkan ke 2 kaleng, kemudian menggunakanya untuk berkomunikasi jarak jauh, ada juga yang menggunakan surat, telegram, dll.

Namun lama-kelamaan zaman semakin maju dan canggih sehingga menimbulkan sebuah gagasan baru yang di gunakan untuk merevolusi cara komunikasi orang zaman dahulu, yaitu dengan di temukanya alat berupa radio, yang menggunakan system FM, atau frekuensi modulation, namun tak lama kemudian, dunia komunikasi kembali menggumumkan teknologi baru yang di temukan yaitu handphone.

Handphone sendiri memiliki kepanjangan yaitu telepon genggam, karena hand memiliki arti tangan dan phone artinya telephon maka di gabunglah dua bahasa tersebut yang biasa kita sebut HP.

Dalam perkembanganya kini handphone berubah menjadi alat komunikasi yang multi fungsi, dari yang awalnya hanya di gunakan untuk bertelphone dan mengirim sms, maka tahun demi tahun, handphone pun berubah menjadi alat komunikasi yang memiliki sistem oprasi sebagaiman layaknya computer, yaitu dengan di sematkanya berbagai OS seperti OS java, IOS, Syambian, Windows, dll.

Dengan adanya sistem operasi maka handphone akan semakin canggih dan memiliki fitur-fitur baru yang tentunya mempermudah kita dalam berkomunikasi. Setelat berjayanya sistem operasi di atas, maka lama-kelamaan sistem operasi berubah menjadi lebih canggih, yaitu dengan meledaknya sistem operasi yang bernama android, yang merajalela di berbagai belahan dunia, karena memiliki fitur-fitur di atas sistem operasi yang lainya.

Dengan sistem ini kita di suguhkan dengan berbagai fitur yang sangat canggih dan tentunya sangat membantu kemudahan kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja, sekarang ini kita dapat berkomunikasi tak hanya dengan mendengar suaranya, namun juga dapat melihat wajahnya sekaligus.

Namun dengan bertambah canggihnya alat komunikasi, tentunya juga akan semakin menambah ribet cara merawatnya, bukan? Karena kebanyakan android menggunakan layar yang lebar, yang tentunya akan menambah konsumsi batrai, cara penggunaan, masalah ram dan juga kemungkinan terkena infeksi virus yang dapat membuat android kita menjadi eror dan rusak. Maka dari itu, di sini saya akan membagikan tips cara merawat ponsel android agar tahan lama. Oke langsung saja baca di baca.

cara merawat android

Cara merawat ponsel android agar tahan lama

  1. Rawat layar ponsel

Hal ini perlu di perhatikan, karena kebanyakan layar android memakai sistem Touch screen atau layar sentuh, maka tidak ada keypad atau tombol, sehingga kita harus rajin merawatnya, seperti di beri screen protector, di bersihkan dengan kain dan selalu jaga agar layar ponsel tidak terkena benda-benda yang membahayakan seperti pisau, batu, dll. Hal ini sangat penting sekali, karena layar android biasanya sangat sensitif sekali bila sudah lecet, pecah, atau retak.

  1. Jauhi air

Memang sudah banyak sekali ponsel android yang menyuguhkan fitur berupa tahan air terutama bagi ponsel android kelas atas, namun perlu di ketahui bahwa fitur tersebuat juga ada kelemahanya, tidak mungkin ponsel android akan sangat kuat dan tahan lama di air, maka jangan sampai anda berdekatan dengan air ketika sedang mengoprasikan ponsel ini, terutama ketika di laut atau di pantai, karena air laut yang asin dapat membuat ponsel yang terkena olehnya mudah berkarat.

  1. Jauhi medan magnet

Terkadang kita sangat lalai akan hal ini, memang tak di sadari bahwa sehari-hari kita akan selal berdekatan dengan alat-alat elektronik yang mengandung medan magnet, seperi televisi, Kulkas ( lemari es ), radio, dll. Hal ini di karenakan medan magnet dapat menganggu signal atau jaringan ponsel kita.

  1. Operasikan dengan jari

Kebanyakan orang ketika mengoprasikan ponsel android menggunakan kuku, padahal kuku dapat membuat layar tergores, mungkin tidak akan berpenggaruh pada ponsel bila ada screen protector, namun hal ini tetap perlu di perhatikan jika ingin ponsel anda tetap awet dan seperti masih baru. Maka gunakanlah jari telunjuk atau jempol.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Banyak sekali orang yang lalai akan hal ini, karena masih banyak sekali kita jumpai orang-orang yang menggoperasikan ponsel android di luar ruangan, padahal ponsel android sangat rentan sekali dengan paparan sinar matahari, yang dapat beresiko menggurangi kulitas LCD layar ponsel anda.

  1. Perhatikan penyimpanan

Sering sekali kita menyimpan ponsel android kita pada tempat-tempat yang beresiko merusak layar LCD hp kita, seperti menyimpanya di celana yang ketat, saku pantat, dll. Maka solusinya adalah belilah tempat atau dompet hp yang dapat di taruh di samping saku celana kita, karena dengan ini maka ponsel kita akan terlindung dari resiko kerusakan layar LCD.

  1. Sentuh perlahan

Tak jarang kita jumpai orang atau bahkan kita sendiri, yang menekan ponsel android dengan kasar. Padahal hal ini sangat berpengaruh pada layar, maka sentuhlah layar ponsel dengan lembut.

  1. Beri silikon atau flip case

Pemberian silikon atau flip case sangat penting sekali, karena kebanyakan ponsel android casingnya licin, maka salah satu cara mengatasinya adalah di beri flip case atau silikon agar ponsel android kita tidak licin dan dapat juga mengurangi resiko terbentur ketika jatuh, serta dapat pula melindungi hp dari debu dan kotoran yang menempel.

  1. Pasang aplikasi pemantau kondisi hp

Untuk mempermudah anda dalam menggoperasikanya, maka selalu pasang dan aktifkan aplikasi yang dapat memantau kondisi ponsel android, agar kita selalu tau apa yang sedang terjadi dengan ponsel kita. Aplikasi pemantau ini sudah banyak sekali tersedia dan dapat kita unduh di Play store atau penyedia layanan lainya.

  1. Jauhkan dari anak-anak

Yang satu ini adalah gagasan yang sangat penting yaitu jauhkan ponsel android dari jangkaun anak-anak karena tau sendirikan, bagaimana jadinya bila ponsel android kita sudah di banting-bating dan hancur gak karuan, Pasti bikin sebel. Maka usahakan sebisa mungkin untuk menghindari hal ini.

     11. Jangan pasang atau mengaktifkan aplikasi terlalu banyak

Dan yang terakhir adalah selalu perhatikan pemasangan aplikasi, terkadang kita tidak memperhatikan bahwa kita sering memasang aplikasi yang tidak perlu, padahal hanya akan menambah lemot kinerja ponsel android kita, karena RAM kita telat penuh dengan aplikasi yang aktif dan tidak di matikan. Maka sangat penting sekali agar tidak memasang atau mengaktifkan aplikasi yang tidak sedang di butuhkan.

 

 

Cukup mudahkan cara merawatnya? dan yang paling penting adalah selalu gunakan ponsel android kita sesuai dengan prosedur yang ada, karena pengunaan yang tepat dan benar adalah cara merawat ponsel android yang paling baik. Semoga tips cara merawat ponsel android ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply