trik bagi freestyle bmx pemula

Trik Bagi Freestyle BMX Pemula

Posted on

 Olahraga BMX

Sejarah BMX

Bicycle Moto Cross atau sering kita sebut dengan BMX sudah mulai ada sejak dulu pada tahun 1970 di California. Asal nama BMX terinspirasi dari olahraga Motocros yang pada saat itu sedang pupuler di Amerika Serikat, banyak anak-anak dan remaja yang senang pada olahraga motocross namun banyak yang tidak mampu, dan akhirnya membuat trek sendiri dan melakukan balapan menggunakan sepeda yang layaknya sperti motocross, karena itu BMX disebut dengan motocross yang bertenaga manusia.

trik bagi freestyle bmx pemula
trik bagi freestyle bmx pemula

Balap BMX sangat populer di California, dibandingkan dengan dikota-kota lain di Amerika Serikat. Kabalap BMX ini menampikan aksi yang sangat seru, biaya yang tidak mahal, dan dapat dimainkan didekat rumah, juga sangat menantang. Untuk jenis sepeda BMX yang dulu sering digunakan dan menjadi pilihan adalah sepada yang didesain oleh Schwin yang disebut Schwin Sting Ray (didesain dan diproduksi pada tahun 1963) menjadi pilihan sepeda yang sesuai, karena mudah untuk digunakan dan sesuai, karena mudah untuk digunakan penampilan serta kemampuan sepeda BMX. Perlomabaan BMX sangat fenomenal pada pertengahan tahun tahun 1970an pada saat itu masih mengadopsi lomba Offroad (lintasan tanah), pada pertengahan dekade, olahraga ini mulai dikenal dan pada akhirnya banyak produsen yang tertarik untuk mulai memproduksinya.

George E. Esser yang menandai National Bicyle League (NBL) sebagai organisasi non-profit sepeda. Sebelum dia mempersiapkan NBL, George dan istrinya Mary mengadakan perlombaan dengan American Motocross Association. Dua putra mereka Greg dan Brain pembalap motor tetapi juga menikmati balapan BMX ikut serta pada perlombaan itu, kedua anak mereka menginspirasinya bahwa pada saat itu belum ada organisasi BMX, yang akhirnya George mendirikan NBL di Florida pada April 1981, Federasi BMX International didirikan dan kejuaran Dunia pertama kali diselanggarakan pada tahun 1982. Sejak Januari 1993 BMX bergabung dengan Union Cycliste Internationale (UCI). Setelah itu hadir ajang BMX freestyle yang dikompetisikan tahunan internasionalnya di Summer X Games Extreme dan Etnies, diselenggarakan secara besar-besaran di dua negara bagian Amerika Serikat. Olahraga BMX kini semakin meningkat karena mudah dalam ketersediaan tempat serta trik dan atraksi dari para BMX freestyle yang sangat menarik dan menegangkan.

Berikut adalah penjelasan dan tips untuk menjadi pemain BMX bagi pemula.

BMX adalah olahraga yang sangat membutuhkan nyali yang tinggi. Dengan tunggangan tulang-tulang besi itu, atlet-atletnya mempertontonkan aksi dan atraksinya yang membuat tegang bagi penontonnya dan atletnya, karena untuk melakukan satu trik BMX saja resikonya bisa sangat fatal. Berikut adalah trik-trik dasar yang harus diketahui bagi pemula.

1.Wheelie

Trik ini merupakan trik BMX yang paling dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari trik-trik yang lain. Tujuan yang paling utama dari trik yang satu ini adalah unutk menyeimbangkan tubuh dengan cara mengankat roda bagian depan sepeda saat melaju. Jadi, sepeda tetap bergerak hanya dengan bertumpu pada roda bagian belakang saja, caranya dengan mengankat stang sepeda sembali pedal terus dikayuh sampai bagian roda depan terangkat bagian yang tersulitnya adalah bagaimana cara kita menyeimbangkan agar sepeda tetap berjalan dengan roda belakang saja.

2. Endo atau Curb Endo

Trik BMX yang selanjutnya juga harus dipelajari oleh pemula adalah curb endo. Trik ini adalah kebalikan dari trik sebelumnya yaitu wheelie yang mengangkat bagian depan dengan berjalan, tetapi trik curb endo adalah mengangkat bagian belakang sepeda dengan keadan berhenti. Caranya dengan melajukan sepeda dengan kecepatan yang lambat menuju bahu jalan/pinggir trotoar, ketika ban sepeda bagian depan sudah menyentuh trotoar tumpukan berat badan dan beban sepeda anda kebagian depan dengan memberikan gaya/tekanan pada stang sepeda. Maka secara otomatis roda belakang akan bergerak naik kearah badan/keatas, lalu tinggal bagaimana cara kita agar sepeda tetap dalam keadan seimbang yang lama. Jika sudah mahir, kita bisa melakukan trik curb endo ini tanpa harus menyentuh roda depan kebahu jalan/pinggir trotoar terlebih dahulu.

3. Manual dan Nose Manual

Trik ini tujuannya sama dengan dua trik sebelumnya yang sudah disebutkan diatas tadi, yaitu menjaga keseimbangan.

Caranya adalah dengan mengangkat sedikit roda sepeda lalu letakan satu kaki di peg/step, sementara satu kaki lagi tetap berada di pedal sepeda. Sepeda tidak dikayuh, tetapi dibiarkan berjalan sendiri dari tekanan yang kita pusatkan pada peg/step. Tetapi ada beberapa pemain freestyle BMX yang melakukan trik manual ini dengan tetap membiarkan kedua kakinya diatas pedal sepeda. Perbedaan Manual dan Nose Manual adalah dari roda yang diangkat. Jika Manual mengankat roda depan lalu memindahkan satu kaki ke peg/step belakang sedangkan Nose Manual adalah kebalikannya yaitu dengan mengangkat roda belakang dengan meletakan salah satu kaki di peg depan.

4. 180 Barspin atau Stangspin

Trik yang selanjutnya adalah 180 Barspin. Teknik ini cukup sulit untuk diplajari, disarankan ketika latihan untuk menguasainya supaya menggunakan pelindung untuk mencegah terjadinya luka apabila terjatuh.

Caranya dengan mengayuh sepeda sampai sepeda melaju pelan, tapi jangan sampai terlalu pelan. Lalu angkat roda depan sepeda jangan sampai terlalu tinggi kira-kira 15 cm atau satu jengkal dari jalan. Selanjutnya adalah memutar bars/stang sepeda BMX yang sudah terpasang rotor dengan kemampuan putar sampai 360 derajat tampa melibatkan kabel rem. Biasanya yang sudah mahir trik ini dilakukan dengan cara memusatkan kekuatan di tangan dan kaki lalu mengankat sepeda- meloncat sampai kedua roda tidak lagi menyentuh tanah/jalan. Lalu memutarkan bars/stang saat masih di udara.

5. Bunny Hop

Sesuai dengan kata yang dipakai unutk menamai trik ini, yang artinya Lompatan Kelinci, trik ini bertujuan untuk membuat sepeda kita meloncat setinggi-tingginya, trik ini membutuhkan kekuatan tangan dan kaki yang tekordinasi agar menhasilkan tolakan yang optimal.

Caranya, pusatkan kekuatan kita pada kedua tangan dan kaki setelah melakukan kuda-kuda setengah berdiri, lalu lepaskan kekuatan itu secara bersama-sama unutk meloncat agar sepeda kit ikut terbawa.

trik bagi freestyle bmx pemula
trik bagi freestyle bmx pemula

Itu merupakan sedikit dari trik-trik dasar yng harus dilakukan bagi para pemain freestyle BMX pemula. Masih banyak lagi trik-trik apabila sudah mahir dengan trik- trik dasar ini semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply