semangka-segar
Kesegaran Buah Semangka

Mengupas Lebih Dalam Tentang Buah Semangka

Posted on

Siapa  yang belum mengenal buah yang satu ini? Buah yang satu ini sudah familiar dan sudah tidajk asing di lingkungan masyarakat. Buah yang memiliki bentuk bulat besar dan memiliki daging buah yang segar berwarna merah menggoda, membuat buah ini banyak di senangi oleh masyarakat. karena banyaknya kandungan air dalam buah yang satu ini. Semangka sangatlah segar dinikmati saat panas terik matahari karena kesegaran yang ditawarkan buah ini.

Semangka adalah buah yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika. Semangka merupakan termasuk dalam  kategori bangsa ketimun-ketimunan dan masih memiliki kerabat dengan labu-labuan.

Banyak masyarakat yang membudidayakan buah semangka, khususnya para penduduk desa yang memiliki lahan atau sawah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya. Buah semangka sangatlah banyak berkembang di indonesia apalagi di daerah jember yang merupakan daerah penghasil semangka terbesar di pulau jawa. Kecamatan Puger dan kecamatan Gumukmas merupakan daerah pembudidayaan semangka terbesar dikabupaten jember.Buah semangka dari daerah Jember memiliki rasa buah yang manis. Semangka kabupaten Jember memang sangat  terkenal karena memiliki buah yang berukuran besar, tahan dalam penyimpanan,membuat buah ini banyak di minati.

buah-semangka
Semangka

Sementara itu masyarakat di daerah perkotaan lebih memilih membeli buah ini untuk dijadikan buah pencuci mulut sehabis makan atau pun membasahi lidah dan bibir yang kering (kekurangan cairan/dehidrasi)guna membuat lebih segar. Ada juga yang menyajikannya dalam bentuk jus ataupun dicampur dalam sup buah.Dan ada juga yang mengkreasikannya menjadi pudding ataupun ice cream semangka.

Buah semangka banyak di sukai karena memiliki rasa buah yang segar,karena banyak mengandung air.Dengan kandungan air yang banyak buah semangka dapat membuat kita merasa kenyang .Semangka tidak hanya memiliki warna merah,tapi ada juga yang memiliki warna kuning. Dan bentuk semangka ternyata tidak hanya berbentuk bulat tapi ada juga yang berbentuk lonjong.

 

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini.Buah semangka juga bisa di gunakan untuk menyehatkan jantung dan pembuluh darah karena dalam buah semangka terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat anti radang.Semangka juga mengandung vitamin c yang baik membuat kulit bebas kerut.Selain itu semangka juga mengandung vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata,dan fungsi kekebalan tubuh.

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply