makanan yang berbahaya bagi tubuh

Hati – Hati, Inilah Bahayanya pengawet makanan bagi tubuh

Posted on

Makan mungkin suda menjadi rutinitas bagi kita, karna tubuh kita sangat memerlukan energi, maka makanan pun menjadi salah satu pembangun energi tubuh. Bayangkan saja apabila ada seseorang yang tidak makan dalam sehari saja, pasti tubuhnya akan terasa lemas dan perutnya akan terasa perih. Namun masih kebanyakan dari orang yang belum memperhatikan masalah makanan yang dia makan, dia hanya mencari rasa kenyang dan rasa nikmatnya makanan itu tampa mempertimbangkan kandungan zat yang terkandung dalam makanan yang dia makan.

Hidup di zaman modern memang melihat banyak kemudahan, semua banyak yang instan, dan enak-enak atau lezat – lezat , walau tentu kita harus tetap hati-hati karena tak semua yang enak itu sehat, melihat banyak orang yang mudah sakit sekarang bisa saja akibat makanan kurang sehat yang ada di sekitar kita. Maka dari itu diperlukanya bagi kita untuk berhati – hati dalam memilih makanan karna sekarang banyak di jumpai makanan – makanan yang terlihat mengoda, lezat, dan  warnaya menawan namun ternyata makanan itu tidak baik bagi kesehatan. Karna di zaman sekarang ini banyak dijumpai makanan – makanan yang mengandune bahan pengawet, penyedap rasa, pewarna makanan, yang pada ahirnya akan merusak tubuh kita.

Seperti Mie Instan, memang enak rasanya, murah, mudah membuatnya, tapi taukah anda mie instant ini tidak bisa kita makan dalam setiap harinya tiap hari, maksimal 1 mie instant bisa hilang akibatnya dalam 5 hari, karena dia mengandung zat lilin dalam mie dan juga mengandung MSG dalam jumlah yang tinggi, maka dari itu batasi dan jangan terlalu seringmengkonsumsi mie instan, memang kelihatanya sangat menggoda, tapi kita juga harus sayang badan kita sendiri , karena kalau kita sering makan mie instan bisa mudah terjangkit penyakit pencernaan dan MSG yang berlebihan bisa menjadi karsinogen dan mengakibatkan penyakit2 lain dalam tubuh.

makanan makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh

Makanan berpengawet lainya, chicken nugget, bakso , sosis , ikan berformalin dan lain – lain tahan berbulan-bulan dalam freezer, tapi tahukah kamu , itu kurang sehat, dari bahan, sampai pengawetnya itu, bisa berbahaya bagi tubuh kita, bisa menghambat pertumbuhan dan mengakibatkan penyakit, kalau bisa kita bikin saja sendiri makanan seperti itu, home made lebih aman walau lebih ribet tapi kita tahu apa saja yang terdapat dalam makanan itu, coba pelajari resep-resep dan cari bahan-bahan fresh tentu jauh lebih sehat , dan tentu anak-anak kita bangga karena ibunya bisa masak makanan  yang bebas pengawet, siapa tau bisa dijual juga, buat para pencinta makanan yang sehat.

Buah-buahan yang kena insektisida, dan pengawet  walau buah-buahan sehat mengandung banyak vitamin dan mineral dan lain-lain , tapi kalau tercemar, tentu tidak sehat , malah mengakibatkan banyak penyakit, coba lebih ke buah lokal , tentunya lebih aman, insya allah, buah-buahan luar mengalami perjalanan jauh berbulan-bulan lewat kapal, jadi sampai ke kita kurang fresh, [hati-hatilah dengan buah-buahan yang awet walau sudah lama, pasti ada sesuatu yang salah, coba pikirkan lagi, mana yang baik untuk kita.

bahaya pengawet makanan bagi tubuh manusia

Minuman dan kue – kue murah, bahan kue yang sewajarnya jaman sekarang mahal, maka curiga dan waspadalah kalau ada yang menjual kue dengan harga murah, dibawah harga normal  atau standar  mungkin gulanya mengunakan pemanis buatan atau pake pengawet, terigunya jelek, telurnya palsu atau telur busuk  dll, waspadai dari rasa, karena itu akan langsung berakibat jelek untuk kesehatan kita , ada yang bisa dalam waktu dekat atau ada yang bisa dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu belilah kue-kue dan minuman dari tempat yang bisa dipercaya daripada kesehatan kita jadi taruhannya, atau buat saja sendiri , dari bahan-bahan yang kita percaya bagus.

Apabila bahan – bahan berbahaya itu menumpuk di dalam tubuh kita maka akan menyebabkan tubuh kita menjadi tidak sehat atau sakit bahkan dapat berujung pada kematian. Inilah beberapa dampak atau efek pengawet makanan hingga berhujung pada kematian.

Ganguan Kesehatan Jangka Pendek

  1. Mual Dan Muntah

Ketika seseorang mengalami mual dan muntah setelah mengkonsumsi suatu makanan bisa jadi merupakan suatu gejala atau tanda seseorang mengalami keracunan makanan. Keracunan makanan ini juga dapat diakibatkan karna bahaya pengawet seperti yang terdapat pada boraks atau formalin yang terkandung dalam suatu makanan.

  1. Diare

Kandungan bahan pengawet lainya pada makanan misalnya nitrite atau nitrate juga dapat menimbulkan ganguan kesehatan jangka pendek yang juga tidak kalah merugikan bagi diri seseorang. Efek atau dampak dari kedua jenis makanan ini dapat membuat seseorang mengalami diare setelah dia mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan makanan tersebut.

  1. Sakit Kepala Atau Pusing

Sakit kepala aetelah memakan suatu makanan juga dapat diakibatkan karna kandungan bahan pengawet berbahaya pada makanan tersebut. Contohnya pada bahaya formalin misalnya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan masuk kedalam tubuh, efeknya bisa langsung membuatnya merasa pusing atau sakit kepala.

  1. Kekurangan Vitamin B1

Makanan ringan seperti keripik kentang, buah – buah kaleng, atau olahan dari udang biasanya menggunakan sulfit sebagai bahan untuk membuat makanan tersebut tidak cepat berubah warnanya. Sehingga makanan itu tetap mempunyai warna yang mengoda dan menarik. Bahan pengawet makanan jenis sulfit ini sifatnya adalah merusak kandungan vitamin B1 yang ada pada makanan. Sedangkan tubuh kita sendiri juga memerlukan vitamin B1.

  1. Kesulitan Bernafas

Bahaya dari pengawet makanan lainya adalah dapat membuat seseorang kesulitan dalam bernafas. Menurut mayoclinic.com, mengurangi mengkonsumsi makanan berbahan pengawet bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan resiko terhadap penyebab asma.

  1. Rasa Terbakar Di Tengorokan

Jika kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan formalin atau boraks yang tinggi maka efeknya atau dampaknya  dapat secara langsung menyebabkan tenggorokan terasa terbakar dan panas.

  1. Infeksi Sistem Pernafasan

Bahan pengawet juga sering kita jumpai pada komposisi bahan makanan, yang digemari oleh anak-anak. Bahan pengawet seperti nitrate dan nitrite ditemukan pada produk olahan daging seperti sosis, daging pada hamburger, hot dog, dan juga kornet daging sapi. Bahaya makanan cepat saji melalui bahan pengawetnya ini, biasanya banyak dikonsumsi oleh anak-anak. Jika bahan pengawet sudah menumpuk di dalam tubuh anak dan menyebar, bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada sistem pernafasan.

Ganguan Jangka Pendek

  1. Kerusakan Ginjal

Bahan pengawet seperti sodium benzoate memang di izinkan pengunaanya oleh pemerintah. Sodium benzoate pada dasarnya di gunakan untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada makanan sehingga makanan dapat tahan lama. Aaakan tetapi mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan ini dapat menyebabkan ganguan kerusakan ginjal.

  1. Kerusakan Jantung

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pengawet makanan yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan jaringan – jaringan pada jantung melemah fungsinya.

  1. Penyakit Lukemia

Salah satu efek fatal mengkonsumsi bahan pengawet yaitu terkenanya penyakit leukemia atau kangker darah. Kandungan bahan pengawet seperti nitrate yang ada pada panganan olahan, dapat meningkatkan resiko kesehatan terhadap terbentuknya kangker darah ini

  1. Kangker Otak

Nitrate nitrite adalah dua dari sekian bahan pengawet yang banyak digunakan oleh produsen makanan olahan. Bahan makanan yang satu ini, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit kangker otak. Bahaya dari kangker otak sendiri adalah kematian.

  1. Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes memang bisa disebut tidak terlepas dari riwayat keluarga yang menjadi salah satu faktor penyebab diabetes terbanyak. Namun, penyebab lain juga dapat menyebabkan diabetes jika sangat sering mengkonsumsiproduk makanan olahan yang mengandung banyak bahan pengawet.

Leave a Reply