Gunung Ijen
Gunung Ijen

Blue Fire Kawah Ijen

Posted on

Selamat sore para teman-teman semua. Gimana kabar kalian pada sore hari ini? masih sehat-sehat aja kan? Langsung saja ke pembahasan yaa, dalam arikel kali ini saya akan membahas tentang Keindahan Kawah ijen.

Kawah ijen ini merupakan tempat wisata yang sudah dikenal luas oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan kawah nya. Dan setiap harinya kawah ijen ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Dari hari-hari biasa sampai hari libur nasional.Pada hari biasa wisata Kawah Ijen ini dalam per hari nya bisa mencapai ratusan orang yang datang ke Kawah ini, bahkan pada hari libur atau pun hari libur nasional kawah ini lebih banyak lagi pengunjung nya bahkan sampai meningkat hingga mencapai angka 2 ribu orang. Setiap hari kawah ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang datang baik pengunjung local maupun mancanegara. Dan pada momen-momen tertentu seperti malam pergantihan tahun pengunjung yang datang bisa mencapai 4 ribu orang lebih. Dan di setiap tahunnya tempat wisata ini selalu meningkat .

Pada tahun 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kawah Ijen ini baru mencapai angka 16 ribu orang, sedangkan pada tahun 2015 tempat wisata ini meningkat hapir 10 kali lipat pada tahun-tahun sebelumnya, pengunjung yang datang mencapai 150 ribu orang, dan bisa jadi fakta lagi dengan ditetapkannya Gunung Ijen sebagai cagar biosfir oleh Unesco pada bulan maret 2016 lalu.

wisata-kawah-ijen
wisata-kawah-ijen

Dan sudah dipastikan bahwa Kawah Ijen ini akan mendunia dan akan mendatangkan lebih banyak wisatawan local atau pun mancanegara. Terlebih sekarang pihak Pemkab Banyuwangi sedang gencar-gencar nya mempromosikan tempat wisata Kawah Ijen ini sebagai wisata andalan di Kabupaten Banyuwangi.

Kawasan Kawah Ijen ini sudah termasuk dalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang luasnya mencapai 2.560 hektare. Dan kawasan ini sudah termasuk dalam wilayah yang luasnya mencapai 92 hektare. Kawah Ijen ini terletak pada puncak Gunung Ijen yang berada di wilayah Kec Licin, Kab Banyuwangi dan berada di Kec Klobang, Kab bondowoso. Gunung Ijen ini merupakan gunung yang masih aktif dan memiliki ketinggian 2.443 mdpl yang terletak berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi.

Kawah Ijen ini merupakan sebuah danau yang berada diatas gunung dan danau ini terbentuk karena letusan Gunung Ijen, dan membuat kawah yang dipenuhi oleh air sehingga membentuk sebuah danau kawah yang sangat menakjubkan. Dan yang sangat menarik adalah kawah ini berada di tengah-tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran diameter 6  km. sedangkan ukuran Kawah Ijen sendiri ini adalah 960 meter kali 600 meter dengan kedalaman lebih dari 300 meter dibawah nya dinding kaldera cukup besar juga yaa.

Kawah Ijen ini merupakan kawah terasam dan yang paling besar di dunia. Yang memiliki tingkat ke asaman mendekati nol, dan air yang terdapat dalam kawah ini bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat.

Pesona Keindahan Kawah Ijen

Kalau soal tentang keindahan jangan diragu kan lagi deh tempat wisata yang satu ini. Kawah Ijen ini bila dilahat dari atas Gunung Ijen sungguh indah sekali. Kawah ini merupakan danau yang berwarna hijau kebiruan dengan asap dan kabut belerang yang sangat mempesona. Tingakat udara di Kawah Ijen ini mencapai suhu 10 derajat celcius, dan bisa berubah hingga mencapai suhu 2 derajat celcius, yang akan menambah sensasi tersendiri dengan berbagai tanaman yang bisa anda jumpai di sana nanti seperti Cemara Gunung dan Bunga Edelwis atau sering disebut dengan sebutan Bunga Abadi.

Blue Fire

Kawah Ijen ini juga memiliki fenomena alam tersendiri yaitu Blue Fire yang hanya ada 2 di dunia dan salah satu nya terletak di Kawah Ijen dan yang satu lagi berada di Islandia. Dari pada anda jauh-jauh ke luar negeri lebih baik anda datang saja ke Kawah Ijen ini. Kalau anda sedang berkunjung ke Kawah Ijen jangan lupa deh mampir ke Blue Fire nya atau api biru, dan Blue Fire ini tidak muncul setiap saat, munculnya Blue fire ini adalah pada saat dini hari hingga menjelang pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

blue-fire-kawah-ijen-
blue-fire-kawah-ijen-

Fenomena Blue Fire ini hanya dapat anda temukan di Banyuwangi dan di Islindia. Maka tak heran jika Blue Fire ini sering diburu oleh wisatawan, dan khusunya wisatawan asing. Selain itu disana juga ada oleh-oleh khas dari belerang yang sudah di bentuk dengan berbagai macam seperti kepiting, kura-kura, boneka hello kitty dan masih banyak lagi yang lainnya

Paltuding

Paltuding ini adalah sebuah pintu masuk menuju Kawah Ijen. Dan memulai perjalanan menuju Kawah Ijen ini dimulai dari Paltuding, merupakan pos PHPA (Perlindungan Hutan Ijen dan Pelestarian Alam). Dan sebelum anda memulai pendakian anda wajib melaporkan diri anda sekaligus membayar tiket masuknya. Normal pendakian Kawah Ijen ini diberlakukan mulai pukul 01.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Namun seaktu-waktu bisa saja ditutup jiaka akan terjadi kondisi yang dianggap terlalu membahyakan bagi para pengunjung. Seperti terjadi longsor, kebakaran hutan, dan hujan lebat ataupun asap belerang yang mengarah ke jalur pendakian akibat perbuahan angin.

Dan soal harga tiket masuknya ini terbilang sangat murah sekali hanya Rp 3000,- saja per orang dan untuk tiket pendakian di paltuding untuk wisatawan local Rp 5.000,- per orangnya pada hari kerja Rp 7.500 per orang nya pada hari libur. Dan untuk wisatawan asing Rp 100.000,- per orang nya pada hari biasa dan  Rp 150.000 per orangnya pada hari libur.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini dari saya tentang keindahan Kawah Ijen yang berada di banyuwangi dan jangan lupa baca artikel-artikel saya yang lainnya yaa, jangan lupa di like dan share yaa.

Leave a Reply