Pacitan Kota 1001 Goa
Pacitan Kota 1001 Goa

Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Pacitan merupakan Kabupaten yang berada di ujung barat daya dari Provinsi Jawa Timur. Wilayah dari Kabupaten Pacitan ini berbatasan dengan Kab. Wonogiri di sebelah barat, Kab. Trenggalek di sebelah timur, Kab. Ponorogo disebelah utara, Samudra Hindia di sebelah selatan. Wilayah dari Kab. Pacitan ini sebagian besar yaitu berupa pegunungan kapur yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul. Maka dari itu, tanah yang ada kurang cocok untuk pertanian.

Kab. Pacitan dikenal sebagai Kota Seribu Goa, karena banyak sekali Goayang ada di wilayah Pacitan ini. Yaitu diantaranya Goa Gong (goa terindah se Asia Tenggara), Goa Tabuhan (batu yang dipukul bisa mengeluarkan bunyi seperti gamelan), Luweng Jaran (kompleks goa terluas di Asia Tenggara), Goa Kalak (sebagai goa pertapaan.

Selain dikenal sebagai Kota Seribu Goa, Pacitan juga memiliki wisata pantai yang sangat luas. Banyak sekali pantai yang ada di Kab. Pacitan ini, sehingga jika kalian ingin kesana harus menentukan kemana tempat pertama yang akan kalian tuju. Jika kalian ingin menikmati pantai dengan pemandangan batu karangnya dan juga pasir putih, kalian bisa mengunjungi Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, dan Pantai Krau.

Memang Kab. Pacitan sangatlah mempunyai banyak wisata untuk dikunjungi. Namun ketika kalian berkunjung ke Kab. Pacitan, kalian jangan sampai melewatkan beberapa wisata yang ada disana. Wisata yang ada di Kab. Pacitan yang wajib kalian kunjungi yaitu antara lain :

  1. Pantai Klayar

    pantai klayar
    Pantai Klayar

Setiap kali orang yang datang ke Pantai Klayar ini, pasti akan selalu meniggalkan sebuah kesan tersendiri. Dengan pantai yang mempunyai pasir putih berwarna agak kecoklatan ditambah dengan damainya pantai dan juga indahnya karang-karang yang menjorok kelautan. Pantai Klayar mempunyai beberapa keunikan yaitu semburan air laut dari sela-sela karan yang tinggi semburan itu kira-kira 8-10 meter. Semburan itu berasal dari air laut yang tertekan dari bawahnya tebing, hal ini dikarenakan arus air laut yang ada di bawah itu lebih tinggi. Maka dari itu, air tersebut menjadi semburan yang terjadi melalui sela-sela karang.

Pantai Klayar ini terletak di Kab. Pacitan, Kec. Donorejo, Desa Kalak. Fasilitas yang disediakan di Pantai Klayar ini pun juga sudah cukup memadai. Untuk kalian yang beragama islam disana juga sudah disediakan mushola. Juga telah banyak orang yang berjualan ataupun warung-warung untuk kalian yang mau mampir makan ataupun minum. Namun sayangnya, di Pantai Klayar masih belum tersedia villa ataupun hotel. Akan tetapi, kalian boleh untuk mendirikan tenda atau camping di pantai. Dengan syarat kalian harus melapor terlebih dahulu kepada pengelola pantai.

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Klayar ini yaitu bisa kita melihat ke wilayah barat dari pantai. Disana ada tebing yang tinggi kurang lebih yaitu 50 meter. Disana kalian bisa melihat pemandangan nan indah dari Pantai Klayar. Tebing tersebut juga merupakan ciri khas dari Pantai Klayar. Selain itu juga, keindahan dari Pantai Klayar yang lain yaitu fenomena sunsetnya yang sangat indah sekaligus memanjakan mata yang melihat. Di sepanjang pantai para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang masih bersih sekaligus juga masih alami.

  1. Pantai Teleng Ria

pantai teleng ria
Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang populer di Kab. Pacitan atau Kota Seribu Satu Goa. Jika kalian sedang berada di Kab. Pacitan jangan kalian lewatkan tempat wisata yang satu ini. Di Pantai Teleng Ria ini menjadi tempat yang cocok untuk kalian yang masih pemula dan ingin belajar berselancar, dan juga pemandangan dari pantai ini sangat indah nan menarik untuk dilihat.

Pantai Teleng Ria ini terletak di Desa Teleng, Sidoharjo, Pacitan. Pantai ini termasuk pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia. Di sekitar pantai ada pegunungan yang mengeliling pantai hingga seperti membentuk huruf “U”. Sehingga wajar apabila ombak yang ada di pantai itu tidaklah terlalu besar. Karena biasanya pantai selatan itu terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Banyak hal yang menarik yang bisa kalian di pantai ini, yaitu antara lain berjemur, jalan menyusuri pantai, berenang, bahkan hanya menikmati indahnya panorama pantai. Tak jarang dari sebagian pengunjung ada yang melakukan kegiatan olahraga di pantai ini, ada yang bermain bola, voli pantai, jogging hingga hanya bersepeda.

Bahkan jika kalian mempunyai hobi untuk memancing, saat berada di pantai ini kalian pun juga bisa untuk memancing. Di pantai ini juga telah tersedia fasilitas perkemahan apabila kalian ingin berkemah bersama keluarga, organisasi ataupun sekolah-sekolah kalian. Pantai Teleng Ria ini biasanya ramai pengiunjung pada saat liburan atau pada saat libur akhir pekan. Pasir yang dimiliki oleh pantai ini berwarna putih kecoklatan juga cahaya matahari di pantai tidak terlalu menyengat bagi kulit kalian.

  1. Goa Gong

goa gong
Goa Gong

Goa terbesar dan terindah se-Asia Tenggara ini adalah tempat yang sangat populer di Kab. Pacitan. Goa ini memiliki keindahan yaitu dari panorama indahnya stalagmit dan stalaktit yang dapat kalian temui ketika klian sedang menyusuri goa tersebut.

Goa Gong terletak di Kec. Punung, Desa Bomo, Pule, Kabupaten Pacitan. Goa Gong dikelilingi oleh Gunung Manyar di sebelah utara, Gunung Gede di sebelah timur, Gunung Karang Pulut di sebelah selatan, dan Gunung Grugah di sebelah barat. Keempat dari gunung tersebut sudahlah tidak aktif.

Kedalaman dari Goa Gong sendiri yaitu 256 meter dan juga didalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang sudah berumur ratusan tahun. Goa ini terbentuk akibat gerakan termik dan juga aktivitas vulkanik yang berlangsung kira-kira ratusan tahun yang lalu. Goa ini dinamai seperti ini karena masyarakat sekitar sering mendengar suara tabuhan gong dari dalam goa.

Untuk bisa masuk kedalam goa ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja. Disaat sedang menuruni banyak tangga didalam goa terdapat pemandangan stalaktit yang sedang meneteskan air, tetesan air yang berada di ujung goa yang kemudian membentuk sebuahdanau kecil, pemandangan gong cave, rekahan endapan kalisum, dan masih banyak lagi.

 

Jangan lupa jika kalian pergi ke Pacitan, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di sana.

Incoming search terms:

  • pantai yang dekat dari pantai teleng pacitan

Leave a Reply