soda
soda

Mengungkap Bahaya Dibalik Minuman Bersoda

Posted on

Di zaman sekarang ini memang sudah banyak bermunculan minuman-minuman bersoda di pasaran dengan varian rasa dan warna yang membuat kita tergiur untuk meminumnya, apalagi jika minuman ini diminum saat waktu panas terik matahari di siang bolong. Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman ini juga bisa memberi kesan yang berbeda dibandingkan minum minuman yang lain, padahal bahaya minuman bersoda lebih besar dari manfaatnya.

soda 1
soda

Banyak orang di dunia ini yang selalu membeli dan menyimpan minuman bersoda ini di lemari pendingin untuk stok minuman sehari-hari, sebenarnya tidak apa-apa untuk minum minuman bersoda, tapi anda jangan salah sob, minuman-minuman bersoda memiliki dampak buruk bgi kesehatan kita jika kita meminumnya setiap hari.

Bahaya minuman-minuman itu tidak boleh dianggap sepele, karena beberapa riset mengemukakan bahwa minuman bersoda memiliki dampak negatif yang tentu akan merusak kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus menghindari minum minuman bersoda secara rutin :

  • Dapat Menyebabkan Obesitas (Perut Buncit)

Jika anda tau bahwa kandungan gula dalam satu porsi dari semua minuman bersoda mengandung empat kali lipat gula dari minuman yang manis lainnya. Tentu saja hal ini dapat memberi kalori yang berlebih bagi tubuh dan bisa membuat tubuh menjadi obesitas, ini berlaku untuk semua orang bukan hanya untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga dapat membuat perut seseorang menjadi buncit, tentu saja bagi anda yang mencintai perut anda, maka anda harus mengurangi untuk meminum minuman yang bersoda.

  • Dapat Merusak Ginjal

ginjal
ginjal

Salah satu kelebihan dari minuman bersoda adalah memiliki warna yang menarik, lebih-lebih jika minuman soda tsb ditambah es batu, nikmat bukan !!. Tapi anda jangan salah bahwa salah satu penyebab rusaknya ginjal adalah meminum pewarna yang terdapat pada minuman bersoda tersebut secara rutin.

  • Dapat Memuat Gigi Menjadi Busuk

Ini adalah salah satu hal yang wajib anda semua ketahui bahwa kandungan karbonisasi yang terdapat pada minuman bersoda dapat menyebabkan gigi membusuk, dan memang sudah banyak saran bahwa meminum minuman bersoda dengan menggunakan sedotan, tapi nyatanya sebelum minuman masuk ke tenggorokan, minuman tsb menyentuh gigi kita. Maka dari itu, lebih baik kita menghindari minuman bersoda tsb.

  • Tidak Ada Kandungan Vitamin Dalam Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah minuman yang tidak mengandung vitamin, minuman bersoda ini hanya mengandung pemanis, kafein, dan perasa buah saja, maka dari itu minuman bersoda tidak memberi dampak-dampak yang positif bagi tubuh kita. Untuk lebih baiknya, anda bisa menggantinya dengan minuman yang mengandung kandungan gizi saja.

  • Dapat Menurunkan Kualitas Sperma Bagi Pria

Pria yang rutin mengonsumsi minuman bersoda ini secara rutin bisa dipastikan memiliki kualitas sperma yang rendah, sebagai contoh spermanya menjadi lebih encer dan tidak subur. Hal ini bisa menyebabkan kemandulan bagi pria tsb, rugi bukan !!!, jika kita megkonsumsi minuman bersoda ini.

  • Tulang Menjadi Mudah Rapuh

Mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin juga dapat membuat tulang anda menjadi rapuh, karena didalam minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat merapuhkan tulang anda dan osteoporosis akan lebih cepat mendatangi kita, tentu ini akan sangat mengganggu aktifitas kita sehar-harinya.

  • Membuat Tubuh Mudah Sakit

Kandungan-kandungan berbahaya yang terdapat pada minuman bersoda dapat membuat bakteri maupun virus dapat berkembang secara cepat dan baik, maka dari itu jika anda rutin mengkonsumsi minuman bersoda tentu akan membuat daya tahan tubuh anda berkurang dan akan membuat anda mudah sakit.

  • Dapat Menyebabkan Kecanduan

Jika anda meminum minuman bersoda pasti anda menginginkan untuk meminumnya lagi dan lagi karena minuman ini memberi kesegaran yang berbeda dari yang lain, dan dandungan kafein juga dapat menghilangkan rasa kantuk, inilah yang membuat anda kecanduan untuk meminumnya setiap saat.

  • Dapat Meningkatkan Produksi Urin

Selain dampak diatas, minuman bersoda akan meningkatkan produski urin kita, yang mana seharusnya air itu diserap oleh tubuh, tapi malah harus dikeluarkan dari tubuh, oleh karena itu jika anda merasa haus, janganlah minum minuman bersoda, justru itu akan memicu haus yang berlebih dari haus itu sendiri.

  • Gangguan Pada Jantung

Minuman bersoda juga memiliki efek yang tidak baik bagi jantung anda, Didalam minuman ini mengandung natrium yang dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung.

  • Dapat Memicu Datangnya Penyakit Asam Urat

Didalam minuman bersoda ini mengandung kandungan fruktosa yang dapat memicu datangnya asam urat, memiliki penyakit asam urat memang tidaklah enak karena rasa nyeri akan timbul di badan dan ini tentu sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, jadi jangan remehkan minuman bersoda ini dengan sepele hanya tergiur dengan rasanya yang menyegarkan.

Minuman bersoda ternyata juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit karena didalam minuman bersoda terdapat kandungan asam yang dapat menyebabkan penuaan dini, oleh karena itu jauhilah minum minuman yang mengandung soda dalam rasa dan bentuk apapun, karena riset telah mengemukakan bahwa minum air putih lebih menyehatkan walaupun air putih tidak memiliki rasa yang enak.

Dan minuman bersoda juga memberi banyak dampak negatif bagi ibu hamil.

Bagaimana sobat, setelah membaca artikel ini, apaka anda,masih tertarik untuk meminum minuman bersoda secara rutin, memang diperbolehkan untuk meminum minuman bersoda tapi tidak boleh secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply