Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

10 Gunung Yang WAJIB!!! Di Daki Beserta Manfaat Dan Jenis-jenisnya

Posted on

Halo kawan-kawan kali ini saya akan berbagi ilmu dan pengetahuan bagi para pendaki nih, yaitu 10 Tempat Mendaki Terbaik Dan Terindah Di Indonesia. Gunung hmm jangan mikirin yang aneh-aneh ya kawan. Penjelasan dari gunung ada beberapa yaitu :

  • Gunung adalah sebuah tanah yang menjulang lebih tinggi dari pada tanah yang ada di sekitarnya guys.
  • Gunung adalah berupa tanah yang menonjol diatas permukaan tanah.
  • Gunung adalah yang ketinggiannya dari 2000 kaki (610m) itulah yang disebut gunung. Tapi kalau yang berada dibawah 2000 kaki itu namanya bukit kawan.

Manfaat Gunung :

  1. Menyuburkan Tanah
  2. Material Yang Bermanfaat
  3. Sebagai Tempat Penyimpan air
  4. Sebagai Objek Wisata
  5. Pendakian
  6. Pasirnya Dapat Untuk Material Rumah
  7. Gunung sebagai Pengatur Iklim
  8. Suatu Aset Bangsa
  9. Penghasil Angin Gunung Dan Angin Lembah
  10. Bisa Sebagai Hutan Untuk Perlindungan Hewan

Jenis-Jenis Gunung :

  • Stratovolcano

Stratovolcano

  • Shield Volcano

  • Cinder cone Volcano

  • Kaldera Volcano

Tempat Mendakinya :

Pasti kalian dari tadi sudah menunggu lama-lama kan. Yaudah dari pada banyak cing cong mendingan langsung aja yuk.

  1. Gunung Rinjani, Lombok (3.727 mdpl)

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung ini adalah gunung berapi yang paling indah di Indonesia, karna semuanya itu terlihat dari danau kawahnya yang indah. Bagi anda yang ingin mendaki kesini ada 2 rute yang harus kalian pilih yaitu, sembalun dan senaru. Kalian bias pilih salah 1 kok. Karna dua-duanya sama-sama menyenangkannya kok kawan.

Kalau anda melewati rute sembalun maka anda akan menjalani perjalanan yang panjang dan akan tertekan pada diri sendiri. Tetapi kalau anda sudah sampai diatas sana maka semua rasa yang tertekan pada anda akan terbayarkan.

Dan satu lagi kenapa saya menaruh rijani paling atas karna rumah saya di Lombok.

  1. Gunung Kerinci, Jambi (3.805 mdpl)

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Sebagai gunung berapi yang aktif ini, gunung ini menjadi gunung tertinggi di asia tenggara. Kalau anda berkunjung dan mendaki ke gunung kerinci ini maka anda akan dimanjakan oleh pemandangan indah yang sangat mengesankan.

Gunung kerinci ini adalah tempat bagi hewan yang sudah punah guys, yaitu berupa harimau sumatera dan badak sumatera loh. Di sekitar gunung kerinci ini dikelilingi oleh teh yang segar.

  1. Gunung Semeru, Jatim (3.677 mdpl)

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Sebagai gunung tertinggi dijawa timur, dan tertinggi nomor 3 di Indonesia. Gunung semeru ini telah dinobatkan sebagai gunung terberat untuk didaki.

Ketika kalian telah mencapai dari titik terakhir yaitu 500 meter dari puncak. Akan ada hal pendakian yang berbatu, pasir, dan jurang juga. Memang semua itu terasa melelahkan, tapi semua itu akan terbayarkan setelah kalian sudah berada di puncaknya.

  1. Gunung Merbabu, Jateng (3,145 mdpl)

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Gunung ini sering disebut sebagai gunung kembaran Yogyakarta, kalian bias mendaki gunung yaitu ada 2 secara berturut-turut, jika kalian mempunyai stamina yang cukup kuat. Jika kalian hoki maka kalian akan melihat matahari terbenam dengan adanya awan cumulus. Gunung ini punya 2 puncak yaitu, puncak syarief dan puncak kenteng songo.

  1. Gunung Bromo, Jatim (2,845 mpdl)

Gunung Bromo
Gunung Bromo

Gunung bromo ini sih bias dibilang sebagai permatanya jawa timur dan juga permatanya Indonesia loh kawan.  Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan melihat-lihat pemandangan gunung, Yaitu berupa gunung bromo, gunung batok, dan juga gunung tertinggi yaitu gunung semeru.

Bagi orang-orang yang berkunjung kesini maka akan membawa kesan yaitu berupa ukiran gunung yang terbuat oleh alamnya sendiri.

  1. Gunung Papandayan, Jabar (2,665 mpdl)

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Bagi para pendaki pemula. Gunung ini sangat cocok nih untuk kalian nih guys. Salah satu keunikan gunung papandayan yaitu kawahnya guys, Yang mana setelah sampai dipuncak maka kawahnya akan terlihat dengan jelas.

Gunung  yang keluar banyak  kawahnya ini akan sangat terlihat amat menajubkan guys. Yang menarik lainnya yaitu hutan mati dan taman edelweiss nya guys yang dinamakan tempatnya yaitu tegal alun.

  1. Gunung Prau, Jateng (2,565 mpdl)

Gunung Prau
Gunung Prau

Gunung paru ini sebenarnya bukanlah gunung berapi yang aktif kawan. Tapi disekitar gunung ini masih ada kegiatan panas disekitar gunung ini guys. Dan di dataran tinggi gunung prau ini ada danau asamnya loh.

Gunung prau atau prahu yak itu sebutan lainya dari gunung prau ini. Kalau anda ingin mendaki ketempat ini maka anda tidak perlu mendaki lama-lama kok, hanya perlu waktu yang singkat saja. Dan gunung ini sangat popular untuk dijadikan sebagai tempat camping guys. Apabila sudah berada dipuncak gunung prau ini maka mata anda akan dimanjakan oleh keindahan dari atas gunung prau ini sob.

  1. Gunung Sibayak , Sumatera Utara (2,212 mpdl)

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Dari gunung sibayak ini adalah gunung stratovolcano yang kecil, yang mana menghadap kota berastagi. Gunung sibayak ini adalah tempat persinggahan yang cepat dan tepat untuk pendakian singkat selama sehari. Kalau kalian kesini juga akan di sediakan air panas alami. Ada juga lubang uap yang menghasilkan suara yang cetar banget seakan-akan suranya seperti pesawat jet.

  1. Gunung Batur, Bali (1.171 mpdl)

Gunung Batur
Gunung Batur

Selain dengan banyak pantai yang indah di pulai dewata bali ini , bali juga punya gunug berapi yang indah tau, yaitu gunung batur ini. Gunung batur ini dipercaya sebagai tempat suci oleh masyarakat sekitar sob. Karna gunung batur ini termasuk gunung kecil maka perjalanan pendakian bias memakan waktu sehari saja sob.

  1. Anak Gunung Kerakatau, Selat Sunda (230 mpdl)

Anak Gunung Kerakatau
Anak Gunung Kerakatau

Siapa sih yang ngak tau gunung Krakatau ? yak. Gunung kerakatau yang dulu meletus dengan dahsyatnya ini pada tahun 1883 dan menjadi sejarah dunia sampai saat ini guys. Setelah letusan gunung Krakatau ini berakhir dan juga seiring berjalannya waktu. Makin banyak yang ingin mendaki kegunung ini loh. Tentunya jika anda mendaki kegunung Krakatau ini maka anda akan melihat gunung  rakata tua yang amat menajubkan guys.

Oke guys mungkin itu saja jangan lupa subscribe, like, comment, share ya.

Pembaca yang baik yang mana dia mau melakukan hal yang diatas.

Incoming search terms:

  • nama gunung aktif di Sumatera dan manfaatnya

Leave a Reply