bahaya begadang bagi kesehatan
efek begadang

Hati-Hati, Ini Bahayanya Begadang Bagi Kesehatan

Posted on

Di zaman yang semakin hinggar-binggar ini, kita tentu sudah biasa dengan kehidupan moderen, yang berperinsip pada mencari kesenangan dunia, secara umum mereka mengapresiasikan prinsip ini dengan cara bekerja keras sampai larut malam atau biasa kita sebut begadang, begadang adalah kondisi di mana orang tersebut tidak menggunakan waktu malam untuk beristirahat melainkan untuk sesuatu tertentu, yang bersifat positif atau negatif.

Begadang sendiri di bagi menjadi dua, yaitu begadang untuk urusan kebaikan yang berfaidah ( positif )atau untuk sekedar bersenang-senang yang tak berfaidah ( negatif ).

Contoh dari begadang untuk urusan kebaikan adalah begadang untuk mencari fahala seperti melakukan sholat, karena dengan melakukan sesuatu yang berfaidah maka akan menimbulkan hal yang positif. Namun banyak sekali begadang yang hanya menimbulkan efek buruk bagi kesehatan yaitu begadang yang tidak ada faidahnya ( Negatif ), tipe begadang yang inilah perlu untuk di jauhi, contok begadang untuk sekedar ngopi di warung dan ngobrol kesana-kemari yang tidak jelas.

Lalu satu pertanyaan bagi anda? Apakah anda termasuk orang di atas yang cenderung menggunakan waktu istirahat untuk bergadang yang tak berfaidah ( negatif ). Maka jika anda memang termasuk katagori tersebut, anda harus mengurangi atau kalau bisa menghindari hal buruk tersebut. Sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi dan menyesal.

karena melakukan hal-hal yang tak berfaidah hanya akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan, mungkin di luar sana banyak sekali orang yang ingin mengajak anda pergi ke cafe, diskotik, ke warung , dll. Maka solusinya, tolak dan jauhi kebiasaan buruk tersebut karena di balik kesenanggan itu hanya akan merusak tubuh, pilihan ada di tanggan anda, anda memilih untuk mempertahankan kesehatan tubuh atau memilih untuk merusak kesehatan anda secara perlahan-lahan.

Di sini saya akan membahas dan memberikan sedikit wawasan yang saya ketahui tentang bahaya begadang bagi kesehatan. Agar anda tau bahwa efek begadang negatif sangat bahaya sekali bagi kesehatan kita di tanmbah tidak ada faidahnya bagi kita. Oke langsung saja kita bahas bahaya begadang bagi kesehatan yang jarang di ketahui oleh sebagian orang.

efek begadang bagi kesehatan

Bahaya begadang bagi kesehatan

  1. Menyebabkan Insomnia

Penyakit yang satu ini memang sangat wajar sekali bila kita pernah mengalaminya, karena insomnia dapat di pengaruhi oleh kebiasaan tidur, jika biasanya kita tidur larut malam, maka kita akan kesulitan untuk tidur lebih awal. Karena kita sudah terlanjur beradaptasi dengan kebiasaan yang awal.

  1. Meningkatnya berat badan

Secara ketika kita kurang tidur maka akan berkibat pada metabolisme karena lemak sulit dicerna, dan akhirnya kita akan mudah merasa lapar, maka secara tidak di sadari kita akan banyak menumpuk lemak pada tubuh, lalu berat badanpun meningkat.

  1. Menimbulkan sakit kepala

Hal ini akan terjadi ketika otak terganggu istirahatnya, umumnya otak akan merefles dirinya ketika kita tidur, setidaknya kita perlu waktu setidaknya 10 menit untuk mengistirahatkan otak. Jika kita mengistirahatkan otak maka, sel di dalam otak akan terganggu dan berakibat pada rasa sakit di kepala.

  1. Rentan terkena penyakit

Karena, ketika kita sudah kelelahan begadang, maka akan membuat tubuh kita melemah atau menurunya sistem kekebalan tubuh, dan imbasnya tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit dan infeksi dari berbagai macam firus.

  1. Malas

Kebanyakan orang yang sering begadang malam, mereka akan cenderung malas untuk beraktifitas di pagi hari, karena sistem imun mereka sudah terganggu dan otak mereka mengajak untuk beristirahat dengan cara tidur. Tidurnya pun tak hanya di waktu pagi namun juga bertahan sampai siang, padahal tidur di pagi hari itu, sangat tidak baik menurut ajaran islam dan penelitian ilmiah.

  1. Terganggunya kulit

Tak hanya berdampak padu kesehtan tubuh, ternyata begadang juga mengakibatkan kulit terlihat tidak sehat, beberapa dampaknya adalah kulit terlihat pucat, garis halus pada wajah, lingkaran hitam pada mata, kantung mata, dan juga regenerasi kulit terhambat. Hal ini hanya akan membuat anda kurang percaya diri kan? Karena proses istirahatnya otot kulit dan regenerasi kulit yang baik hanya terjadi saat malam hari, lalu malah di gunakan untuk begadang, al hasil akan menimbulkan efek-efek di atas.

  1. Susah konsentrasi

Terkadang kita mengajak orang yang habis begadang mengobrol, tapi gak nyambung dan al hasil malah gagal faham, fakta membuktikan orang yang habis begadang, akan lebih sulit di ajak berkomunikasi , ini adalah imbas atas ke lelahanya otak sehingga sulit untuk menerima atau menanggkap maksud dari ucapan seseorang .

  1. Beresiko terkena anemia

Karena metabolisme terganggu maka, produksi darah merah akan berkurang, karena metabolisme tubuh terganggu.

  1. Beresiko terkena diabetes

Penjalasan singkatnya adalah ketika tubuh kita sedang tidur itu adalah saat di mana tubuh kita akan melakukan proses metabolisme tubuh, tapi jika tidur kita terganggu maka tubuh kita akan terganggu metabolismenya dan gula yang seharusnya dicerna malah akan bertumpuk lalu akhirnya gula darah akan bertambah dan menimbulkan diabetes karena kadar gula darah kita bertambah.

  1. Beresiko terkena kanker

Istirahat malam adalah waktu yang tepat untuk sel-sel di tubuh untuk beregenerasi penyakit, begitupula dengan hormon melatoin, ia juga bekerja untuk melawan sel-sel kanker yang ada di tubuh kita, sehingga sel-sel kanker akan hilang, tapi bayangkan bila kita begadang, maka sel-sel kanker tidak ada yang melawan, sehingga akan terus berkembang biak pada tubuh kita dan resiko terkena kanker pun akan bertambah dua kali lipat.

  1. Menyebabkan masuk angin

Masuk angin dapat terjadi ketika seseorang begadang, hal ini di tandai dengan munculnya keringat dingin pada tubuh kita.

Bagaimana apakah ada ingin berhenti untuk begadang? Setelah tau resiko yang berbahaya dari begadang negatif maka, sudah sepatutnya kita tergugah agar kita menghentikan kebiasaan buruk ini, karena hanya akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Setidaknya kita harus menekan resiko untuk melakukan begadang negatif, agar kesehatan kita terjaga dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih atas kunjunganya.

Leave a Reply