Tips Mengatasi Rasa Putus Asa

Posted on

Pasti semua orang sudah pernah merasakan ini, putus asa adalah sikap pesimis seseorang saat menghadapi masalah. Karena hidup tidak selalu diatas, pasti ada saja masalah yang datang menghampiri anda, cobalah belajar untuk menjadi orang yang bijak dalam menghadapi masalah. Bertawakallah pada Alloh, Alloh pasti tau sebesar apa kemampuan hambanya, dan Alloh tidak akan pernah memberi cobaan yang melebihi kemampuan hambanya. Inilah beberapa cara untuk menghilangkan rasa putus asa dalam diri anda :

tips mengatasi putus asa
tips mengatasi putus asa
  1. Bersyukur

Renungkanlah apa saja yang telah Alloh berikan pada kita, Alloh tidak akan mencoba hambanya melebihi kemampuan hambanya. Jadi cobalah untuk selalu bersyukur atas apa yang Alloh berikan pada anda.

  1. Tentukan tujuan hidupmu

Semua orang pasti mempunyai tujuan hidup masing-masing, setiap kehidupan pasti mempunyai rintangan, sekarang tinggal anda yang harus bisa menghadapi semuanya dengan kemampuan yang anda miliki. Semakin tinggi tujuan hidup anda, semakin besar pula rintangan yang akan anda hadapi.

  1. Motivasi

Pasti anda mempunyai motivasi, semua orang pun sama. Tapi, motivasi mereka berbeda dengan anda. Motivasilah yang terkadang bisa membuat anda lebih bersemangat dalam menghadapi masalah.

  1. Kerja keras

Semua tujuan dapat anda capai jika anda bekerja keras dan selalu berdo’a kepada Alloh, jika anda benar-benar menginginkan semuanya tercapai, pasti anda akan mengorbankan banyak hal, demi impian anda.

  1. Jangan mengeluh

Alloh tidak suka pada hambanya yang mudah mengeluh, cobalah sekuat kemampuan anda. Jika anda hanya bisa sebatas itu, teruslah meminta kepada Alloh. Mengeluh hanya dilakukan orang yang pesimis,dan mengeluh membuat anda gampang menyerah.

  1. Yakin

Yakinkan diri anda, yakin bahwa anda bisa menghadapi masalah anda seberat apapun itu. Jika anda yakin pasti semuanya akan terasa mudah.

  1. Curhat

Manusia adalah makhluk sosial, wajar saja jika anda berbagi cerita dengan teman atau orang tua anda tentang masalah anda. Mungkin saja dengan solusi mereka bisa memecahkan masalah anda. Cobalah terbuka untuk menceritkan masalah anda kepada orang yang anda percaya.

  1. Berdo’a

Jika semua sudah anda lakukan, seimbangkanlah dengan berdo’a agar kerja keras anda lebih sempurna dihadapan Alloh. Ingat bahwa anda hanyalah manusia biasa, yang bisa menentukan semuanya adalah Alloh, jadi jangan lupa untuk meminta pada Alloh.

Gravatar Image

Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply