Sejarah Islam Di Dunia

Posted on

Sejarah islam adalah sejarah agama islam yang turun menurun dari wahyu pertama pada tahun 622 yang di turunkan kepada rosul yang terakhir yaitu nabi Muhammad bin Abdullah di gua hira, arab Saudi sampai dengan sekarang.

Pengenalan Islam

Risalah Islam dilanjutkan oleh Nabi Muhammad saw. di Jazirah Arab pada abad ke-7 ketika Nabi Muhammad s.a.w. mendapat wahyu dari Allah swt. Setelah wafatnya nabi Muhammad s.a.w. negara Islam berkembang hingga Samudra Atlantik di barat dan Asia Tengah di Timur. Hingga umat Islam berpecah dan terdapat banyak negara- negara Islam lain yang muncul.

Namun, kemunculan Negara-Negara Islam, seperti Kekhalifahan Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, dan Kekhalifahan Ottoman, Kemaharajaan Mughal, India,dan Kesultanan Melaka telah menjadi negara yang besar di dunia. Banyak ahli-ahli sains, ahli-ahli filsafat dan

Pendahuuan

  • 1235 M – Bangsa Turki yang hidup secara nomad menetap secara tetap di asia kecilnya.
  • 1299 M – Sebuah wilayah pemerintahan kecil Turki di bawah turki seluju didirikan di barat anatolia.
  • 1301 M – Osman I menyatakan dirinya sebagai sultan. Berdirinya Kerajaan Turki Usmani.
  • 1345 M – Turki Seljuk menyeberangi selat borporus.
  • 1389 M – Tentara Utsmani menewaskan tentara serb di Kosovo.
  • 1401 M – Sultan Muhammad I mengirim satu regu utusan dakwah ke pulau Jawa yang dikenal dengan Wali Songo, Surat Perintah Khalifah tersebut saat ini masih tersimpan di Museum Leiden Belanda
  • 1402 M – timurlane, Raja tartar (Mongol) menumpaskan tentera Uthmaniyyah di Ankara.
  • 1451 M – Sultan Muhammad al-fatih menjadi pemerintah.
  • 1453 M – konstatinopel ditaklukkan oleh tentara Islam pimpinan Sultan Muhammad al-fatih. Berakhirnya Kerajaan Byzantium.
  • 1475 M – setelah 75 tahun dan melalui pengiriman bertahap regu dakwah Wali Songo ke pulau Jawa hingga 5 angkatan, termasuk Raden Fattah, akhirnya Kekhalifahan Turki Utsmani berhasil membidani berdirinya Kesultanan Demak Bintoro sebagai Kerajaan Islam pertama di pulau jawa dan sebagai perpanjangan amanah khalifah untuk dakwah di pulau Jawa. Seluruh Surat Keputusan dan Surat Perintah Sultan masih tersimpan di Museum Leiden Belanda.

Sejarah Agama Islam Di Dunia

 

Islam muncul di arab pada abad ke 7 masehi ketika nabi Muhammad saw mendapatkan ayat ayat Allah swt. Ketika kematiannya Nabi Muhammad saw. Islam berkembang di atlantik di barat dan asia tengah timur. Seiring waktu, islam di bagi da nada banyak kerajaan islam berkembang lainnya.

Tempat yang bagus untuk belajar ilmu pengetahuan telah menyadari sebuah peradaban Islam yang agung.Banyak ahli dalam ilmu sains dan sebagainya muncul dari negara-negara Muslim, terutama dizaman emas Islam.
Pada abad ke-18 dan ke-19 Masehi, banyak daerah Islam jatuh ke tangan penjajah Eropa. Setelah Perang Dunia I, Kekaisaran Ottoman runtuh kerajaan Islam terakhir menyembah bumi.

Islam Di Indonesia

Islam telah dikenal di Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau 7 Masehi, meskipun dalam frekuensi yang tidak terlalu besar hanya melalui perdagangan dengan para pedagang muslim yang berlayar ke Indonesia untuk singgah untuk beberapa waktu. Pengenalan Islam lebih intensif, khususnya di Semenanjung Melayu dan Nusantara, yang berlangsung beberapa abad kemudian.

Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan dan lain-lain.

1.Masuknya Islam Sejak Abad Ke 7

Sebagian ahli sejarah menyebut jika sejarah masuknya Islam ke Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada berita yang diperoleh dari para pedagang Arab. Dari berita tersebut, diketahui bahwa para pedagang Arab ternyata telah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke 7.

Pada abad ke 7 Masehi itu pula agama Islam diyakini sudah masuk ke wilayah Pantai Utara Pulau Jawa. Masuknya agama Islam ke Pulau Jawa pada abad ke 7 Masehi didasarkan pada berita dari China masa pemerintahan Dinasti Tang. Berita itu menyatakan tentang adanya orang-orang Ta’shih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan Ratu Sima pada tahun 674 Masehi.

2.Masuknya Islam Sejak Abad Ke 11 Mahesi

Sebagian ahli sejarah lainnya berpendapat bahwa sejarah masuknya Islam ke Indonesia dimulai sejak abad ke 11 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada bukti adanya sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang berada di dekat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini berangka tahun 1082 Masehi.

3.Masuknya Islam Sejak Abad Ke 13 Masehi

Di samping kedua pendapat di atas, beberapa ahli lain justru meyakini jika sejarah masuknya Islam ke Indonesia baru dimulai pada abad ke 13 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada beberapa bukti yang lebih kuat, di antaranya dikaitkan dengan masa runtuhnya Dinasti Abassiah di Baghdad (1258), berita dari Marocopolo (1292), batu nisan kubur Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), dan berita dari Ibnu Battuta (1345). Pendapat tersebut juga diperkuat dengan masa penyebaran ajaran tasawuf di Indonesia.

Pada awal abad ke 15, kerajaan Majapahit mengalami kemerosotan, bahkan pada tahun 1478 mengalami keruntuhan. Banyak daerah yang berusaha melepaskan diri dari kerajaan Majapahit. Pada tahun 1500, Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa. Berkembangnya kerajaan Demak sebagai kerajaan Islam ini kemudian disusul berdirinya Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon. Di luar Jawa juga banyak berkembang kerajaan yang bercorak Islam seperti Kesultanan Ternate, Kesultanan Gowa, dan kesultanan Banjar.

Melalui kerajaan-kerajaan bercorak Islam itulah, agama Islam makin berkembang pesat dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Agama Islam tidak hanya dianut oleh penduduk di daerah pantai saja, tetapi sudah menyebar ke daerah-daerah pedalaman.

Tokoh tokoh penyebaran islam di Indonesia adalah walisongo antara lainnya :

1.Sunan Ampel

2.Sunan Bonang

3.Sunan Muara

4.Sunan gunung jati

5.Sunan Kalijaga

6.Sunan Giri

7.Sunan Kudus

8.Sunan Drajat

9.Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim ).

Alasannya Agama Islam Mudah Di Terima Oleh Masyarakat Indonesia

Proses penyebaran islam di Indonesia sudah berjalan dengan cepat karena di dukung factor factor di antara lainnya :

1.Syarat masuk islam sangat mudah karena seseorang dianggap telah masuk islam jika telah berkata kalimat syahadat.

2.Pelaksanaan ibadah sederhana dan bayarnya sangat lah murah.

3.Agama islam tidak mengenal pembagian kasta sehingga banyak kelompok masyarakat yang masuk islam karena memiliki derajat yang sama.

4.Aturan aturan dalam islam bersifaat berfleksibeldan tidak memaksa.

5.Agama islam yang masuk dari gurajat, india mendapat kan pengaruh hindu dan tasawuf sehingga mudah di fahamin.

6.Penyebaran agama islam di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan dan sesuai dengan kondisi social budaya yang ada.

7.runtuhnya kerajaan majapahit pada akhir abad ke 15 yang memudahkan penyebaran islam tanpa ada pembatas dari otoritas kerajaan hindu-budha.

Itu lah pelajaran bagi kita semua, semoga bermanfaat banget bagi semuanya.

Leave a Reply