Akibat Terlalu Lama Didepan Komputer

Posted on

Pada saat ini, komputer adalah alat teknologi  yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang. Dengan adanya komputer berbagai macam aktivitas manusia dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Contoh nya saja bisa untk mengerjakan tugas, berkerja dan lain-lain. Karena komputer ini fungsinya sangat luar biasa inilah teknologi komputer yang terus-menerus dikembangkan sehingga makin modern. Seperti saat inilah dapat bisa lihat bahwa komputer telah diperbarui agar dapat dibawa kemana-mana dan memiliki ukuran yang lebih ringan dibawa dan lebih simple atau peraktis di bawa.

Kemudian, karena datangnya teknologi ini banyak orang akhirnya tidak bisa beranjak dari tempat duduknya di depan komputer. Tetapi  mereka duduk di depan komputer  ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuhnya. Apa sajakah akibat terlalu lama duduk di depan komputer di bawah ini saya akan memberika akibat terlalu lama duduk di depan komputer

  1. Kerusakan Mata

Monitor mengeluarkan radiasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan mata, Biasanya pada saat di depan komputer, kita cenderung jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata kita ini menjadi cepat kering. Nah sebab itulah yang dapat menggangu kesehatan mata dan menurunkan tingkat pengheliatan mata kita. Salain itu juga syaraf mata kita bisa lebih tegang, sehingga bisa menjadi mata kita cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan layar komputer juga tidak baik untuk kesehatan mata kita. Akan tetapi jika hal itu bisa terjadi bisa mengakibatkan mata kita ini bisa minus. Untuk mengatasinya masalah kesehatan mata saat di depan komputer. Anda juga bisa melakukan menurunkan tingkat cahaya pada layar. Sebisa mungkin istirahatkan mata anda ini beberapa saat setelah berada di depan komputer.

  1. Serangan Jantung

Para ahli jantung percaya, bahwa duduk di depan komputer dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan resiko serangan jantung bisa tinggi sampai 67%. Hal ini disebabkan karena badan yang kurang bergerak sehingga aktivitas jantung  bisa teganggu yang bisa bermicu serangan jantung. Apalagi orang itu yang sudah pernah mengalami penyakit serangan jantung.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan suatu dampak buruk yang disebabkan oleh aktivitas duduk telalu lama di depan komputer. Gangguan kesehatan inilah merupakan gangguan yang sangat sering terjadi yang dialami banyak orang. Dan hal itu dikarenakan cahaya yang terpancar dari layar komputer . Cahaya fluorescent dari layar komputerlah yang menyebabkan gangguan  pada kesehatan yang satu ini terjadi saat orang tersebut berkerja di depan komputer dalam waktu yang sangat cukup lama.

  1. Sakit Punggung

Masalah kesehatan yang menggangu selanjutnya adalah rasa sakit pada punggung yang sering dialami mereka yang sering duduk di depan komputer terlalu lama. Hal ini di karenakan kita terlalu sering duduk diam di depan komputer dalam posisi yang sama atau bahkan sampai menuduk kea rah monitor. Karena posisi duduk yang buruk tersebut bisa menyebabkan kesehatan tubuh kita, bahkan yang lebih parahnya lagi jika terbiasa duduk dengan cara seperti itulah yang membuat tubuh kita ini menjadi bungkuk. Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung akibat terlalu lama duduk di depan komputer, kamu juga bisa dengan melakukan berbagai macam hal seperti sit-up,  yoga, pilates selain itu juga bisa mengatur posisi duduk yang benar agak punggu kita ini tidak sakit.

  1. Garis Halus Pada Wajah

Apakah kamu pernah menyadari saat berhadapan dengan layar komputer, waspadai  garis-garis halus yang terdapat pada wajah kita. Seringnya anda melakukan ekpresi serius saat berada di depan komputer, hal ini bisa munculnya garis garis halus atau kerutan yang terdapat di sekitar mata dan alis. Untuk mencegahnya  adanya garis halus pada wajah kita dengan cara selalu merutinkan memakai krim mata yang akan melembabkan kulit tipis di area  sekita mata. Sementara untuk mengurangi kerutan yang ada di sekitar dahi, kamu juga bisa melakukan dengan cara mencubit tengah pada dahi dengan menggunakan jari  telunjuk  dan jempol lalu, coba menariknya kea rah atas dan ke arah bawah.

  1. Berpengaruh Terhadap Berat Badan

Apakah kalian percaya atau tidak kalo terlalu lama duduk di depan komputer  bisa menyebabkan kenaikan badan menjadi naik atau bertambah. Menurut para ahli mereka yang terlalu sering duduk didepan komputer yang memiliki pinggang yang besar dan kolesterol  yang tinggi. Membuat kamu khawatir akan peningkatan berat badan ini, salah satu caranya untuk mencegahkan naiknya berat badan adalah dengan cara melakukan secara rutin dengan berolahraga yang dapat menambah stamina dan juga membantu menurunkan kolesterol.

  1. Leher Menjadi Sakit

Berada di depan di komputer juga dapat mengakibatkan leher kita ini menjadi sakit. Hal ini bisa terjadi dikarenakan posisi duduk yang tidak benar sehingga bisa menyebabkan  leher kita ini menjadi sakit. Kadang  apabila kita terlalu sering menunduk melihat keyboard komputer , hal ini juga bisa mempengaruhi pada leher kita. Nah, tapi kamu juga menggap ini remeh  karena kalo dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan sakit leher yang kronis.

  1. Jari Mati Rasa

Buat kamu yang merasa jari mu itu sering kaku atau mati rasa, ini juga merupakan salah satu dampak negatif penggunaan komputer. Meski efeknya tidak terlalu buruk akan tetapi apabila didiamkan terus-menerus bukan tidak mungkin bisa menyebabkan muncul penyakit baru yang lebih buruk.

Maka, bagi kamu yang mempunyai hobi atau harus bekerja setiap hari di depan komputer , perhatikan cara menggunakan komputer yang baik dan benar agar tidak berakibat buruk pada tubuhmu.

Leave a Reply