Tawangmangu

Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Tawangmangu, mungkin kebanyakan dari kalian sudah ada yang mengetahui maupun belum. Tawangmangu merupakan suatu kecamatan yang terletak di Kabupaten Karanganyar, lebih tepatnya berada di barat lereng Gunung Lawu. Tawangmangu merupakan tempat andalan Kota Solo untuk menjadi tempat wisata alam yang menarik. Pemandangan yang indah sekaligus wilayahnya yang sejuk, membuat banyak orang yang berdatangan ke Tawangmangu.

Di daerah Tawangmangu ini, banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga maupun bersama teman kalian. Fasilitas yang disediakan di tempat wisatanya sudahlah terbilang lengkap. Jika kalian ingin menginap di Tawangmangu, telah banyak investor yang membuat villa maupun hotel di Tawangmangu. Para investor mendirikan banyak villa maupun hotel dan berbagai fasilitas wisata di daerah ini karena mereka sadar akan potensi yang dimiliki oleh daerah ini.

Jika kalian berniat untuk menghabiskan liburan kalian di daerah Tawangmangu ini, kalian kosongkanlah jadwal beberapa hari kalian. Karena ada banyak tempat wisata di daerah ini untuk kalian kunjungi dan juga menarik.

Tempat wisata di Tawangmangu yang menarik dan wajib kalian kujungi yaitu :

  1. Air Terjun Grojogan Sewu

    grojogan sewu
    Grojogan Sewu

Grojogan Sewu atau dalam bahasa jawa berarti air terjun seribu. Akan tetapi nama itu bukan berarti air terjun yang jumlahnya seribu, namun nama tersebut mengarah pada seribu pecak. Pecak merupakan satuan jarak yang digunakan saat  mengukur ketinggian dari air terjun ini. Satu pecak itu berarti sama dengan satu telapak kaki orang dewasa.

Air Terjun Grojogan Sewu memiliki ketinggian yaitu 81 meter juga merupakan air terjun tertinggi ke12 di Indonesia dan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Air Terjun Grojogan Sewu ini merupakan bagian dari hutan Wisata Grojogan Sewu. Luas dari hutan tersebut yaitu sekitar 20 hektar. Selain itu, ada juga air terjun yang berada di sekitar air terjun tersebut. Namun jarak dari air terjun itu tidak terlalu tinggi hanya saja pancuran air terjun tersebut meluas dan membentuk banyak cabang.

Jika kalian ingin masuk ke Air terjun Grojogan Sewu ini, harga tiket masuknya hanyalah Rp. 6.000 saja. Dalam menuju ke lokasi air terjun, ada lebih dari seribu anak tangga yang harus kalian lewati. Jumlah anak tangga tersebut yaitu 1250 anak tangga. Akan tidak terasa jika kalian melewati anak tangga tersebut karena dalam perjalanan banyak pemandangan yang indah dan juga banyak pohon yang rindang di sekitarnya. Kalian juga harus hati-hati membawa barang bawaan kalian, karena banyak juga kera-kera liar yang iseng mengambil barang pengunjung.

Di air terjun ini juga memiliki banyak fasilitas antara lain Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat untuk pengunjung, beberapa warung makanan, buah-buahan, cinderamata, mushola, serta MCK.

  1. Taman Miniatur Dunia New Balekambang

taman-miniatur-dunia-new-balekambang
Taman Ria Balekambang

Selain di Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Taman Miniatur Dunia New Balekambang. Di taman ini kalian bisa berfoto-foto ataupun selfi dengan latar belakang miniatur bangunan yang ada di dunia. Hampir bangunan-bangunan penting yang ada di dunia, di taman ini dijadikan seperti miniatur dunia. Ada miniatur Tembok Raksasa China, Menara Eiffel Paris, Bukit Hollywood Amerika, Gerbang Arch de Triomphe Perancis, Piramid dan Sphinx Mesir, Menara Pisa Italia, Patung Merlion Singapura, dan Candi Borubudur Indonesia.

Bagi kalian yang mempunyai hobi untuk berselfi atau mengambil gambar. Taman Miniatur Dunia ini sangat cocok bagi kalian untuk selfi atau foto-foto. Karena memang sangat bagus sekali menjadi latar belakang saat kalian selfi atau foto-foto, seakan-akan kalian sedang berkeliling dunia. Tak perlu mahal untuk masuk ke Taman ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.12.000 saja kalian bisa menikmati keindahan juga keunikan taman tersebut. Dengan kalian bisa berkeliling ke taman ini, kalian bisa menyeimbangkan nuansa keindahan alam Tawangmangu dengan nuansa modern dari taman ini. walaupun taman ini belum sepenuhnya selesai, namun telah banyak para wisatawan yang antusias berdatangan ke taman ini.

  1. Bukit Sekipan

bukit sekipan
Bukit Sekipan

Kecamatan Tawangmangu memang lebih dikenal dengan wisata alamnya. Karena secara geografis Kecamatan Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu, maka dari itu Tawangmangu mempunyai banyak potensi menjadikan wisata alam untuk dikembangkan. Bukit Sekipan ini sudah ada sejak dulu yaitu sejak zaman Belanda. Waktu itu bukit ini digunakan untuk tempat latihan TNI. Namun tidak seperti dahulu, sekarang bukit ini mulai dilirik banyakwisatawan yangsedang berlibur ke Tawangmangu.

Bukit Sekipan ini diresmikan pada bulan Juli 2015 oleh Bapak Joko Sutrisno. Mulai sejak itu lah, bukit ini mulai di kunjungi oleh banyak wisatawan. Bukit Sekipan ini juga banyak menawarkan berbagai macam wahana atau fasilitas yang seru untuk kita coba. Wahana tersebut yaitu antara lain :

  • Waterboom
  • Taman
  • Rumah Halloween
  • Outbond

Selain wahana itu, juga ada wahana di area outbond Bukit Sekipan yang bernuansa islami, yaitu:

  • Joglo
  • Miniatur Ka’bah
  • Tempat untuk Melempar Jumroh
  • Tempat untuk Sa’i
  • Kain Ikhrom

Dengan fasilitas yang dimiiki oleh Bukit Sekipan ini, sekarang Bukit Sekipan menjadi tempat wisata favorit yang harus dikujungi saat berwisata ke Tawangmangu. Jika kalian ingin mengunjungi wisata Bukit Sekipan ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 20.000 saja. Itu jika kalian memasuki Bukit Sekipannya, namun apabila kalian memasuki Kawasan Bumi Perkemahan Bukit Sekipan, kalian hanya perlu membayar Rp. 7.500/orang.

Di wisata Bukit Sekipan ini juga sudah tersedia villa maupun hotel dengan fasilitas yang sudah cukup memadai seperti ruang tamu, gazebo, 4 kamar tidur, free wi-fi, dapur, toilet, dan masih banyak lagi.

 

Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu wisata di atas? Kunjung saja Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Secepatnya sebelum anda menyesal.

Leave a Reply