hewan-hewan yang hampir punah

Inilah, Beberapa hewan yang terancam kepunahanya

Posted on

Indonesia dengan keadaan kekayaan alam yang melimpah. Indonesia adalah negara kepulawan terbesar dan negara dengan populasi terbanyak nomer empat di dunia. Terdiri dari lima pulau besar dan 30 kepulauan kecil, jumlah keseluruhan mencapai 17,508 pulau dengan 6000 diantaranya telah dihuni. Terbentang sepanjang 5,150 km diantara benua australia dan asia serta membelah samudra hindia dan pasifik di bawah garis kathulistiwa Nama Indonesia adalah campuran dua kata yunani: ?Indos? berarti Indian dan ?Nesos? berarti kepulauan. Lima pulau-pulau terbesar adalah Kalimantan atau lebih tepat dikatan dua pertiga pulau Borneo (539.450 km?), Sumatera (473.606 km?), Papua, yang setengahnya adalah bagian dari New Guniea (421.952 km?), Sulawesi (189.035 km?) serta jawa dan madura (132.035 km?). Sebagai sebuah republik yang demokratis, Indonesia terbagi menjadi 32 Provinsi dan daerah otonomi khusus serta secara geografis dapat dipilah menjadi 4 kelompok. Pertama adalah sunda besar, meliputi pulau-pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Kedua adalah sunda kecil meliputi pulau-pulau kecil dari bali hingga (arah timur) Timor. Ketiga adalah Maluku termasuk juga semua pulau di antara Papua dan Sulawesi. Kelompok ke empat adalah papua yang terletak di ujung paling timur negara kesatuan republik Indonesia. Posisi ynag strategis dari kepulauan serta sejarah Indonesia, baik politik maupun ekonomi telah dikondisikan sedemikan rupa oleh letak geografisnya.

alam indonesia

Kepulauan Indonesia letaknya menjadi satu dari batas geografis penyebaran hewan yang paling luar biasa di dunia, merujuk balik ke zaman es ketika banjir besar melanda dunia. Pada zaman es, Jawa, Sumatera Kan kalimantan terletak pada dataran Sunda serta menyatu dengan lainnya ke dataran benua Asia, sedangkan Papua dan benua Australia terletak pada sahul tersendiri pada zaman tersebut. Segresi geografis tersebut menjelaskan mengapa beberapa spesies fauna purba ditemukan di Jawa, Sumatera dan Kalimantan sama sekali berbeda dengan yang berada di Papua. Sama seperti juga beberapa binatang liar yag ada di Papua tidak ditemukan di daerah lain. Daerah di antara dua patahan (Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Sunda kecil) mempunyai jenis kekayaan fauna yang unik. Bagian terbesar dari fauna daerah tidak ditemukan di Sulwesi, meskipun hanya berjarak 50 km dari kalimantan menyeberang selat makasar, dan pulau-pulau, seperti Seram dan Halmahera, yang terdekat dengan papua sebagian besar tidak memiliki fauna. Hal ini disebabkan hadirnya sebuah selat yang dalam antara Kalimantan dan Sulawesi serta dalamnya laut Banda sehingga kelompok pulau-pulau tidak pernah saling berhubungan satu sama lainnya pada zaman es. Para ilmuwan menggambarkan situasi ini ke dalam tiga era fauna: Wallace ( era pergeseran dari selatan menuju utara lewat selat Lombok dan Makasar, berakhir hingga tenggara Filipina), Weber (era pergeseran dan melewati lautan antara Maluku dan Sulawesi) dan Lydekker (era pergeseran daerah tepi sahul , yang menyusuri perbatasan barat Papua dan benua Australia)- meskipun sebagian dari mereka lebih suka mengkarakteristikkanya daerah tersebut sebagai sebagai ?subtractible transition zone?.

nformasi yang diperoleh dari catatan paleontology menyatakan bahwa jumlah spesies ynag diketahui pada hari ini lebih sedikit dari masa lalu. Punahnya sebagian spesies binatang tersebut kemungkinan terjadi karena kelaziman proses ekologi dan proses evolusi terkait dengan berbagai faktor kenaikan batas air laut, perubahan iklim dan habitat. Sebagai contoh, di Jawa, setidaknya lebih dari 75 spesies mamalia yang diketahui sebagai fosil, 35 telah punah, 20 masih selamat dan 20 lainnya punah di jawa akan tetapi masih ditemukan di tempat lain di asia. Proses kepunahan binatang di pulau jawa pada akhir-akhir ini terkait dengan pengaruh manusia terhadap ekosistem yang ada. Dampaknya banyak sekali hewan – hewan yang hidup di alam indonesia mengalami kepunahan. Berikut adalah beberapa hewan yang sudah hampir mengalami kepunahan.

  1. Badak

    hewan yang terancam punah

Badak bercula satu dari jawa dan badak bercula dua dari sumatra, tergolong hewan atau satwa yang hampir punah di Indonesia ini.Informasi atau data menyebutkan bahwa jumlah badak bercula dua tersisa sekitar 300 ekor saja. Sedangkan badak bercula satu keadaanya lebih memperihatinkan lagi  karna tercatat jumlahnya hanya tersisa puluhan ekor saja. Karna kepunahan tersebut  maka dibuatlah penakaran khusus yang berada di ujung kulon Banten.

  1. Monyet Hitam Sulawesi

    hewan yang terancam kepunahanya

Jenis monyet hitam ini atau yang juga lazim disebut monyet wolai atau yaki memiliki ciri fisik yang sangat unik. Tubuhnya dipenuhi oleh bulu hitam pekat mengkilat, dengan jambul dan pantat berwarna merah muda. Monyet hitam sulawesi ini juga mempunyai ukuran tubuh yang besar. Sayangnya hewan ini juga  sudah hampir mengalami kepunahan.

  1. Jalak bali

    hewan yang terancam kepunahanya

Sesuai dengan namanya hewan yang satu ini hanya hidup di bali, tepatnya di bagian barat pulau bali. Jalak bali merupakan sepesies burung pengicau. Ukuranya sedang , sekitar 25 cm. Karena bentuk tubuhnya yang indah dan juga dapt berkicau, burung ini banyak di buru oleh manusia untuk di jual atau untuk dijadikan burung hias. Dikarnakan populasinya yang tersisa sekitar 100 ekor lebih, burung ini di lindungi di penakaran Nusa Penida dan Taman Nasional Bali Barat.

  1. Macan Tutul Jawa

    hewan yang terancam kepunahanya

Macan yang mendapat julukan macan kumbang ini hanya hidup di hutan tropis, area pegunungan dan area konservasi di pulau jawa seperti, Taman Nasional Gunung Gede pangrango. Akibat adanya perburuan liar, jumlah populasi macan tutul di hutanpun habis. Macan berbulu motif ini sudah dinyatakan punah sejak tahun 2007.

  1. Gajah Sumatera

    hewan yang terancam punah

Pada awalnya populasi gajah ini masih terbilang aman, tetapi tahun demi tahun populasi mereka semakin menurun drastis, diakibatkan karna adanya perburuan liar. Selain itu, hewan asal sumatera ini juga banyak kehilangan tempat hidupnya karna hutan yang mereka jadikan tempat tingal  dijadikan kebun peribadi oleh masyrakat.

  1. Harimau Sumatera

    hewan yang terancam kepunahanya

Indonesia mempunyai dua jenis harimau endemik, yakni harimau bali yang sudah dinyatakan punah  sejak tahun 1937 dan harimau sumatera yang masih ada hingga kini, namun dengan jumlah yang sudah sangat sedikit.

  1. Orang Utan

    hewan yang terancam kepunahanya

Orang utan kalimantan dan orang utan sumatera juga tergolong satwa langka yang sangat dilindungi di indonesia. Dari segi fisik orang utan sumatera ini berukaran lebih kecil di bandingkan orang utan kalimantan dean orang utan sumatera jumlahnya lebih minim daripada orang utan kalimantan.

  1. Kanguru Pohon Wondiwoi

    hewan yang terancam kepunahan

Kanguru pohon wondiwoi merupakan satwa atau hewan yang berhabitat di papua, jumlah hewan ini kini sudah sangat sedikit dan terancam punah.

  1. Pesut Mahkam

    hewan yang terancam punah

Dari kelompok hewan laut, pesut mahkam sudah terbilang hewan air yang sudah langka. Pesut mahkam tergolong hewan mamalia nmun hidup di air tawar. Tercatat jumlahnya tersisa sekitar 70-an  ekor, dan dapat di temui di sungai mahkam.

Dan masih banyak lagi hewan yang terancam kepunahanya.

Leave a Reply