mie instan
efek makan mie instan

Wajib baca, Bahaya Makan Mie Instan Bagi Kesehatan

Posted on

Di zaman yang serba canggih dan instan ini banyak sekali yang menawarkan kemudahan dalam setiap sesuatu yang kita inginkan, kita tau banyak sekali alat-alat elektronik, gadget, makanan yang serba instan atau sangat mudah sekali untuk mendapatkan layanan atau menikmati sesuatu dengan tanpa harus bersusah payah untuk melakukanya, atau kita biasa menyebutnya instan.

Bicara tentang instan, kita pasti tau bahwa banyak sekali makanan yang menawarkan kemudahan dalam hal menyajikan, bayangkan dulu orang bila ingin makanan, harus di masak dulu, di kupas, di potong-potong, lalu di goreng atau di rebus. Bayangkan betapa ribetnya orang dahulu bila ingin makan, Namun sangat berbeda sekali dengan era sekarang yaitu, segala makanan, minuman, bahkan barang elektronik sekalipun menggunakan sistem instan atau cepat saji.

Banyak sekali barang cepat saji yang ada di era sekarang ini seperti mie instan, banyak sekali pabrik-pabrik yang menjual dan memproduksi mie instan mulai dari local sampai luar negeri. Contohnya mie ramen, mie ramen adalah makanan khas jepang yang tak ada di Negara Indonesia, jika ingin menikmatinya kita harus membuatnya dahulu atau pergi ke jepang, namun sekarang ini sudah ada mie ramen instan yang sangat mudah sekali membuatnya, yaitu tinggal di beri air panas lalu mie ramen pun sudah siap untuk di sajikan.

Dengan kemudahan seperti itu, sebenarnya kita patut tau bahwa sesuatu yang instan biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya terutama pengawet. Karena mie instan akan di jual yang tentunya harus di beri bahan pengawet agar dapat tahan lebih lama. Berbeda dengan makanan yang harus di masak dulu, pasti kalau sudah satu atau beberapa hari kemudian akan menjadi busuk, dan harus di buang karena sudah tidak layak konsumsi lagi.

Kalau kita telusuri lebih lanjut, sebenarnya selain mengandung banyak bahan kimia, mie instan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita, terutama dalam urusan pencernaan, bila kita makan mie instan maka, ia tak akan mudah untuk dicerna, dan akibatnya lambung akan bekerja lebih keras agar dapat mencernanya. Selain efek pada lambung, sebenarnya masih banyak lagi efek-efek yang lainya, bila anda penasaran maka simak di bawah ini.

efek suka makan mie instan

Efek samping makan mie instan

  1. Penyakit ginjal

Efek yang sangat berbahaya adalah penyakit ginjal berupa gagal ginjal, karena kandungan propene glycol yang di milikinya sangat berbahaya.

  1. Kerusakan hati

Selain itu, propene glycol juga sangat berbahaya karena selain berefek pada ginjal, ia juga berpotensi merusak atau menggangu sistem kerja hati.

  1. Menurunkan kinerja metabolisme

Kandungan zat kimia yang terkandung dalam mie instan ,menimbulkan efek sulit melakukan metabolism, karena salah satunya adalah sulit sekali bagi lambung untu menyerapnya.

  1. Menghambat penyerapan nutrisi

Nutrisi yang seharusnya dapat di terima atau di serap oleh tubuh malah sulit untuk di serap karena efek dari mkan mie instan, ini sangat tidak baik terutama bagi anak yang masih di bawah 6 tahun. Maka dari itu, jangan memberikan mie instan terlalu sering pada si buah hati.

  1. Membuat darah tinggi

Kaarena kandungan bahan kimia di dalamnya maka dampaknya pun ke darah yaitu dapat memicu menaiknya tekanan darah. Maka dari itu bila anada mengidap penyakit ini, maka jangan sering makan mie instan.

  1. Menggangu hormon kewanitaan

Bila seorang wanita mengkonsumsi mie instan jalam jumlah yang berlebihan, maka hormon kewanitaan pun akn ikut terganggu efeknya berupa tidak teraturnya siklus menstruasi.

  1. Mengganggu hormon seks pria

Bila seorang pria, mengkonsumsi mie instan maka juga akan berdampak buruk pada kesehatan seks, yaitu sulit mengkontrol gairah seks.

  1. Meningkatkan kolestrol

Karena kandungan garam yang tergolong tinggi pada mie instan, maka akan meningkatkan kolestrol pada tubuh kita.

  1. Menimbulkan diabetes

Mengapa menimbulkan diabetes? sekilas memang Nampak seperti biasa-biasa saja, namun kandungan gula yang di miliki mie instan ternyata termasuk dalam katagori tinggi. Karena bahan baku utama mie adalah karbohidrat, dan sejatinya karbohidrat banyak mengandung gula.

  1. Memicu penyakit jantung

Mengkonsumsi mie instan juga berpengaruh pada jantung,  karena  mengandung zat kimia beernama cardion metabolic.

  1. Sakit kepala

Kita tau bahwa rasa gurih dan asin dari mie instan pasti mengandung MSG, yang mana MSG dapat memicu terganggunya otak dan sistem saraf, dan imbasnya berpengaruh pada kepala, berupa rasa sakit di kepala.

  1. Menimbulkan bengkak dan merah di wajah

Memang bengkak dan merah ini jarang sekali yang menyadarinya, karena pembengkakkan ini akan terjadi ketika MSG terserap pada tubuh kita, lalu akan hilang dengan sendirinya.

  1. Menimbulkan penyakit stroke

Penyakit strok ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya, Kenapa mie instan dapat beresiko menimbulkan stroke, karena zat kimia yang terkandung di dalamnya akan menyumbat aliran darah sehingga akn memicu penyakit stroke, namun hal ini akan terjadi apabila kita mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Menggangu kerja pencernaan

Jika kita sering mengkonsumsi mie instan maka, pencernaan kita akan terganggu bahkan dapat menyebabkan kebocoran lambung dan usus. Atau bias juga terjadi sembelit, maka dari itu, tak perlu heran bila kita melihat orang yang sering makan mie instan akan mengalami sembelit.

  1. Menggangu pernafasaan

Jikakita merasa sesak nafas, maka itu mungkin di sebabkan karena kita mengkonsumsi mue instan dalam jumlah berlebih, karena kandungan MSG dapat juga berakibat pada tergangunya sistem pernafasan.

  1. Beresiko menimbulkan keguguran

Karena efek dari kandungan zat kimia yang terkandung dalam mie instan maka, bagi wanita hamil, jangan sampai mengkonsumsi mie instan karena dapat beresiko terjadi keguguran pada ibu hamil.

  1. Menimbulkan kegemukan ( Obesitas )

Memang tak dapat di pungkiri, bahwa setelah makan mie instan maka perut akan merasa kenyang, namun, ini tak akan bertahan lama dan nanti pasti kita akan makan lagi ketika merasa lapar, padahal mie instan yang kita makan tadi masih belum di cerna dengan sempurna, lalu sudah kita masukan lagi makanan, sehingga akan memicu tertumpuknya karbohidrat dan kalori yang dapat memicu terjadinya obesitas. Di tambah banyaknya orang yang tak tanggung-tanggung yaitu mencampur mie instan dengan nasi, padahal sudah sama-sama mengandung karbohidrat dan gula yang banyak.

Bagaimana, apakah anda masih ingin mengkonsumsi mie instan secara sering? Tentunya sesuatu yang tidak berlebihan maka tidak apa-apa, sebagaimana mie instan, bila kita memakanya terlalu sering maka efeknya pun tidak baik bagi kesehatan, namun bila sekedar memakanya sesekli saja tidak apa-apa. Karena efek-efek di atas akan beresiko terjadi apabila kita mengkonsumsinya terlalu sering. Oke semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply