Apa Itu Motherboard

Posted on

PENGERTIAN MOTHERBOARD

Motherboard adalah papan sirkuit yang berupa pcb yang di miliki erbagai komponen yang di miliki elektronik yang saling berhubunngan di mana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS ( Basis Input Output Sistem ), Chipset ( pengaturan koneksi input output ), Ram ( penyimpanan data sementara ), VGA card ( memory penyimpanan data gratis ).

FUNGSI MOTHERBOARD

Fungsi motherboard adalah hemnhubungan seluruh komponen penyusunan sebah computer, artinya mobo disini mengemban tugas untuk menghubungkan bahsa kode antara perangkat keras agar dapat disinerginya menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat computer.

KOMPONEN MOTHERBOARD

1.Konektor Power

Adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah computer. Pada motherboard tipe AT, casing yang di butuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari 2 bagian, dimana 2 kabel dari power supply akan menancap di situ.

Pada tipe ATX, kabel power supply menyatuh dalam satu header yang utuh. Ada beberapa motherboard yang menyediakan 2 tipe konektor power, AT, ATX. Kebanyakan motherboard yang baru sudah bertipe tipe ATX.

2.Socket atau alat prosesor

Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force ) socket 7 atau populer dengan istilah socket 7. 7 socket ini untuk prosesor bikin intel, ADM, Cyrix. Jadi, salah satu tips saat membeli motherboard adalah memperhatikan jenis socket prosessor yang ada, usahakan socket tersebut support dengan prosessor yang terbaru.

3.Slot Memory

Secara fisik, bentuknya memanjang, sesuai dengan panjang RAM. Pada umumnya posisi slot memory ini bersebelahan dengan socket prosessor, dan biasanya jumlahnya lebih dari satu slot. Disinilah RAM dipasang.

Ingat, setiap jenis RAM (DDR, DDR2, DDR3) memiliki jenis slotnya tersendiri, jadi jangan sembarangan membeli RAM, harus sesuai dengan slot memory yang ada pada motherboard.

4.Slot IDE Dan Slot SATA

Kedua slot ini berbeda bentuknya, tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk penghubung Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisk dan slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil.

Slot IDE umumnya dapat ditemukan di motherboard lama, bukan berarti tidak ditemukan pada motherboard sekarang. Tapi pada umumnya kebanyakan motherboard sudah mulai menggunakan SATA dan meninggalkan IDE. Jadi, kalau pilih motherboard usahakan yang memiliki slot SATA, karena hardisk IDE juga sudah jarang yang menjual (kecuali bekas).

5.BIOS

BIOS (Basic Input Output Sistem) merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.

Saat ini, BIOS sudah mulai digantikan dengan UEFI yang hadir dengan teknologi yang lebih canggih. Secara fisik bentuk dari BIOS atau UEFI ini seperti chip, tempatnya pun tidak menentu di setiap jenis motherboard. Tetapi biasanya terdapat bacaan BIOS atau nama produsennya pada alasnya.

6.Slot AGP Dan PCI Exspres x16

Kedua slot ini fungsinya adalah sebagai tempat dipasangnya VGA Card atau Graphic Card. Kedua slot ini berbeda jenisnya, AGP adalah jenis lama dan sudah jarang ditemukan di motherboard jenis baru. Kebanyakan motherboard sudah pada menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis.

Posisi slot ini pada umumnya berdekatan dengan slot PCI, bahkan hampir sejajar. Standarnya, slot AGP dan PCI Express ini jumlah hanya satu per motherboard. Bentuknya sama-sama memanjang, karena menyesuaikan VGA Card.

7.Battery CMOS

Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar.

Dengan mencabut battery tersebut dari motherboard, itu sama saja kita mengatur ulang settingan BIOS ke pengaturan default, karena semua data yang tersimpan pada battery CMOS tersebut akan hilang. Jadi, jika kamu lupa password BIOS kamu, cabut saja battery  CMOS.

8.Power Conektor

Connector ini tidak kalah penting dari yang lainnya. Connector ini menghubungkan motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Biasanya berjumla 20-24 pin.

9.Pin Kabel Front Panel

Bentuknya seperti jarum-jarum, digunakan untuk memasang tombol power, restart, led power dan led hardisk. Untuk memasang kabel-kabel yang ukurannya sangat kecil ini, kita biasanya dibantu dengan bacaan yang ada disekitar pin front panel di setiap motheboard.

Itu tadi adalah beberapa bagian komponen motherboard yang bagi saya sangat penting untuk kamu ketahui keberadaan dan fungsinya. Bukan berarti komponen lain yang tidak saya sebutkan tidak penting, tapi karena komponen-komponen di atas inilah yang sering kita guanakan. Semoga bermanfaat.

10.Slot PCI Dan PCI Exspres x1

Slot ini digunakan untuk memasang berbagai macam peripheral tambahan. PCI Express yang disini berbeda dengan yang saya sebutkan sebelumnya, karena yang pada bagian ini bentuknya lebih kecil.

PCI Express ada dua macam, yaitu PCI Express x16 (untuk VGA Card) dan PCI Express x1 (untuk peripheral tambahan). Slot PCI ini biasanya tersedia lebih dari satu slot, karena untuk mengantisipasi banyaknya peripheral tambahan yang terpasang nantinya.

Itu saja yang dapat saya jelaskan semoga ada manfaat bagi kalian semua dari penjelasan, komponen komponen, dan fungsi motherboard computer ini.

Leave a Reply