Macam-Macam Hewan yang terancam Punah Di indonesia

Posted on

 

Di indonesia ini banyak sekali ragam jenisnya, flora dan faunanya yang begitu mempesona, kali ini saya akan membahas tentang hewan-hewan yang ada di indonesia ini. Di indonesia ini sangat banyak sekali jenis-jenis hewan yang unik dan menarik, bahkan ada hewan yang dimiliki hanya ada di indonesia, tidak ada di negara lain satupun. Tapi apakah kalian tahu, begitu banyaknya hewan di indonesia, ada hewan yang hampir kita tidak bisa menemukanya lagi, alias terancam punah. Penyebabnya hewan ini punah karena ulah dari rakyat kita sendiri, contoh pemburuan liar, penebangan tempat tinggalnya dan lain sebagainya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Macam-Macam Hewan yang terancam punah di indonesia. Berikut adalah macam-macamnya:

1.Orang utan

Orang utan adalah merupakan hewan sejenis kera yang juga termasuk hewan endemik di indonesia. Orang utan hanya bisa kita jumpai di tempat hujan tropis, seperti Kalimantan dan Sumatra. Jumlah Orang utan saat ini sangat memperihatinkan, karena banyaknya pemburuan liar, lalu di jual ke luar negeri. Atau sengaja di bunuh karena merusak kebun warga. Seharusnya kita sebagai warga indonesia harus melindungi hewan ini agar tidak punah.

2.Gajah Sumatera

Gajah identik dengan negara Thailand, karena negara tersebut berjuluk negeri gajah putih. Namun, di indonesia juga ada gajah, salah satunya yaitu Gajah sumatera. Namun, jumlah gajah ini tahun ke tahun terus berkurang karena banyaknya pemburuan untuk di ambil daging dan gading gajahnya, untuk di jual ke luar negeri. Di taman wisata Way Kambas, ada pelatihan khusus gajah di sana, serta tempat pelestarianya.

3.Komodo

 

Komodo merupakan hewan purba yang hanya ada di indonesia tercinta kita ini.  Hewan ini di percaya hidup pada zaman dinosaurus dan awalnya generasi manusia purba. Komodo seperti kadal raksasa, selalu menjulurkan lidahnya, kalian harus berhati-hati dengan air liurnya, karena sangat beracun dan berbau busuk, karena komodo suka dengan makanan yang berbau busuk. Jumlah komodo terus turun, bahkan di perkirakan 20 tahun lagi, komodo akan punah. Saat ini komodo hidup di pulaunya sendiri, yaitu Pulau komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur.

4.Badak Bercula Satu

Badak yang satu ini juga termasuk hewan yang terancam punah. Saat ini jumlahnya hanya sekitar puluhan ekor, dan saat ini di kembangbiakan di taman nasiona ujung kulon, Banten. Pemerintah saat ini selalu berupaya melestarikan hewan ini, tujuanya supaya anak turun kita dapat melihat langsung hewan ini, bukan hanya mendengarnya saja.

5.Harimau Sumatra

Hewan yang sering kita sebut dengan kucing raksasa ini juga termasuk kategori hewan yang terancam punah. Hewan yang satu ini di buru untuk di ambil daging, dan kulitnya, untuk kulitnya, digunakan untuk membuat tas, jaket, karpet dan masih banyak lagi.Saat ini pemerintah sedang berupaya melestarikanya dengan di kembangbiakan di kebun binatang yang ada di indonesia.

6.Bekantan

Bekantan atau yang sering kita sebut dengan kera hidung panjang hidup di sebagian pulau yang ada di kalimantan. Namun karena sering adanya penebangan liar, populasi bekantan pun terancam punah. Faktor utama hewan ini punah karena tidak ada tempat tinggal dan makanan bagi bekantan tersebut. Jika kita tidak melindunginya, sekitar 15-20 tahun lagi hewan ini akan punah.

7.Elang Jawa

Kalian pasti tahu lambang negara kita, ya inilah hewan yang berada di lambang kita, Elang Jawa. Karena di kepalanya itu ada seperti jambul yang mirip dengan garuda. Di balik semua itu, ternyata elang ini juga termasuk hewan yang terancam punah. Penyebab dari punahnya hewan ini adalah karena pemburuan liar dan habitatnya di rusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dulunya hewan ini sangat mudah di jumpai di indonesia. Namun, sekarang hanya di tempat-tempat tertentu kita dapat menjumpai hewan ini seperti di Hutan Gunung slamet, Gunung Kawi, Taman Nasional Gunung Gede, dan Taman nasional Muara betiri.

8.Burung Cendrawasih

 

Burung ini merupakan burung asli papua. Burung ini dapat di jumpai di papua, tepatnya di papua barat, papua nugini, dan sebagian australia. Namun, hewan yang satu ini terancam punah, karena banyaknya pemburuan liar untuk di jual, atau di jadikan hewan peliharaan. Kita sebagai warga indonesia harus berusaha melindungi hewan ini. Kalau tidak, beberapa tahun ke depan hewan ini akan punah.

9.Jalak Bali

Sudah beberapa tahun, populasi jalak bali makin lama makin menurun. Pemerintah saat ini telah melakukan penagkaran dengan 2 sistem, yaitu dengan cara alami dan buatan. Penangkaran alami di lakukan di bali dengan pengawasan khusus melalui suaka margasatwa, sedangkan yang buatan, di serahkan pada peternak burung yang di awasi oleh pemerintah.

10.Kakak Tua Raja

Burung yang sering kita nyanyika dalam lagu saat ini termasuk hewan yang terancam punah juga. Habitatnya yang asli itu ada di papua. Penyebab dari punahnya hewan ini karena pemburuan liar, perusakan habitat, maupun kondisi alam. Saat ini populasih Hewan ini hanya tinggal puluhan ekor. Itu pun hanya angka perkiraan. Sebab, diihat dari lapangan polpulasinya terus menurun.

11.Burung Merak

Hewan yang dijuluki dengan nama phoenix ini sudah lama di lindungi, yaitu pada tahun 90 an. Banyak sekali pemburu ingin menangkapnya , karena bulunya yang indah, dan harganya pun cukup mahal, lalu di jual ke luar negeri. Seharusnya kita sebagai warga indonesia harus melindungi hewan ini, bukan menangkapnya.

Masih banyak lagi hewan- hewan yang terancam punah di indonesia ini. Jadi kita sebagai warga indonesia harus berusaha melindungi hewan-hewan ini, agar anak cucu kita dapat melihat hewan ini, bukan hanya mendengarkanya saja. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Reply