Trik Menjadi Seorang Freestyle Soccer

Posted on

Macam-Macam Teknik Freestyle Soccer

Sepak bola adalah permainan yang sudah ada sejak dulu yang sangat banyak sekali penggemarnya, terutama dikalangan laki- laki. Bermain bola ternyata sudah menjadi kegemaran baik itu laki-laki maupun wanita semua menyukainya. Cara mengapresiasikan kegemarannya tersebutpun bermacam-macam, ada yang kegemarannya hanya menonton baik lewat televisi maupun secara langsung, ada yang menyalurkan kegemarannya sebagai hobi dengan bermain ke Lapangan, mengoleksi pernak-pernik bola sampai dimanapun ada pertandingan bola Tim Favorit selalu ikut menyaksikan.

Trik freestyle soccer
Trik freestyle soccer

Selain pertandingan bola, ternyata orang-orang sekarang saking senangnya pada bola sampai-sampai membuat yang namanya Freestyle Soccer atau Seni Menimang Bola. Demam Freestyle ini digemari oleh seluruh orang yang ada di Dunia ini. Freestyle Soccer adalah salah satu dari sedikit hobi yang atraksinya dapat menghibur diri sendiri dan orang lain yang melihatnya, freestyle soccer juga bisa dijadikan untuk mencari uang dari atraksinya. Permainan ini sangat sulit walaupun tidak mudah menguasai trik-trik menjadi seorang freestyle soccer berikut beberapa teknik dasar yang harus dipelajari bagi kalian yang ingin menjadi Freestyler, dan ini juga merupakan teknik dasar yang menjadi andalan para freestyler diantaranya adalah:

1.Ground Move

Pada mulanya gerakan ground move merupakan cara pesepak bola yang berguna untuk mengecoh lawan dengan menggerakan kaki disekitar bola kaki yang sedang melaju atau berhenti ditanah dengan cara memutar, kedepan, kesamping, atau kebelakang dan lain-lain. Mengontrol arah bola dengan cepat tanpa meninggalkan tanah juga menjadi salah satu triknya. Trik yang paling lazim digunakan adalah trik Step Over yang artinya Melangkahi. Cranya dengan kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian melangkahi bola dari arah dalam keluar tapi bukan dari atas. Dalam metode teknik dasar yang satu ini kecepatan kaki sangat penting sekali untuk menguasai tehknik Ground Move ini.

2.Juggling

Juggling adalah cikal-bakalnya dari gerakan seorang freestyler yang artinya seorang tidak akan bisa dikatakan seorang freestyler jika tidak bisa melakukan tehknik ini. Atraksi ini melibatkan gerakan dalam memantul-mantulkan bola bisa dengan Kaki, Paha, Tangan, Punggung, Bahu, dan lain sebagainya yang ada diseluruh tubuh. Bermula dari pesepak bola legenda yang bernama Maradona kemudian kegiatan itu menjadi suatu nilai hiburan yang dapat menghibur diri sendiri dari atraksi tersebut. Juggling harus dikuasai dengan betul-betul oleh para Freestyler, sebelumnya juggling digunakan para pesepak bola untuk melatih kontrol bola kaki kemudian para freestyler mengkreasikannya menjadi gerkan yang Atraktif dan juga menarik. Dalam latihan juggling harus memperhatikan stamina karna juggling dapat menguras stamina yang banyak, dan juggling juga harus memperhatikan kecepatan, konsentrasi, dan juga otot kaki.

3.Balancing

Tehnik ini adlah trik dalam menahan bola selama mungkin tanpa menjatuhkan bola. Trik ini bisa dilakukan dibagian Paha, Kepala, Bahu, Dada, dan juga Kaki. Trik ini sama dengan juggling pesepak bola juga biasanya berltih dengan trik ini untuk mengontrol bola, oleh para freestyler tehknik ini dikembangkan dengan menambahkan gerakan yang akrobatis. Gerakan ini berkesan Dramatis yang ditambahkan pada setiap gerakannya. Dalam latihan ini kekuatan otot dan pengertian tentang keseimbangan dan konsentrasi sangatlah penting agar dapat menguasai trik ini.

Tips-Tips Umum Mempelajari Freestyle Soccer

  • Gunakanlah bola dan sepatu dengan Standard Internasional atau Original, memang tidak murah namun itu merupakan investasi awal yang sangat berharga karena awet dan tahan lama yang juga akan membantu kita dalam meperkuat pergerakan dari trik-trik freestyle.
  • Gunakanlah sepatu sejenis sepatu Bola atau Futsal, yang memang didesain untuk bermain boa dan carilah yang permukaan sepatu yang bagian atasnya datar atau ceper supaya memudahkan anda untuk juggling.
Tips Mempelajari Upper Style
  • Belajar trik ini tidak memerlukan tempat yang khusus, yang diperlukan adalah tempat yang cukup lebar dan luas. Berlatih upper bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja misalnya di Lapangan, Rumah, Sekolah, Kantor, dan lain-lain. Sehingga kita bisa mengisi waktu luang anda kapan saja dan dimana saja untuk berlatih upper
  • Untuk freestyler baru berlatihlah dari trik headstall terlebih dahulu, untuk pertama kali memang sulit dalam mempelajari trik ini karena membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan tubuh. Lakukanlah menggunakan tangan terlebih dahulu, setelah mahir baru pindah menggunakan kaki. Semakin sering dicoba dan mencoba maka akan semakin mudah dan mahir.
  • Jika telah mahir dan mengerti tentang konsep headstall, selanjutnya akan lebih mudah dalam mempelajari trik-trik upper lainnya. Cukup dengan mencobanya berulang-ulang dan terus menerus secara konsisten.
Tips Mempelajari Lower/Airmoves Style
  • Untuk pemula, belatihlah dari teknik dasar terlebih dahulu, yaitu tehknik juggling. Usahakan kedua kaki kita dapat menguasai bola. Cobalah dengan juggling dengan satu kaki terlebih dahulu dengan kaki kanan saja kemudian kaji kiri saja secara terus menerus sampai terbiasa, baru setelah itu menggunakan kedua kaki.
  • Cobalah anda berlatih juggling minimal 1 jam dalam sehari selama sebulan, jika sudah mahir baru kemudian belajar trik;trik yang lain.
  • Refleks tubuh sangat penting untuk melakukan trik-trik freestle trutama Airmoves Style, kita bisa melatih refleks tubuh kita terutama dibagian kaki dengan cara melakukan gerakan freestyle tampa menggunakan bola. Lakukanlah terus-menerus walaupun terlihat aneh, namun trik ini sangat berguna nantinya.
  • Gunakanlah Power Ankle dikedua pergelangan kaki dan lakukanlah gerakan-gerakan freestyle tanpa bola, itu akan menambah kekuatan kaki kita. Contoh jika kita ingin melakukan gerakan ATW, gunakanlah power ankle tanpa menggunakan bola. Lakukanlah berulang kali, maka kaki kita akan menjadi lebih kuat dan terbiasa dalam melakukan ATW.

    Trik freestyle soccer
    Trik freestyle soccer

Tanamkanlah motivasi kalian yang kuat pada diri kalian selama berlatih freestyle soccer. Motivasi yang kuat akan membuat bersemngat untuk memperdalam ilmu freestyle soccer, faktor utama yang dapat menambah motivasi kita adlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari freestyle soccer itu sendiri. Jika kalian sudah menjadi freestyler yang hebat maka akan banyak tawaran perform yang akan datang dan silih berganti, kalian akan mendapatkan uang, dan tubuh kalian akan menjadi sehat dan bugar.

Itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat yang kita dapatkan apabia kita persungguh dan mau berusaha, semoga bermanfaat untuk kalian

Leave a Reply