makanan yang harus dimasak sebelum dimakan

Inilah, Makanan Yang Tidak Baik Di Makan Dengan Mentah – Mentah

Posted on

Ada bayak sekali makanan yang menyehatkan apabila di konsumsi secara mentah – mentah, namun perlu anda ketahui ternyata ada juga makanan  yang tidak baik apabila dikonsumsi secara mentah – mentah. Sepintas anda menganggap atau membayangkan sayur kubis atau brukoli misalnya yang cukup baik dan enak bila dikonsumsi secara mentah. Namun ternyata juga terdapat makanan yang tidak baik bila dikonsumsi secara mentah – mentah atau secara tidak dimasak terlebih dahulu. Pada dasarnya setiap jenis  makanan yang ada, itu memiliki kandungan vitamin atau zat – zat yang berbeda – beda. Bahkan juga ada makanan yang mengandung racu atau zat – zat berbahaya jika dikonsumsi.

Maka dari ada harus mengetahui mana saja makanan yang baik bila dikonsumsi dan mana saja makanan yang beracu bila dikonsumsi. Tidak hanya itu anda juga harus mengetahui makanan – makana yag tida baik bila dikonsumsi dengan cara mentah – mentah. Berikut adalah beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi atau dimakan secara mentah – mentah dan sebaiknya dimasak terlebih dahulu.

  1. Buncis

Sebaiknya anda jangan mengkonsumsi atau memakan buncis secara mentah – mentah, karna di dalamnya terdapat cyanogenic glycoside yang merupakan asam amino beracun. Untuk menghilangkan zat beracun tersebut, buncis harus dimasak  atau direbus terlebih dahulu.

  1. Terong

    makanan yang harus di masak sebelum di makan
    makanan yang tidak baik di konsumsi secara mentah

Perlu anda ketahui, bahwa terong tidak baik apabila dikonsumsi secara mentah – mentah atau tampa dimasak terlebih dahulu. Hal itu dikarnakan kandungan solanin yang terdapat pada terong, bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Sehingga untuk menetralisir atau menghilangkan kandungan berbahaya pada terong, terong sebaiknya  dimasak terlebih dahulu. Sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh anda.

  1. Kentang

    makanan
    makanan yang harus di masak sebelum dimakan

Meski kentang mengandung banyak nutrisi, namun anda jangan pernah mengkonsumsi kentang secara mentah – mentah. Mengapa demikian?, karna di dalam kentang terdapat zat beracun yang bernama chaconine yang dapat membunuh anda dan juga masih mengandung solanin, yang tentunya tidak baik bagi bagi tubuh anda. Bahkan bila kentang yang terdapat warna hijau, maka tidak salah lagi itulah solanin yang semakin tampak secara jelas. Oleh sebab itu, sebelum anda mengkonsumi kentang, hendaknya anda memasaknya terlebih dahulu, Karna itu akan menjadikan lebih bermanfaat untuk kesehatan anda.

  1. Ayam

    makanan yang berbahaya bila dimakan mentah

Mungkin kebanyakan dari kita sering membeli ayam untuk di jadika lauk pauk atau olahan lainya. Namun perlu anda kethui, di dalam mengkonsumsi ayam, sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya secara mentah – mentah, sehingga anda memasaknya terlebih dahulu. Hal itu dikarnakan, daging ayam di penuhi oleh bakteri yang harus anda hilangkan terlebih dahuli sebelum dikonsumsi. Apabila anda mengkonsumsinya secara mentah – mentah maka itu hany akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh anda. Paling tidak anda harus mengolah ayam itu dengan suhu sekitat 165 derajat, agar dapat mematikan bakteri yang terkandung dalam daging ayam, sehingga dapat memenui kebutuhan gizi anda.

  1. Bagian Buah apel

Mungkin kebanyakan dari kita semua menyukai buah apel, karna rasanya yang lezat. Namun anda perlu memahami, bahwa tidak semua bagian buah apel baik untuk dimakan atau di konsumsi. Bagian yang tidak baik untuk dimakan yaitu pada bagian dalam buah apel yang dekat dengan biji, dan memiliki strektur lebih lembut, karna mengandung amygdalin yang tidak baik untuk kesehatan. Maka ketika anda memakan bua apel hendaknya anda membuang bagian tersebut jangan sampai memakanya.

  1. Bagian Dari Buah Pir

Yang mana pada bagian buah ini sama seperti yang telah di sebutkan di atas, baha bagian dalam buah pir yang dekat dengan biji mengandung amygdalin, yang tidak baik untuk tubuh.

  1. Kacang Merah

Hal demikian juga harus nda pahami, bahwa mengkonsumsi kacang merah secara mentah dapat menjadikan anda keracunan. Demikian karna apabila kandungan lektin yang terdapat dalam kacang merah masuk kedalam tubuh, maka akan menimbulkan rasa mual. Sehingga anda dapat mewaspadai dalam mengkonsumsi kacang merah agar selalu memasaknya terlebih dahulu dengan mengunakan cara yang baik dan benar. Sehingga tidak menimbulkan keracunan di dalam tubuh, dan dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Beberapa makanan di atas itulah yang perlu anda ketahui agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya gabi tubuh seandainya tidak dimadak. Disamping terdapat makanan yang tidak baik di makan secara mentah – mentah namun ternyata juga ada makana yang baik dan lebih sehat apabila dikonsumsi secara mentah – mentah atau tampa dimasak.

Berikut adalah beberapa makanan yang lebih sehat apabila dikonsumsi secara mentah – mentah.

  1. Brokoli

Dari hasil penelitian yang telah dijelaskan pada food chemistry dan jurnal of Agricultural, bahwa kebanyakan orang yang mengkonsumsi brokoli secara mentah – mentah, mereka dapat menyerap lebih cepat kandungan sulforaphane dalam jumlah yang tinggi dari brokoli tersebut. Sehingg hal demikian lebih baik di bandingkan dengan orang yang memasaknya terlebih dahulu, kemudian baru mengkonsumsinya.

  1. Kacang – Kacangan

Pernahkah anda mengkonsumsi kacang, seperti kacang panjang, almond, dan pecan secara mentah ?, kacang – kacanga tersebut merupakan makanan yang memiliki sumber lemak sehat, Sehingg mampu menyeimbangkan dalam program diet anda, selain itu didalamya juga mengandung zt besi, magnesium, dan lain – lain. Sehingga lebih baik anda mengkonsumsinya secara mentah agar mendapatkan nilai gizi secara maksimal.

  1. Bawang Bombay

Senyawa yang terkandund dalam bawang bombay, yang disebut dengan allicin ini memiliki kasiat  untuk mencegah kangker, meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Buah Bit

Kndungan buah bit yang terkenal dengan serat yang cukup tinggi , vitamin B, C, dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bila anda mengkonsumsinya secara mentah anda akan mendapatkan nilai gizi yang maksimal.

Leave a Reply