Penyebab Tampilan Monitor Burem

Posted on

Pada saat proses booting computer, tombol power yang terdapat pada monitor susah di tekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala. Jika masalah monitor tidak menyala, maka prosuder yang di lakukan adalah sebagai berikut :

1.Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON

2.Jika lampu indicator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang kearah outlet listrik.

3.Apabila tetap tidak menyala, gantilah dngen power yang lain.

  • Ukuran Tampilan Tidak Sesuai Dengan Keinginan

Masalah lainnya yang isa terjadi pada monitor adalah ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan. Terdapat font, ikon, menu, dan semua tampilan pada monitor yang terlalu besar atau malah nambah kecil. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Lalukan klik kanan di sembarang tempat di deskkop. Keudian akan muncul beberapa menu dan pilihan propertias.
  2. Kemudian piilihlah tab setting. Ubahlah resolusi sesuai dengan keinginan dengan memperbesar atau memperrkecil nilai yang ada di kotak screen area, kemudia klik ok. Dalam mngeset rosulusi, yang harus di perhatikan adalah kompatibilitas rosulusi yng di dukung oleh VGA Card dan monitor yang di mliki.
  • Tampilan Monitor Tampak Buram

Masalah lainnya adalah tampilan pada monitor tampak buram dan kontras warna tidak bisa diatur secara maksimal. Hal itu cukup mengganggu meskipun secara umum computer bbekerja dengan baik dan tidak bnyak ganggu.

Permasalahan ini sering terjadi pada monitor yang berusia lebih dari  3 tahun. Untuk mengatasinya permasalahan tersebut karena berhubungan dengan komponen komponen elektronik dalam monitor maka akan lebih baik jika harus berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

Monitor dalam pemakaian lama akan mengalami pergeseran warna alami menjadi keiru biruan,, kemerahan, kekuning kuningan, atau kehijau hijauan.apabila ada setelan noomor muncul warna warna tidak alami kemunginan besar sumber masalah nya adalah pada siskuit driver video yang berada di dalam computer.

Apabila warna monitor yang berganti sendiri ketika monitor di nyalakan dlam jangka waktuu lama besar kemungkinan di akibatkan pada siskuit video amplifier. Untuk memperbaikinya harus membuka casing nya, lalu mengencangkan sambungan natra video amplifier dengan board raster.

  • Monitor Seperti Berkedip Kedip Saat Digunakan

Pada saat computer sedang aktif di gunakan, monitor berkedip kedip. Kemugkinan yang pertama adalah disebab kan karena ada masalah dengan layar yang terlalu rendah. Refresh rate merupakan kemungkinan maksimal yang di lakukan monitor untuk menampilkan frame dalam satu detik.

Pengaturan refresh rate yang tepat akan memberi kenyamanan pada mata yang di gunakannya. Monitor memiliki refresh rate kecil akan membuat monitor seperti bergerak gerak dan tidak stabil seperti biasa nya.

Untuk mengatur refresh rate, gunakan menu Display porperties. Pada tab tersebut akan menampilkan pilihan refresh rate yang di inginkan. Cobalah beberapa refresh rate tersebut untuk mendapatkan pilihan yng terbaik bagi monitor..

  • Bercetak Kebiru Biruan Pada Sudut Monitor

Pada salah satu beberapa sudut monitor, akan muncul becetak tidak berwarna atau berwarna kebiru biruan yyag cukup mengganggu penampilan. Masalah ini sering di sebabkan karea ada medan magnet yang di hasilkan dari beberapa piranti elektronik tersebut. Untuk menghilang kan cobalha untuk memakai fitur degaussing yang ada pada menu control monitor. Atau dngan menggunakan magnet yang ada di dekatkan di sudut sudut monitor supaya warna kembali normal.

Berikut penyebab dan cara memperbaiki monitor tidak menyala tetapi CPU yang menyala, mungkin salah satu nya di antara bisa membantu anda :

  1. Uji monitor Anda. Sebelum Anda mulai mengatasi masalah yang rumit dan menghabiskan banyak waktu, cek semua kabel koneksi PC ke monitor, pastikan monitor Anda tidak bermasalah. Sangat mungkin jika masalah anda hanya terletak di monitor.
  2. Cobalah untuk menekan tombol reset. atau pastikan semuanya dimulai dari awal menyalakan komputer.
  3. Dengan asumsi Anda cukup beruntung untuk mendengar bunyi kode beep, Anda dapat mengetahui pusat permasalahan komputer anda. Sebuah kode beep akan memberi tahu dengan persis di mana penyebab komputer Anda mati. Pilih panduan kode beep di bawah ini berdasarkan produsen BIOS motherboard Anda.
  4. Lakukan reset pada CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard Anda akan mengembalikan pengaturan BIOS awal mereka. Sebuah kesalahan konfigurasi pada BIOS bisa menjadi penyebab PC Anda tidak akan menyala lama. Untuk PC anda dapat melepas baterai berbentuk bulat yang ada pada motherboard lalu memasangnya kembali setelah beberapa saat.

    Penting: Jika mereset CMOS menyelesaikan masalah Anda, pastikan Anda mengetes lagi setiap merubah satu pengaturan BIOS, jadi jika masalah datang kembali, Anda akan tahu perubahan mana yang menyebabkan masalah Anda.

  5. Pastikan bahwa switch tegangan power supply diatur dengan benar. Jika tegangan input untuk power supply tidak sesuai dengan pengaturan di negara Anda, komputer Anda mungkin hanya akan menyala sebentar.
  6. Cabut semua kabel dan hardware dalam PC anda lalu pasang kembali. Ada kemungkinan koneksi / kabel sebuah hardware telah longgar. Cabut dan pasang kembali hal hal seperti kabel power, kabel data, memori, expansion cards (VGA, sound card, dll), kabel keyboard dan mouse, dan lain sebagainya.
  7. Jika solusi diatas masih tidak membuahkan hasil, lepaskan lalu pasang kembali CPU hanya jika Anda menduga mungkin telah longgar atau mungkin belum dipasang dengan benar..
  8. Periksa penyebab korsleting listrik di dalam komputer Anda. Ada kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebab masalah komputer Anda. Hanya karena komputer Anda menyala beberapa saat belum berarti bahwa power supply di komputer Anda sudah bekerja dengan baik. Dalam pengalaman saya, power supply cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sangat sering menjadi penyebab komputer bermasalah. Cobalah cek dengan menggantinya menggunakan power supply dari komputer lain.
  9. Nyalakan PC Anda dengan hardware yang paling penting saja. Tujuan di sini adalah untuk sementara melepaskan hardware sebanyak mungkin namun mempertahankan kemampuan komputer agar tetap menyala.

Itu lah manfaat dari kami, sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • penyebab monitor tampak buram
  • cara memperbaiki komputer bur
  • cara memperbaiki layar komouter yang buram
  • cara perbaiki monitor pc buram
  • kenapa layar komputer buram
  • monitor komputer buram

Leave a Reply