Manfaat Berjemur Matahari Di Pagi Hari

Posted on

 

Sinar matahari merupakan sumber yang dibutuhkan bumi untuk menjaga agar bumi tetap hangat serta dapat mencegah bumi ini dari kebekuan. Dan juga selain bisa menjaga bumi agar tetap hangat matahari ini juga diperlukan semua makhluk yang tinggal di bumi ini. Karena kalo tidak ada matahari tidak ada satu pun manusia yang hidup tanpa matahari karena itulah matahari sangat di perlukan. Selain manusia masih ada lagi yang harus memerlukan matahari seperti tumbuhan,hewan, bahkan mikroorganisme hidup yang sangat kecil. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari tujuannya agar bisa melakukan proses fotosintesis untuk memproduksi satu-satunya sumber makanan bagi hewan dan manusia. Tapi adakah manfaat matahari bagi manusia secara langsung? Memang  manusia tidak melakukan fotosintesis seperti hewan. Tapi jangan salah walupun kita tidak seperti tumbuhan kita juga perlu memerlukan matahari tujuannya agar kita bisa tetap dalam keadaan sehat dan baik.

Karena di zaman saat ini kesehatan bisa dikatakan mahal, maka banyak sekali orang  yang mengatakan seperti ini lebih baik mencegah dari pada mengobati. Oleh sebab itulah kita sekarang harus benar-benar pandai untuk bisa mengatur dan mengambil kesempatan saat ini untuk bisa memanfaatkan hal-hal yang dapat menuju ke kesehatan kita. Salah satunya adalah matahari. Karena sebenarnya matahari banyak sekali kita bisa manfaatkan seperti menjemur pakaian ,untuk terapi kesehatan, berfotosintesis dan bisa melakukan berjemur tubuh kita diwaktu pagi agar tetap sehat. Karena berjemur di pagi hari bisa merasakan hangatnya sinar matahari karena ini adalah suatu kenikmatan tersendiri yang mungkin sulit kita dapatkan oleh orang-orang  yang memiliki kesibukan kerja yang sangat luar biasa.

Jika kalian termasuk orang yang sibuk mungkin kalian bisa berfikir dua kali untuk melewatkan kenikmatan yang telah di berikan kepada kita seperti matahari inilah yang bisa kita syukuri saat ini. Mungkin saat ini sudah dikenal banyak orang tentang manfaat sinar matahari diwaktu pagi yang mampu memproduksi vitamin D pada tubuh, namun kenyataannya sebenarnya masih banyak lagi manfaat sinar matahari di pagi hari bagi kesehatan tubuh kita yang mungkin kalian belum mengetahuinya. Berikut ini saya akan memberikan manfaat ketika berjemur diwaktu pagi.

Manfaat Ketika Berjemur Di Pagi Hari

1. Membuat Kulit Bisa Lebih Sehat

Kulit pun juga harus memerlukan vitamin D. Maka kulit kalo sering terkena sinar matahari maka kulit akan bisa lebih sehat. Yang perlu kalian ketahui tidak semua sinar matahari itu baik karena sinar matahari itu ada batas-batasnya. Waktu yang masih termasuk didalam matahari pagi. Matahari yang memiliki manfaat kesehatan hanya terdapat pada waktu dibawah jam 10, kalo di atas jam 10 jangan anda coba-coba untuk berjemur. Karena bukan hanya kesehatan lagi yang anda dapatkan akan tetapi sinar matahari siang menyebabkan kulit kita bisa rusak maka kita perlu ketahui.

2. Kekebalan Tubuh Bisa Meningkat

Ketika kulit kita terkena sinar matahari pagi, maka penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang tujuannya untuk bisa menyerang penyakit. Secara tidak langsung, antibodipun akan ikut meningkat. Kondisi seperti inilah yang akan bertahan selama 3 minggu . Menurut penelitian bahwa berjemur di pagi hari sekitar 10 menit di bawah sinar matahari pagi satu atau dua kali dalam seminggu maka dapat mengurangi resiko terkena flu hingga30-40%.

Maka seringlah berjemur dipagi hari karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh meningkat maka stamina dalam tubuh pun meningkat dan tubuh kita tidak akan mudah terena penyakit.

3. Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Biasanya anak yang masih bayi sering dikenakan sinar matahari. Karena sejak zaman nenek moyang dahulu memang sinar matahari pagi baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi. Sebab itulah ibu-ibu zaman sekarang  percaya yang telah dilakukan nenek moyang mereka bahwa sinar matahari pagi baik untuk membantu pertumbuhan pada anak, perkembangan serta tinggi tubuh pada anak, terutama pada bayi tersebut, bayi yang akan dapat bertambah pertumbuhannya apabila memperoleh terapan cahaya sinar matahari yang cukup.

Riset juga telah menunjukan bahwa seberapa kerap seorang bayi untuk memperoleh cahaya matahari pagi untuk memastikan perkembangan tinggi tubuh anak bayi tesebut.

4. Melancarkan Aliran Darah

Tak hanya kulit yang dapat merasakan manfaat dari sinar matahari pagi. Salah satu manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika berjemur di bawah hangatnya sinar matahari pagi adalah peredaran darah anda semua bisa menjadi lebih lancar. Ketika tubuh kalian mendapatkan terpaan sinar matahari pagi, pembulu darah anda semua akan melebar.

Hal ini tentu membantu darah yang diedarkan keseluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Manfaat ini akan sangat bagus apabila kita berjemur sambil melakukan beberapa macam gerakan seperti senam, jogging, jalan kaki dan yang lainnya. Untuk itu cobalah untuk meluangkan waktunya anda minimal satu kali dalam seminggu untuk bisa melakukan ini dan buktikan sendiri manfaatnya.

5. Membantu Membunuh Bakteri Didalam Tubuh

Berjemur di waktu pagi hari juga tidak hanya dapat meyehatkan tubuh, akan tetapi juga dapat membantu tubuh kita untuk melakukan proses detoksifkasi racun-racun yang telah mengedap di dalam tubuh kita. Karena apa bakteri sangat tidak suka dengan panas, oleh karena itulah dengan adanya panas Sinar matahari yang ada pada jam 8-10 ini memiliki kegunaan untuk membunuh bakteri , karena panas pada jam-jam seperti itulah mempunyai kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita terutama untuk kesehatan tulang.

Selain itu juga udara yang bersih serta kaya oksigen yang bisa anda dapati waktu pagi adalah dapat membuat paru-paru kita akan menjadi lebih sehat. Untuk itulah cobalah sambil melakukan gerakan olahraga yang ringan sambil berjemur di pagi hari. Dengan begitu tentunya  kalian semua akan terhindar dari serangan-serangan dari berbagai macam jenis penyakit yang di sebabkan oleh berbagai zat racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Maka paling tidak lakukan seperti ini selama 2 hari sekali, agar kesehatan tubuh anda semua ketika beraktivitas akan mudah dan terasa akan lebih sehat.

Leave a Reply