buah-nangka-menghilangkan-racun
buah-nangka-menghilangkan-racun

11 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Selamat siang teman-teman semua, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang apa saja khasiat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita? Kami akan menguraikan/menjelaskan sedikit khasiatnya. kalau tentang rasa, siapa yang tidak suka dengan buah nangka ini. iya kan? Pasti semua pada suka dengan buah nangka. Rasanya yang manis dan kenyal renyah gimana gitu.

Pohon Nangka ini termasuk (Artocarpus heterophyllus) atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan Jackfruit adalah sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae.

Pohon nangka ini umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, dan ada pohon nangka yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, pohon nangka ini sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya yang padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat yang terbuka. Seluruh bagian tumbuhan ini akan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai oleh musuhnya.

Tumbuhan nangka ini berumah satu (monoecious), perbungaan yang muncul pada ketiak daun dan pada pucuk yang pendek dan khusus, yang biasanya tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, yang berukuran 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang berada jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari yang kekuningan dan berbau harum samar apabila sudah masak. Bunga nangka ini disebut babal. Setelah melewati umur masaknya/berbuah, babal ini akan membusuk dan akan (ditumbuhi kapang) yang menghitam semasa masih di pohon nangka, dan sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal nya atau berpasangan, lonjong atau silindris ,yang berwarna hijau tua.

manfaat buah nangka
manfaat buah nangka

Langsung saja kedalam topic pembicaraan artikel kali ini yaitu Berikut ini adalah 11 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan tubuh kita yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsinya. Selamat membaca ya.

Manfat Buah Nangka bagi Kesehatan Tubuh Kita

1.Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Tahukah anda bahwa , nutrisi yang terkandung pada  buah nangka mampu mencegah kemungkinan terkena penyakit jantung. dan buah nangka ini memiliki kandungan Kalium dalam nangka efektif dan dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena buah nangka ini bisa menurunkan tekanan darah.

2.Dapat Mencegah Anemia

Buah nangka ini selain dapat mengurangi terkenanya penyakit jantung, buah nangka ini juga mengngandung zat besi yang mampu mencegah anemia serta dapat juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh kita.

3.Dapat mengobati Penyakit Asma

Selain dua manfaat di atas, buah nangka ini juga bisa dijadikan sebagai obat-obat an herbal. Caranya yaitu, direbus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol penyakit asma.

4.Dapat Menjaga Kesehatan Tiroid

Tubuh kita ini banyak memiliki kelenjar, salah satu kelenjar yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh yaitu kelenjar tiroid. Dengan buah nangka ini, terutama kandungan mineral mikro dan tembaga yang ada dalam buah nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik sekali untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

5.Dapat  Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium pada buah nangka ini berfungsi sebagai nutrisi yang dapat memperkuat tulang dan dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis.

6.Sumber Vitamin C dan A

Kandungan yang terdapat dalam buah nangka adalah vitamin C dan A pada nangka, sangat berguna untuuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah nangka juga mengandung anti-oksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita serta bisa melindungi tubuh terhadap bakteri dan infeksi virus.

manfaat-mengagumkan-dari-buah-nangka
manfaat-mengagumkan-dari-buah-nangka

7.Anti Kanker dan Penuaan Dini

Selain beberapa nutrisi di atas, buah nangka juga megnandung phyto-nutrisi dan vitamin C, dimana nutrisi tersebut dapat menjauhkan kita dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif. Selain itu, buah nangka ini memiliki kandungan fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang mempunyai sifat anti-penuaan dananti-kanker. Fitonutrien juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh kita.

8.Dapat menjadikan Sumber Energi

Buah Nangka juga merupakan sumber energi alami serta tidan yang mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sangat baik bagi kita jika mengkonsumsinya. Kandungan tersebut ialah gula alami seperti sukrosa dan fruktosa.

9.Sebagai Obat Borok dan Gangguan Pencernaan

Buah ini juga mengandung serat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menyehatkan pencernaan, dan mengatasi sembelit dan memperlancar gerakan usus.

10.Sebagai Kesehatan Kulit dan Mata

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah nangka juga mengandung vitamin A dan C, sehingga sangat baik bagi kesehatan mata, dan kulit kita. Buah Nangka juga dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan pada mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

11.Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Buah nangka ini memiliki kandungan kalium pada buah nangka juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu untuk menjaga kesehatan jantung seperti yang sudah saya sebutkan di atas, buah nangka juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

Bagaimana dengan manfaat buah nangka ? Pasti jadi tertarik dengan buah nangka untuk makan buah nangka bukan? Tapi kalaumakan jangan terlalu berlebihan ya. Karena semua yang berlebihan akan mengakibatkan tidak baik. Itulah 11 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan tubuh kita yang bisa kita peroleh. Dmikian artikel kali ini dari saya tentang 11 Manfaat Buah Nangka Bagi kesehatan Tubuh kita jangan lupa di like dan di share yaa.

Leave a Reply