tips menghilangkan stres
cara menghilangkan stres

Wajib Tau, Stres Menurut Pandangan Islam

Posted on

Di dunia ini banyak sekali rutinitas yang kita kerjakan setiap harinya, mulai dari bangun tidur, sampai tidur lagi. Tidak dapat di pungkiri bahwa kita sangat sibuk sekali dalam urusan mencari harta dunia, padahal hakikinya harta dunia adalah kesenanggan yang sedikit bahkan dapat di katakana kesenanggan yang menipu. Namun kebanyakan orang malah terlalaikan untuk menyadarinya. Karena sesuatu yang terlihat akan lebih di pilih dari pada sesuatu yang tak terlihat.

Padahal sebenarnya sesuatu yang terlihat kebanyakan adalah kesenangan yang sifatnya tidak kekal dan mudah sekali hilang, karena sifatnya yang tidak kekal, maka dapat di simpulkan bahwa kesenangan di dunia adalah kesenanggan yang menipu. Kita tau bahwa dalam sehari kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengejar kesenanggan dunia yang pada akhirnya, hanya akan menimbulkan rasa menyesal apabila mengejarnya dengan keterlaluan.

Seolah-olah dunia kerja dan bisnis selalu mengejar kita dari belakang, Dan terlepas dari semua itu, kita malah mendapatkan beban fikiran, karena terlalu sibuk dengan urusan duniawi sampai lupa bahwa tubuh dan fikiran kita juga butuh hak untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Bahkan dalam kasus tertentu kita akan mendapatkan respon buruk dari tubuh dan fikiran kita jika kita lupa mengistirahatkan mereka, seperti stres.

Stres sendiri adalah suatu beban fikiran yang mana menguasai diri kita. Hal ini wajar terjadi karena setiap manusia pasti pernah mengalaminya, dalam pandangan islam stres adalah suatu cobaan yang di berikan pada seorang hamba, yang mana bila hamba tersebut sabar dan ikhlas dalam menghadapinya , maka akan di tingkatkan derajatnya.

Namu perlu juga kita ketahui, bahwa stres juga bisa terjadi karena sebuah azab yang di berikan ke pada kita olehNya. Stres yang satu ini dapat di katakana stres yang melampaui batas. Berarti jika di simpulkan stres adalah cobaan yang di berikanNya, karena sebuah alasan tertentu yaitu sebagai peringatan atau bisa juga sebagai peningkat drajat.

Solusi terbaik untuk menghilangkan stres menurut pandangan islam adalah mengembalikan segala urusan ke padaNya, karena dialah solusi terbaik atas segala sesuatu.

Secara islamiyah stres yang sebenarnya adalah stress yang bersumber dari rasa cinta kita yang teramat sangat pada kehidupan duniawi. Padahal angan-angan atau harapan-harapan di dunia ini hanyalah sekedar hayalan semata, karena belum tentu bisa dicapai dan al hasil juga tidak akan kekal selama-lamanya, maka dari itu kita harus mencoba untuk selalu ingat padaNya agar kita tidak mudah terjerumus dengan urusan duniawi. Jadi kita perlu cara menghilangkan stres menurut pandangan islam.

Di sini saya akan memberikan solusi bagaimana cara menghilangkan stres menurut pandangan islam. Oke langsung saja simak solusinya di bawah ini.

cara menghilangkan rasa stres menurut islam

  • Perlunya meluruskan niat

Niat, adalah sesuatu perbuatan yang paling awal sebelum kita melakukan segala sesuatu, karena niat adalah kunci, apakah kita akan ikhlas atas sesuatu yang akan terjadi nanti. Kenapa saya mengatakan ikhlas, karena segala sesuat yang akan kita lakukan hakikinya, belum tentu akan sesuai dengan harapan kita, maka dari itu kita perlu yang namanya ikhlas. Dan cara menata niat sendiri adalah dengan hati, karena niat adalah pekerjaan hati. Yang mana tidak dapat di kerjakan oleh anggota tubuh lainya.

  • Coba berwudhu

Tentunya kita tau bahwa berwudhu dapat menghilangkan najis, memberikan kesucian, serta menghilangkan dosa. Dengan cara berwudu hendaknya kita dapat merefleksikan fikiran kita agar kita dapat selalu ingat pada Allah SWT

  • Laksanakan Sholat

Mungkin saja stres yang kita alami, juga dapat bersumber dari dosa kita, maka salah satu cara yaitu dengan mengerjakan sholat. arena sholat dapat menghilangkan dosa-dosa kecil, di gambarkan orang yang mengerjakan sholat 5 waktu itu seperti orang yang mandi 5 kali dalam sehari. Maksudnya tentu saja kiata akan bersih, bersih darikotoran. Sama halnya dengan sholat, jika mengerjakan sholat 5 waktu maka kita akan di bersihkan dari dosa-dosa kecil yang kita miliki. Maka dari itu marilah kita mengerjakan sholat 5 waktu atau lebih baik lagi bila di tambah mengerjakn sholat sunnah.

  • Membaca Al Qur’an

Membaca al qur’an adalah salah satu media yang penting, karena al qur’an adalah salah satu kunci kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, Namun akan lebih baik lagi bila kita juga berusaha memahami ayat-demi ayat yang kit abaca agar kita lebih tau apa sih isi al qur’an itu.

  • Berdoa

Berdoa, karena segala sesuatu akan kembali pada Allah SWT, maka kita juga harus senantiasa berdoa kepadanya, untuk meminta jalan terbaik untuk menghadapi segala masalah yang kita miliki, karena dengan berdoa juga dapat membuktikan bahwa seorang hamba tersebut sombong atau tidak. Bila kita tidak berdoa maka kita akan masuk dalam katagori hamba yang sombong, karena tidak mau memita atau berdoa kepadaNya. Maka hendaknya kita merutinkan berdoa.

  • Takaruf illaullah ( mendekatkan diri pada Allah )

Kenapa takaruf illaullah, karena mendekatkan diri pada Allah adalah sesuatu yang sangat penting. Dengan dekatnya kita dengan Allah maka segala beban yang ada akan senantiasa ringan karena kita tau bahwa Allah selalu menyertai hambanya di setiap kesulitan yang di alami hambanya. Maka dari itu, marilah kita melakukan takaruf illaullah.

  • Pantang menyerah

Ini adalah salah satu cara yaitu kita tidak boleh pantang menyerah, karena Allh SWT tak akan memberikan cobaan melebihi  kemampuan hambaNya.

  • Selau bertawakal

Selalu bertawakal adalah salah satu jalan yang penting, karena dalam hatinya orang yang bertawakal adalah tidak cemas. Tidak cemas karena Allah selalu menyertainya, dan efekya adalah orang tersebut merasa tenang dan tidak mudah terkena stress.

  • Selau memohon ampun

Pastinya ketika seseorang memiliki salah adalah meminta maaf, maka sama halnya dengan memohon ampun, bila kita merasa memiliki dosa maka memohon ampun adalah jalan terbaik, karena dapat juga melegakan stress yang kita alami, karena kita seakan-akan sudah merasa tenang karena telah meminta ampun akan dosa-dosa yang kita perbuat.

Subhanallah, sugguh besar sekali kuasa Allah karena segala sesuatu pasti akan kembali pada Allah, seperti artikel di atas, Allah memberikan rasa stress kepada kita, maka kembalinya pun juga kepada Allah, dengan beberapa cara di atas seperti selalu ingat pada Allah, dengan begitu maka insya Allah kesulitan kita akn di cabut dan di ringankan oleh Allah SWT. Semoga artkel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply