Macam-Macam Jamur yang Menguntungkan dan Merugikan

Posted on

 

Kita semua pasti tahu apa itu jamur?, jamur di sebagian kalangan orang mengatakan tumbuhan yang menjijikan, namun jamur ini baik untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Namun, jamur ada yang boleh di makan, dan ada juga yang tidak boleh di makan, sebab ada jamur yang memiliki racun. Kali ini saya akan menjelaskan tentang  Macam-Macam Jamur yang menguntungkan dan yang merugikan:

Jamur Yang menguntungkan:

1.Jamur Tiram

Jamur ini merupakan jamur yang paling populer di indonesia.Biasanya jamur ini di gunakan sebagai campuran makanan tertentu, jamur tiram ini mempunyai cangkang yang cukup khas, dan bagi yang ingin membudidayakanya cukup mudah, karena rasanya cukup lezat, bisa di gunakan sebagai bahan makanan, dan dapat sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan.

2.Jamur  Kuping

Selain jamur tiram, di indonesia juga terkenal yaitu Jamur kuping, cara mendapatkanya cukup mudah, karena masih banyak tumbuh di indonesia ini. Jamur kuping ini mempunyai kandungan vitamin, protein, yang cukup tinggi.  Biasanya jamur ini di jadikan campuran masakan tertentu, selain itu, jamur ini dapat obat , berupa obat jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan anti pengentalan darah.

3.Jamur Merang

Jamur juga mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh kita, berupa karbohidrat, mineral, protein dan zat antibiotik. Jamur ini dapat mencegah penyakit kangker, dan jamur ini dapat melindungi jantung anda agar tidak terkena penyakit jantung.

4.Jamur linzigh

Bentuk dari jamur ini adalah menyerupain kipas, dan di percaya jamur ini memiliki manfaat yang luar biasa. Jamur ini biasanya di buat obat dalam bentuk kapsul. Manfaat dari jamur ini diantaranya adalah menjaga daya tahan tubuh agar tidak lemas, meningkatkan kebugara, dan sebagainya.

5.Jamur Maitake

Kalian pasti aneh mendengar namanya, bentuk jamur ini adalah seperti jengger ayam. Para peneliti telah mengatakan bahwa jamur ini mempunyai kandungan yang dapat mencegah HIV Aids, dan juga dapat mencegah kangker.

6.Jamur Kancing

Selanjutnya yaitu jamur kancing, Jamur salah satu ini cukup banyak peminatnya, karena dapat di olah sebagai makanan yang lezat, selain itu mendapatkanya cukuo mudah, di pasar pun masih banyak. Bila anda ingin memasak suatu masakan, gunakanlah jamur iini sebagai bahanya.

Berikut adalah Jamur yang merugikan:

1.Jamur Pnemounia

Jamur ini dapat membuat/ memberikan penyakit pada manusia, yaitu berupa penyakit pnemounia pada paru-paru manusia, di indonesia pun jamur ini cukup banyak, jadi kita harus pandai memilih jamur, jangan sampai kita memakan jamur ini.

2.Jamur Candida

Jamur ini dapat menyebabkan kita terkena penyakit sariawan pada manusia. Kalian pasti tahu gimana rasanya sariawan, pasti tidak enak, maka dari itu, kalian harus waspada dengan jamur ini.

3.Jamur Phytium SP

Jamur ini merupakan jamur yang dapat menyebabkan tanaman tidak subur.  Jamur ini biasanya suka di tempat yang lembab, dan ciri-cirinya adalah mempunyai benang-benang yang berserekat yang berada di tubuhnya. Ukuranya pun kecil, karena jamur ini kekurangan klorofil. Jamur ini dapat membuat tanaman kita tidak subuh, karena jamur ini menyebarkan suatu penyakit kepada tumbuhan kita pada saat pembibitan.

 4.Jamur phytophthora infestan

Nama dari jamur ini cukup sulit ya, tetapi nama tidak penting, intinya jamur ini bahaya bagi kita. Jamur ini dapat membuat penyakit busuk daun bagi tanaman kita. Ciri-ciri dari jamur ini adalah milisseumnya yang tidak bersekat-sekat, warna millesseumnya putih, kalau sudah tua berwarna kuning kecoklat-coklatan, sifatnya berkembang baik.

Peranan Jamur yang menguntungkan dan yang merugikan.

Peran jamur yang menguntungkan dan yang merugikan jelas berbeda, berikut adalah penjelasanya:

Peranan Jamur yang menguntungkan:

1.Dapat sebagai bahan makanan.

Sudah jelas peranan jamur yang menguntungkan adalahh dapat sebagai bahan makanan. Karena di dalam jamur terdapat kandungan protein yang baik untuk tubuh, bila di masak pun enak.

2.Dapat menjadi Obat atau kesehatan.

Selain dapat menjadi makanan, jamur juga dapat menjadi obat-obatan, salah satunya adalah dapat menjadi obat antibiotik. Antibiotik merupakan subtansi yang di hasilkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, dan gunanya jamur dapat membunuh mikroorganisme yang lain.

3.Dapat Menyuburkan Tanah Pertanian

Salah satu keuntungan yang lain adalah dapat Menyuburkan Tanah. Beberapa contohnya yaitu Jamur Saproit dan Jamur Mikroriza. Jamur Saproit berguna untuk menguraikan sisa sisa hewan dan tumbuhan yang telah mati. Sedangkan Jamur Mikroriza berguna untuk Membantu mendapatkan unsur hara, yang dapat membuat tanaman subur.

4.Dapat Menjadi barang Industri

Sudah banyak jenis-jenis jamur yang digunakan untuk industri, antara lain:

  1. Rhizopus Stoloniver: Berguna untuk membuat tempe.
  2. Rhizopus Niricans : Berguna untuk menghasilkan asam
  3. Ganoderma Licidium: Berguna untuk sebagai bahan obat.
  4. Aspergilus oryzae : Berguna untuk mengempukan adonan roti.

Peranan Jamur Yang Merugikan

  1. Dapat Menimbulkan Penyakit Pada Manusia.

Jamur juga dapat membuat kita sakit bagi yang mengkonsumsinya. Contohnya kita dapat terserang penyakit darah tinggi yang di sebabkan oleh infeksi jamur

  1. Dapat Sebagai Pembusukan Makanan

Jamur juga Dapat membuat pembusukan makanan, contohnya adalah jamur penicillium dan jamur aspergillus.

  1. Dapat Menimbulkan Penyakit pada tumbuhan

Penyakit yang ada di tumbuhan seperti jamur api pada gandum, kutu pada kentang, karat pada gandum, semua itu penyebabnya adalah dari jamur.

Beberapa Jamur yang merugikan:

  1. Aspergillus flavus: Dapat menyebabkan penyakit kangker pada manusia.
  2. Ustilagus maidis: Jamur parasit bagi jagung dan tembakau.
  3. Candinda albicans: Dapat menyebabkan keputihan.

Mungkin sekian dari saya, apabila ada kata yang salah, mohon maafkan saya, karena saya  membuat ini sedang tidak mood, sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • macam macam jamur yg merugikan
  • gambar jamur yang merugikan
  • jamur yg menguntungkan dan merugikan
  • jamur yang menguntungkan
  • jamur menguntungkan
  • nama nama jamur yang menguntungkan
  • jenis jamur dan nama umum nya yang merugikan
  • jenis jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan
  • macam jamur menguntungkan dan merugikan
  • macam macam jamur

Leave a Reply