Pendaki
Pendaki Gunung di Jawa Tengah

Gunung Pendakian untuk Pemula di Jawa Tengah

Posted on

Gunung adalah suatu bagian dari bumi yang mana menjulang lebih tinggi daripada permukaan daerah di sekitarnya. Gunung juga merupakan sebuah tanah yang menonjol di atas daerah di sekitarnya. Berbeda dengan bukit, biasanya gunung itu lebih curam dan lebih tinggi daripada bukit. Biasanya bisa dikatakan gunung itu jika ketinggiannya itu lebih dari 2000 kaki.

Banyak sekali sekarang para pemuda yang mempunyai hobi untuk mendaki. Bagi kalian para pemuda yang masih pemula untuk mendaki. Di provinsi Jawa Tengah ada beberapa gunung yang cocok untuk kalian para pemula.

  1. Gunung Api Purba

gunung api purba
Gunung Api Purba

Gunung Api Purba ini terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Gunung ini sengaja saya masukkan kedalam gunung rekomendasi untuk mendaki, karena letaknya tidaklah jauh dari Provinsi Jawa Tengah. Gunung Api Purba ini memiliki ketinggian 700 mdpl juga memiliki 2 puncak yang menarik untuk kita datangi. Puncak tersebut berada di sebelah timur dan sebelah barat. Puncak yang berada di sebelah timur sangat ideal, apabila kita ingin menyaksikan sunrise. Puncak yang berada di sebelah barat sangat ideal, apabila kita ingin menyaksikan sunset. Jika kalian ingin mendaki ke gunung Api Purba ini, di perlukan waktu kira-kira 1-2 jam tergantung dari kecepatan saat kita melangkah dan juga lamanya waktu kita beristirahat. Disaat kita melakukan perjalanan menuju puncak dari Gunung Api Purba ini, kita bisa melihat pemandangan nan indah khas pegunungan selatan.

Mungkin di saat kita mendengar kata purba, seolah-olah dibelakangnya gunung ini sudah ada lama, sejak zaman pra sejarah. Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran yang biasa oleh masyarakat sekitar gunung menyebutnya. Saat kita sedang mendaki, mungkin jika kita kelelahan atau mungkin kelaparan. Kita tidak perlu khawatir karena di beberapa jalur pendakian telah disediakan gazebo bagi kalian yang ingin beristirahat sejenak. Untuk kalian yang sudah berencana ingin mendirikan tenda, tempat di gunung ini yang tepat untuk mendirikan tenda yaitu di puncak bagian barat. Tempat tersebut terhalang dari angin yang bertiup sehingga sangat tepat untuk mendirikantenda sekaligus untuk menikmati panorama Gunung Api Purba. Apabila disaat kalian kesulitan untuk mendaki, pihak pengelola gunung ini sudah menyediakan tali untuk mendaki.

  1. Gunung Andong

gunung andong
Gunung Andong

Gunung yang sedang hits ini merupakan  gunung yang mempunyai tipe perisai. Gunung Andong ini terletak di Kampung Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Ketinggian yang dimiliki oleh Gunung Andong ini yaitu 1.726 mdpl. Gunung Andong ini sekarang sudahlah tidak memiliki aktivitas vulkanik atau sudah tidak aktif.

Gunung Andong ini setiap harinya selalu ramai dengan pengunjung, juga setiap harinya ada saja orang yang mendaki ke gunung ini. Banyak orang yang datang KE Gunung Andong ini, karena gunung ini tidaklah terlalu sulit atau ekstrim untuk didaki dan juga tentunya aman. Biaya yang dipasok oleh pengelola gunung ini juga sangatlah murah, yaitu hanya Rp. 4.000/orang. Maka sangat tepat bagi kalian para pemula untuk mencoba mendaki gunung ini.

Selain itu juga, gunung ini mempunyai banyak fakta yang bagi kalian pendaki harus ketahui. Fakta yang harus kalian ketahui itu adalah :

  • Gunung ini selalu ramai pengunjung
  • Cocok untuk pemula
  • Memiliki hutan pinus yang indah
  • Memiliki track yang menantang
  • Walupun tidak besar, tetapi tetap menantang
  • Pemandangan dari puncak gunung yang menakjubkan
  • Memiliki 4 puncak
  • Bersebrangan dengan Gunung Merbabu
  • Tidak terdapat shelter di jalur pendakian
  • Terdapat sumber air dan warung di puncak
  1. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran
Gunung Ungaran

Gunung yang memiliki ketinggian 2050 mdpl ini berada di Kabupaten Ungaran yaitu barat dayanya Kota Semarang. Di Gunung Ungaran ini ada 3 jalur pendakian yaitu jalur pendakian melalui jimbaran, candi gedong songo, dan juga medini. Gunung ini sangat cocok untuk kalian para pemula, karena gunung ini tidaklah terlalu ekstrim untuk didaki. Dibutuhkan kira-kira 5 jam untuk sampai ke puncak gunung ini, itu apabila kalian melalui jalur candi gedong songo.

Dalam perjalanan menuju puncak gunung, kalian bisa sambil menikmati pemandangan dengan panorama yang menarik yaitu diantaranya perkebunan teh yang cocok untuk dijadikan spot untuk mengambil gambar atau foto.

  1. Gunung Lawu

gunung lawu
Gunung Lawu

Gunung yang terletak diperbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yaitu diantara 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung Lawu ini memiliki 2 tempat pendakian yaitu Cemoro Kandang yang berada di Tawangmangu, JawaTengah dan juga Cemoro Sewu yang berada di Sarangan, Jawa Timur. Gunung Lawu diperkirakan terakhir meletus yaitu pada 28 November 1885, jadi gunung ini sudah lama tidak aktif. Apabila kalian mendaki melalui jalur Cemoro Sewu, diperkirakan waktu untuk mendaki yaitu 7-9 jam tergantung lama cepatnya melangkah. Maka dari itu bagi kita pemula supaya benar-benar menyiapkan fisik kita. Jalan yang akan kita lalui sedikit lebih ekstrim daripada jalur melalui Cemoro Kandang. Tetapi, kita akan lebih cepat sampai ke puncaknya.

Jalan yang dilalui oleh pendaki ataupun pengunjung sudahlah tertata dengan baik, baik itu melalui jalur Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang. Jalan yang dilalui sudah berupa batu yang sudah ditata dengan baik. Maka Gunung Lawu ini sangat cocok untuk para pemula sebagai salah satu pilihan gunung untuk didaki.

Sesampainya kita dipuncak lawu, kita bisa beristirahat untuk makan, minum, maupun tidur di Warung Mbok Yem. Disana sudah tersedia makanan, minuman, dan juga tempat istirahat yang luas.

Leave a Reply