kinerja otak

Inilah, Cara Melatih Kekreatifan Otak

Posted on

Otak merupakan pusat informasi dan kegiatan dan juga organ yang paling vital. Sel – sel otak terdiri dari jutaan sel, namun sebenarnya yang efektif yaitu saat otak di gunakan untuk berfikir. Otak merupakan pengendali angota tubuh.  jika seseorang memiliki otak yang sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, jika otak seseorang dalam kondisi tidak sehat atau mengalami ganguan, maka itulah penyebab permasalahan di dalam tubuh. Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia yang merupakn system saraf. Volume otak berkisaran 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf neuron untuk menunjang fungsinya. Otak terletak di dalam kepala dan mempunyai beberapa fungsi, diantaranya yaitu :

  • Sebagai pusat pengatur organ – organ tubuh { misalnya mengatur kerja hati, jantung, dan lain – lain }.
  • Sebagai pusat regulasi sebagai tindakan yang dialami.

Tampa otak, manusia ibarat sebuah komputer tampa chip . otak adalah pusat kehidupan manusia, otak manusia di bagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri yang mana kedua otak ini memiliki kemampuan yang berbeda.

kerja otak
melatih kekreatifan otak

Kemampuan otak kanan itu memiliki kapasitas 90 % dan otak kiri hanya 10 – 12 %. Hasil penelitian mutakhir di AS menyebutkan, para logika dalam membuat orang menjadi sukses 4 – 6%, sedangkan 94 – 96% adalah tangung jawab otak kanan yang berhubungan dengan inovasi, kereativitas, naluri, intuisi, kejujuran, keuletan, tangung jawab, kesungguhan, spirit, intelektual, ilmu pengetahuan, dan lain – lain.

Sedangkan tugas  otak kiri adalah yang selalu berhubungan dengan angka – angka, bahasa, analisa, logika, intelektual, ilmu pengetahuan, selain di urusi oleh otak kiri maka juga diurusi oleh otak kanan.

Otak  kanan sungguh dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak, sel – sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori manakala memori otak penuh, perlu diketahui, kepastian kemampuan otak kanan dalam menyimpan memori mencapai 10 perangkat 5 juta kilometer, yang kalau dihitung deretan angka nol di belakangnya adalah sebanding dengan jarak antara bumi  dan bulan 14 kali pulangan pergi.

ALBERT EINSTEN yang mana dia merupakan ilmuan dunia pengembanan ilmu fisika, hanya mengunakn 1% dari sel otaknya. Padahal jika di lihat, einsten merupakan ilmuan yang sangat kereatif, dan bahkan tiap saat dia selalu memikirkan hal yang baru. Berbeda dengan manusia saat ini. Kemampuan berfikir kereatif manusia, sangatlah terbatas karna tidak dilatih untuk mengasah kekreatifan otaknya.Pada dasarnya kita mampu mengeluarkan pikiran – pikiran yang jernius.untuk itu kita perlu melatih otak kita agar dapat berfikir kreatif. Coba perhatikan beberapa langkah – langkah berikut :

melatih kekreatifan otak
fungsi otak
  1.  Mencari Hobi Baru

Tantang otak untuk untuk belajar keterampilan baru atau hal – hal yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Jika anda bukan seniman, cobalah melukis atau memahat, jika anda bisa bermain piano, belajarlah untuk memainkan gitar. Belajarlah untuk menemukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak agar tetap aktif.

  1.  Hidup Sosial

Otak dapat dilatih dengan cara menjalani kehidupan sosial anda, misalnya dengan mengunjungi teman atau kerabat.

  1.  Latihan Fisik

Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karna dapat meningkatkan aliran darah ke otak, menurut stanford center on Longevity dan    Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

  1.  Menikmati Musik

Selain mendengarkan musik, coba belajarlah untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indra sekaligus seperti mendengar musik   dan mencium bunga.

  1.  Belajar Bahasa Asing

Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan semenjak anda mulai berbicara. Sebuah setudi tahun 2007 di york University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga koneksi saraf.

  1.  Rubah Rutinitas

Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical   Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

  1.  Bermain permainan strategi

Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game yang ada pada komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

  1.  Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan yang ringan (seperti komik atau novel) maupun bacaan informasi. Dan menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

  1.  Membiasakan aktif menjadi kidal dan juga kanan

Lakukan tugas dengan tangan non-dominan,Jika biasanya menggunakan tangan kidal(kiri) maka gunakan tangan kanan dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan Handphone, saat menulis, menggosok gigi, dan mengikat sepatu dengan arah berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

  1.  Bermain puzzle atau teka-teki silang

Sudoku, kotak rubik, TTS dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif Learning Rx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

  1.  Tulis semua Ide

Ada dua hal yang akan anda dapatkan dengan menuliskan ide – ide kedalam jurnal. Pertama memiliki catatan fisik dan ide anda, dimana anda dapat mengingat kembali apabila anda lupa. Kedua ide – ide itu dapat merangsangkan pada ide – ide kereatif.

Mungkin beberapa cara ini bisa anda terapkan di dalam meningkatkan kekreatifan otak, kara otak pun juga perlu di latih agar berfungsi lebih baik.

Leave a Reply