Metode hidrophonik
cara menanam dengan metode hirophonik

Ini Dia, Metode Tanam Hidroponik

Posted on

Di dunia ini tuhan telah menciptakan beribu kenikmatan yang tak terhingga namun banyak sekali manusia yang jarang atau bahkan tidakk mensyukuri atas karunianya, pada dasarnya manusia hidup di iringi dengan berbagai kehidupan ciptan yang lainya seperti hewan, tumbuhan, dll. Namu kebanyakan manusia malah merusak habitat makhluk hidup yang ada di sekitarnya , mulai dari pemburuan liar di hutan, penebangan, pembakaran dan penyalah gunaan lahan yang berdampak negatif pada ekosistem kehidupan di muka bumi ini.

Namun untungnya, dengan adanya gerakan-gerakan reboisasi yang sedang di gembor-gemborkan di berbagai penjuru dunia atau biasa kita sebut go green. Go green sendiri merupakan apresiasi atas kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Maka dari itu sekarang ini banyak sekali orang-orang yang mendukung kegiatan atau gerakan go green ini.

Dengan adanya gerakan go green ini, maka lingkungan kita akan di upayakan menjadi lebih baik dan mencoba memperbaiki ekosistem kehidupan di bumi yang lambat laun semakin buruk dan hancur ini. Banyak sekali contok dari gerakan go green ini , mulai dari reboisasi atau penanaman hutan kembali yaitu ketikan hutan di gunduli dan di ambil kayunya maka kita akan menanaminya kembali dengan bibit-bibit yang baru, dan nantinya akan kita ambil lagi dan di tanami lagi.

Namun, kita tau bahwa salah satu dampak di slah gunakanya lahan lingkungan adalah pembangunan pabrik, kantor besar, gedung-gedung yang menjulang tinggi, dll. Dan imbasnya akan berdampak pada kita yaitu semakin kecil atau sempitnya lahan-lahan yang ada, terutama di wilayah perkotaan yang umumnya sangat sedikit sekali lahan yang ada.

Padahal kita tau bahwa kehidupan ini juga harus di selingi atau diimbangi dengan lingkungan yang sehat dan asri alami melalui cara di tanami tumbuhan-tumbuhan hijauyang mana dapat menambah ke asrian lingkungan kita dan imbasnya yaitu CO2 atau biasa kita sebut polusi udara yang semakin hari semakin mengikis ozon dan memperburuk kulitas udara di bumi akan hilang, karena di serap oleh tumbuh-tumbuhan yang kita tanam.

Namaun impian kita terhalang dengan sempit dan terbatasnya lahan yang ada, padahal masih banyak lagi perabotan yang akan kita tempatkan di lahan tersebut. Tenang, sekarang sudah banyak sekali cara yang sudah terbukti efektif untuk menanam atau berkebun di lingkungan yang minimals, yaitu salah satunya dengan cara HIDROPONIK atau penanaman lewat media yang simpel dan tanpa memerlukan air yang banyak, lalu apakah anda penasaran bagaimana cara menanamnya, mari simak artikel cara menanam dengan metode hidroponik di bawah ini.

Cara menanam dengan metode Hidroponik

  • Persiapkan bibit

Persiapakan bibit-bibit yang sudah anda siapkan untuk di tanam, usahakan pilih bibit yang berkulitas bagus, hal ini dikarenakan agar kelak si tumbuhan tidak mudah layu atau mati. Atau bisa juga menggunakan tanaman yang sudah tumbuh dengan cara langsung di ambil seakar-akarnya, namun dengan ukuran yang kecil.

  • Persiapkan media tanam

Mediatanam yang di pilih adalah media tanam yang mampu menyerap air dan juga mampu menahan akar dengan baik, umumnya menggunakan arang, kapas, pecahan batu-bata  atau busa. Kalau saya lebih memilih menggunakan media berupa kapas dan di tambah dengan pecahan batu-bata, karena lebih simpel dan tentunya tidak ribet.

 

  • Persiapkan media penyerapan air

Pilih sistem akar atau penyerapan air yang baik seperti tali yang biasa di gunakan di kompor gas, prinsip utamanya adalah pilih media penyerapan yang baik dan mudah menyerap air.

  • Persiapkan wadah

Pilih wadah yang akan di gunakan untuk menanam, kalau pengalaman saya, sebaiknya pilih saja atau cari 1 botol air minum bekas, karena media tanam yang satu ini lebih simpel dan mudah di dapatkan.

Bagaimana, cukup mudahkan bahan –bahanya . Jika kalian sudah mempersiapkan bahan-bahan di atas mari kita simak cara menanamnya di bawah ini.

  • Gunting botol

Ambil botol yang sudah kita persiapakan tadi menjadi 2 bagian, kira-kira potong di titik tengah botol. Kemudian balik bagian atas botol lalu, sambungkan pada bagian botol yang satunya. Tapi jangan sampai lupa lubangi terlebih dahulu botol bagian atas atau tempat menaruh tanaman, kira-kira beri 3 lubang tapi jangan terlalu besar.

  • Pasang tali

Setelah memasang botol, kemudan ambil tali yang sudah di siapkan tadi, lalu masukan pada lubang mulut botol, sampai kuat. Jika tidak ada tali bisa juga di ganti dengan kain bekas.

media akar

  • Masukan media tanam

Setelah semua siap, sesi berikutnya adalah memasukan media tanam berupa kapas, masukan kapas secukupnya lalu tancapkan tanaman yang akan kita tanam sampai kuat, setelah itu masukan atau tambahkan pecahan batu-bata secukupnya.

  • Isi air

Kemudian isi air secukupnya di bagian botol penampungan air atau botol bagian bawah, usahakan jangan sampai melebihi 3 lubang yang kita buat di bagian penyangga tanaman tadi.

  • Rekatkan botol

Setelah semua rangkaian di atas selesai, maka sesi berikutnya adalah rekatkan botol tadi dengan lem atau solatip. Tapi jika anda ingin menyiramnya dengan cara langsung di isi pada bagian penampungan air maka jangan rekatkan botol tersebut.

cara membuat media hidroponik

Bagaimana guys? Simpel dan mudahkan cara menanam dengan metode Hidrophonik, kalau di fikir-rikir Keuntungan menggunakan metode yang satu ini jauh lebih besar, yaitu hemat tempat ( lahan ), hemat air, gak ribet ngerawatnya, dan tentunya lebih mudah di tanam, karena hasilnya pun juga lebih maksimal. Lalu apakah anda tertarik untuk mencobanya, hitung-hitung buat hiasan atau sekedar menyalurkan hobi berkebun dengan cara yang lebih simpel. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Incoming search terms:

  • tanaman hias dalam botol air
  • Menanam pohon dengan aqua tanpa tanah

Leave a Reply