jenis jenis kendaraan

Macam-Macam Kendaraan

Posted on

Kendaraan atau angkutan adalah alat Transportasi yang membantu dalam kehidupan kita dalam berpergian kemanapun. Kendaran ada yang digerakan dengan mesin juga ada yang digerakan oleh Makhluk Hidup, Kendaraan ini adalah buatan Manusia yang bermesin yang biasa kita gunakan seperti Mobil, Kereta, motor, Pesawat, Kapal, dan masih banyak macam- macam transportasi lainnya, yang tidak mengunakan mesin juga disebut kendaraan yang digerakan oleh manusia atau hewan seperti Gerobak, Becak atau lainnya.

fungsi kendaraan
fungsi kendaraan

Didalam pengertian tersebut, terdapat unsur-unsur yang terkait erat dalam berjalannya konsep kendaraan itu sendiri. Unsur-unsur tersebut adalah:

  1. Manusia yang membutuhkan
  2. Barang yang membutuhkan
  3. Kendaraan sebagai Alat/Sarana
  4. Jalan dan Terminal sebagai prasarana transportasi
  5. Organisasi (pengelola transportasi)

Pengertian transportasi dari para ahli memang banyak dan beragam. Tapi yang dituliskan diatas ada garis besar dan definisi umum mengenai transportasi, mungkin dimasa yang akan datang pengertian transportasi mungkin akan mengalami perubahan akibat kemajuan Teknologi, tetapi konsep penegrtian transportasi secara mendasar harus diketahui dan dipahami sebagai dasar dan sejarah transportasi.

Fungsi dan Manfaat Transportasi

Fungsi dan Manfaat Transportasi diklasifikasikan menjadi beberapa bagian penting. Transportasi memiliki fungsi yang terbagi menjadi dua yaitu memperlancar arus Barang dan Manusia, dan menunjang perkembangan Pembangunan. Sedangkan Manfaat transportasi dibagi menjadi empat klasifikasi yaitu sebagai berikut:

1.Manfaat Ekonomi

Kegiatan Ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi merupakan salah satu jenis kegiatan yang membuat meningkatnya kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga menimbulkan adanya transaksi.

2.Manfaat Sosial

Manfaat Sosialnya yaitu Transportasi menyediakan berbagai macam kemudahan diantaranya yaitu:

  1. Pelayanan untuk perorangan bahkan kelompok
  2. Pertukaran atau penyampaian informasi
  3. Perjalanan untuk bersantai
  4. Memperpendek jarak
  5. Memancarkan penduduk
  6. Mempersingkat waktu

3.Manfaat Politis

Transportasi juga membantu menciptakan persatuan, pelayan menjadi lebih luas, menjaga keamanan Negara, juga mengatasi bencana dan masih banyak lagi.

4.Manfaat Kewilayahan

Transpotasi memenuhi kebutuhan penduduk yang ada di Desa, kota, atau pedalaman terutama yang berkaitan dengan sirkulasi dan mobialisasi serta perangsang pembangunan.

Jenis Transportasi Dan Alat Transportasi

1.Tranportasi Darat biasanya lebih dipilih dibandingkan transportasi yang lain dikarnakan lebih mudah ditemukan dan terjangkau transportasi darat dipilih berdasarkan beberapa faktor sperti jenis dan spesifikasi kendaraan, jarak perjalanan, tujuan perjalanan, ketersedian alat transportasi, ukuran kota, dan kerapatan pemukiman, faktor sosial-ekonomi. Contoh transportasi darat seperti Motor, Mobil, Kereta, Gerobak yang dikendalikan oleh hewan atau manusia.

2.Transportasi Laut lebih sering digunakan untuk penyerbangan dari suatu tempat biasanya keluar pulau. Adapun jenis-jenisnya seperti Kapal, Perahu, Tongkang dan masih banyak lagi

3.Transportasi Udara banyak juga yang memilih karna mempersingkat waktu juga menjangkau ketempat-tempat yang tidak bisa ditempuh dengan transportasi darat atau laut. Disamping mampu bergerak lebih cepat dan mempunyai lintasan yang lurus, juga praktis bebas hambatan, Contoh transportasi darat yaitu Pesawat, Helikopter, Balon Udara dan masih banyak lagi.

Adapun sarana/alat transportasi diantaranya.

  1. Prasarana Transportasi Darat diantaranya seperti jalan raya, jembatan juga termasuk adapun perlengkapannya seperti misalnya Halte Bus, dan kereta api menggunakan jalur khusus yang disebut dengan Rel
  2. Prasarana Transportasi Laut yaitu Pelabuhan. Pelabuhan merupakan suatu fasilitas yang berada di ujung sungai, danau, ataupun samudra yang berfungsi untuk tempat singgahnya kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun memindahkan,mengangkut, dan menurunkan penumpang/orang.
  3. Prsarana Transpotasi Udara yaitu Bandar Udara atau biasa disebut dengan Bandara. Bandara merupakan suatu fasilitas untuk pesawat terbang yang lepas landas dan untuk mendarat, Bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain.

Dalam kehidupan kita sehari-hari pasti membutuhkan yang namnya Transportasi. Adapun Tansportasi itu disebut dengan Transportasi Publik. Konsep transportasi publik sendiri tidak dapat dilepaskan dari konsep kendaraan umum, pengertian kendaraan umum berdasarkan Menteri Perhubungan Nomor. 35 Tahun 2003 tentang penyelenggaraan Angkutan Orang di jalan dengan kendaraan umum yaitu Kendaraan umum adalah setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut biaya baik langsung ataupun tidak langsung.

Transportasi Publik adalah seluruh alat transportasi dimana penumpang tidak berpergian menggunakan kendaraanya sendiri, alat transportasi publik umumnya seperti Bus dan Kereta namun pelayanan maskapai penerbangan, feri, taxi, dan lain-lain juga termasuk. Transportasi pada zaman ini sudah menjadi kebutuhan manusia, transportasi merupakan suatu karya dapat mempermudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya baik itu pekerjaan maupun hiburan. Transportasi sangat dikenal jelas oleh Masyarakat baik itu masyarakat yang kemampuan ekonoinya terbatas juga ke Masyarakat yang ekonomi melebihi. Berikut adalah pendapat lain tentang Fungsi Kendaraan.

Fungsi Transportasi

Fungsi Transportasi (pengangkutan) memegang peranan penting dalam usaha mencapai tujuan pengembangan ekonomi dalam suatu Bangsa. Adapun tujuan pengembangan ekonomi yang bisa diperkenankan oleh jasa transportasi adalah:

  1. Meningkatkan pendapatan Nasional, disertai dengan distribusi yang dapat merata antara Penduduk bidang Usaha dan Daerah.
  2. Meningkatkan jenis dan jumlah barang jadi dan jasa yang dapat dihasilkan para Konsumen, Industri, dan Pemerintah.
  3. Mengembangkan industrial nasional yang dapat menghasilkan devisa serta mensupply pemasaran dalam Negeri.
  4. Menciptakan dan memelihara pada tingkatan kesemptan kerja untuk masyarakat.

Peranan Transportasi juga ada dalam kegiatan non-ekonomis yaitu sebagai sarana mempertinggi integritas bangsa, transportasi juga menciptakan dan meningkatkan standar kehidupan masyarakat secara keseluruhan, mempertinggi Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia (Hankamnas) dan meciptakan pembangunan nasional.

fungsi kendaraan
fungsi kendaraan

Demikian penjelasan tentang Transportasi juga dengan manfaat, fungsi, dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply