Manfaat Handphone Bagi Manusia

Posted on

Kehidupan di masyarakat tidak pernah melepas dari kehidupan untuk berkomunikasi antara satu dengan satu yang lain. Salah satu alat yang biasanya di gunakan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh adalah handphone atau telepon genggam. Walaupu canggih namun fungsi dan fituarnya standar yang tetap ada sama hal nya seperti handphone yang masih di gunakan teknologi yang lama.

Beberapa Manfaat Dari Handphone

 

1.Komunikasi Antara Manusia

Handphone adalah suatu bntuk perkembangan terbaru dari teknologi tellepon nirkabel. Dengan handphone seseorang dapat melakukan komunikasi biasanya pada umumnya, yaitu seperti untuk telpon suara, mengirim pesan yaitu sms, pesan mms, dan layanan data yang ada di handphone itu.

2.Mencari Ilmu / Informasi

Di dunia internet jauh lebih nyaman jika menggunakan Hp biasa yang blom di lengkapi dengan teknologi yang leih canggih. Di tambah lagi dengan web browser terbaru yang dapat menerjemahkan bahasa program web serta tenologi terbaru yang lainnya.

3.Aplikasi Handphone

Pengguna hape smartphone dapat memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya. Setiap aplikasi memiliki spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan lancar.  Semakin canggih dan baru suatu gadget smartphone yang digunakan, maka pada umumnya semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan.

4.Penyimpanan Data

Kapasitas memori smartphone yang besar bisa berfungsi sebagai media penyimpanan data file.  Seperti halnya usb flashdisk, usb external drive dan multimedia card, handphone yang canggih pun dapat dipergunakan untuk meletakkan berbagai file sesuai dengan kapasitas yang ada pada smartphone.  Smartpon yang diberi kartu memory tambahan akan mampu menampung data lebih besar.

5.Gaya

Ada banyak orang yang menggunakan handphone smartphone untuk menunjang penampilan sehari-hari.  Orang yang memiliki gengsi yang tinggi akan berusaha sekuat tenaga untuk menggunakan smartphone yang dipandang orang keren dan canggih.

6.Petunjuk Arah

Fungsi handphone adalah untuk mendapatkan informasi arah mata angin, arah kiblat, dan lain sebagainya. Handphone memiliki  fasilitas GPS dapat menunjukkan arah mata angin seperti layaknya kompas sungguhan.  Selain itu dengan dipadukan layanan jejaring sosial maka dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik dan dibutuhkan.

Dampak Dampak Handphone

Dampak positif

1.mempermudah komunikasi. Seperti ketika orang tua akan menjemput anak ketika plang dari sekolah

2.menambah pengetahuan tentang perkembbangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini sehingga suadah sampai keplosok plosok desa, contohnya di lamongan.

3.memperluas jaringan persahabatan dri luar maupun dalam.

Dampak negatifnya

1.Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

  1. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

3.rawan tehadap kejaharan. Ingat, pelajaran merupakan salah satu target yang paling penting dari pada penjahat. Apalagi hp merupakan perangkat yang mudah di jual, sehingga sehinggaga anak anak kecil yang memegang hp bisa bisa di kuntit maling yang di incar incar hp nya.

4.Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Ada keluarga yang tidak mampu, tetapi karena pergaulan dimana teman-temannya sudah dibelikan HP sehingga mereka merengek-rengek kepada orang tuanya padahal orang tuanya tidak mampu, atau bahkan menimbulkan gap antara gank HP keren dan gank HP jadul atau yang belum memiliki.

5.sangat berpotensi memperngaruhi anak kecil. Jika tidak ada yng mengkontrolnya dari guru sama orang tua. Hp bisa di gunakan untuk menyebarkan gambar gambar yang mengandung ponografi.

  1. Anak kita akan sulit diawasi, khususnya ketika masa-masa pubertas, disaat sudah muncul rasa ketertarikan dengan teman cowok atau ceweknya, maka HP menjadi sarana ampuh bagi mereka untuk komunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, hal ini akan mengganggu aktifitas yang seharusnya mereka lakukan, shalat, makan, belajar Karena mereka asyik sms-smsan dengan teman lawan jenisnya.
  2. Nah, yang terakhir ini rasanya dulu ada penelitian yang pernah saya baca, efek sampingan jari yang kebanyakan memencet tombol ketika sms-an, bukankah ujung jari memiliki jutaan syaraf ? apalagi disaat anak-anak pada usia pertumbuhan, tentu kita tidak ingin pertumbuhannya terganggu gara-gara fungsi syaraf yang terhambat pertumbuhannya karena keseringan dipencet ? Wallahu a’lam.

8.pemborosan. dengan mempunyai hp maka pengeluaran mereka akan bertambah, apalagi hp untuk di gunakan unntuk hal hal yang negative atau tidak ada manfaatnya maka akan menjadi pemborosan.

  1. Membentuk sifat hedonisme pada anak. Ketia keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka pun menangis nangis untuk membelikan hp itu meminta kepada orang tua, pada hal mereka sebenarnya belum memahim betul benar manfaat setiap fitur fitur atau isi nya hp itu baru secara menyeluruh keseluruhannya.

Karenanya, mari kita pikirkan berkali-kali ketika akan memberikan HP kepada anak kita, timbang dulu manfaat dan mudharatnya Jelaskan kepada mereka dan beri nasehat dengan baik kenapa mereka belum kita beri kesempatan untuk membawa HP kesekolah atau bermain dengan teman-temannya.Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Leave a Reply