Baca Yuk, Penyebab Mimisan Dan Penanganannya

Posted on

Mimisan adalah pendarahan yang keluar dari hidung, gejala ini sering disebut epistaksin. Ini terjadi karena lepasnya mukosa yang memiliki pembuluh darah kecil, mimisan akan terjadi pada semua manusia, bahkan mimisan juga bisa terjadi saat anda tidur. Ini adalah beberapa penyebab mimisan :

penyebab mimisan dan cara mengatasinya
penyebab mimisan dan cara mengatasinya
  1. Cuaca panas

Saat cuaca sedang panas, bagian setrum akan mengering karena kelembapan udara berkurang. Akhirnya terjadilah iritasi yang bisa mengakibatkan mimisan.

  1. Saat DBD

Biasanya jika DBD disertai mimisan itu tandanya dia harus dirawat secara intensif, karena itu sudah termasuk stadium bahaya, pada penyakit ini memang sering diikuti pendarahan dari organ manapun. Banyak orang yang belum sadar bahwa mimisan itu berbahaya, jika mimisan terjadi terus menerus akan mengakibatkan efek yang lebih besar pada diri anda.

  1. Tumor

Mimisan juga bisa terjadi pada penderita tumor di dalam rongga hidung, atau yang biasa disebut angiofibroma. Benjolan dari tumor ini biasanya terlihat sebesar biji nangka berwarna merah keputihan, tumor ini biasanya ditemukan pada anak muda.

  1. Proses membuang ingus terlalu kencang

Jika anda sedang menderita pilek, sebaiknya anda berhati-hati ketika membuang ingus anda. Karena jika anda terlalu keras atau kasar, justru yang anda keluarkan adalah darah.

  1. Luka di dinding hidung

Mungkin saja ketika anda mengorek hidung anda terlalu kasar, dinding hidung anda akan sedikit terluka dan bisa mengeluarkan darah.

  1. Udara kering yang dingin

Lapisan hidung yang kering akan menyebabkan hidung anda lebih mudah terkena infeksi dan terluka.

  1. Kelainan pembekuan darah

Ini adalah sebuah penyakit, dimana seseorang sulit membekukan darahnya. Jika dia tergores sedikit dia akan gampang mengeluarkan darah dan sulit untuk menghentikannya, bisa saja sampai dia kehabisan darah. Penyakit ini seperti hemofilia.

Nah, sudah tau apa saja yang menyebabkan seseorang bisa mimisan. Ini nih beberapa tips pertolongan pertama  jika anda menjumpai orang yang sedang mimisan :

  • Posisikan yang baik penderita mimisan, atau dudukkan saja, asalkan hidung lebih tinggi dari jantung
  • Bungkukkan badannya kedepan sedikit lalu suruhlah dia untuk bernapas dengan mulut
  • Tekan cuping hidungnya selama 5 menit
  • Beri kompres dingin di hidungnya untuk memperlambat mengalirnya darah
  • Bila belum berhenti, tekan lagi cuping hidungnya sampai 10 menit
  • Jika masih berdarah, bawalah kerumah sakit terdekat

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply