baca al-quran
Baca Al-Quran

Manfaat Membaca Al-quran

Posted on

Al-quran dapat diartikan sebagai kalam Allah SWT. yang diturunkan kepada utusannya yaitu Nabi Muhammad SAW. sebagai mukjizat yang diberikan oleh Allah, yang diwahyukan oleh Allah dengan perantara Malaikat Jibril. Pengertian diatas merupakan pengertian secara istilah. Sedangkan, dalam pengertian secara bahasa, Al-quran yang berasal dari bahasa arab, yaitu bentuk jamak dari masdar atau kata benda dari kata kerja qara’a, yaqra’u, qur’anan yang artinya suatu bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang.

baca alquran
Baca Al-quran

Al-quran yang menjadi pedoman semua umat islam di dunia ini, juga mempunyai banyak manfaat juga keindahan didalamnya. Keindahan yang dimiliki oleh al-quran yaitu antara lain:

  • Dalam kita belajar al-quran, kita bisa menerapkannya pada saat masih usia anak-anak agar rasa cinta mereka terhadap al-quran bisa semakin tambah kuat dan juga agar nanti dimasa depannya al-quran dapat dijadikan oleh mereka sebagai pedoman hidupnya, identitas sebagai islam, dijadikan menjadi kebanggan diri, dan juga menjadi perlindungan bagi dirinya juga hatinya serta sebagai simbol keislaman yang hebat.
  • Al-quran ini sangat wajib dibaca oleh semua umat islam yang sunguh-sungguh bangga akan keislamannya. Rasa bangga yang tertanam didiri seorang muslim adalah sebuah bentuk rasa kecintaannya kepada Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, tuhannya seluruh alam, yang menciptakan seluruh alam juga isinya.
  • Jika seorang muslim tidak bisa membaca al-quran sama sekali maka tidak ada artinya dia menjadi orang islam, di ibaratkan seperti orang yang buta huruf. Jika tidak bisa mengusai atau membaca al-quran dengan pandai atau hebat, dengan dia mau memahami bagaimana cara membaca al-quran. Hal tersebut sudahlah cukup baik untuk dia sebagai orang muslim. Orang islam yang menginginkan untuk bisa menguasai isi al-quran(bisa pandai membaca al-quran), maka orang islam tersebut mungkin bisa dikatakan sempurna islamnya.

Kewajiban bagi seluruh umat islam adalah bisa mempelajari al-quran mencakup membaca al-quran, cara melantunkannya, mau mempelajari makna atau isi dari al-quran serta kemudian mau mengamalkannya pada kehidupan tiap harinya, juga mau mengamalkannya kepada orang lain. Sebagai dasar dan lambang agama islam al-quran ini tidak akan pernah berubah walaupun waktu terus berjalan atau lekang ditelan waktu.

Selain itu juga al-quran juga mempunyai segudang manfaat apabila kita mau mempelajarinya. Apabila kita mau membaca al-quran setiap harinya, banyak sekali manfaat membaca al-quran yang bisa kita peroleh. Manfaat tersebut yaitu antara lain:

  1. Dapat memberikan derajat dan wibawa menjadi lebih baik.

Dengan kita memperbanyak membaca al-quran, maka kita akan bisa terlihat semakin beercahaya dan juga penuh wibawa. Yang mana kondisi tersebut dapat membuat kita bisa dihormati, disayangi dan juga dihargai oleh kebanyakan orang

Seperti yang diterangkan di hadis dibawah ini :

“orang-orang yang paidai atau hebat membaca al-quran maka dia akan selalu ditemani oleh para malaikat pencatat amal yang paling taat kepada Allah SWT dan untuk juga orang-orang yang terbata-bata atau belum lancar membaca al-quran kemudian dia bersusah payah untuk berusaha mempelajarinya maka dia akan mendapatkan pahala berliapat ganda.” (HR.Bukhori).

  1. Dapat mendapatkan pahala dan kebaikan.

Dengan kita membaca al-quran, suasana disekitar kita akan bisa menjadi lebih tenang, damai, juga penuh kebarokahan. Karena dalam kita membaca al-quran, maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan juga mendapatkan kebaikan sebagai manusia yang sholih dari Allah SWT.

Seperti yang diterangkan di hadis bawah ini :

“barang siapa yang membaca satu huruf saja dari al-quran, maka dia akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan tersebut akan dibalas oleh Allah SWT sebanyak sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi).

  1. Mendapatkan Rahmat dan Lindungan.

Hati yang tenang dan juga sabar disaat kita membaca al-quran dapat mendatangkan rohmat dari Allah SWT dan juga mendapatkan perlindungan dari para malaikat dari kejelekan apapun itu, baik yang bersifat tampak atau batal.

Sebagaimana yang diterangkan di hadis dibawah ini :

“ketika para kaum muslim berkumpul dimasjid masjidnya Allah kemudian mereka membaca al-quran dan juga mempelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketenangan, rohmat dari Allah, danjuga dilindungi oleh para malaikat dan juga Allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didepannya.”

  1. Membuat Seseorang Menjadi Berperilaku Mulia.

Orang yang  mempunyai perilaku yang tidak baik akan bisa berubah menjadi orang yang berperilaku mulia, apabila dia mau mempelajari atau membaca al-quran dengan hati yang tenang dan juga dengan rasa yang bahagia.

bacalah alquran
Bacalah Al-quran

Rasullulah Saw bersabda : “sebaik-baiknya manusia adalah orang yang mau mempelajari al-quran dan juga mau mengajarkannya kepada orang lain.” (HR. Bukhori).

  1. Dapat Memberikan Syafaat Ketika Hari Kiamat.

dapat memberikan syafaat
Dapat Memberikan Syafaat

Dengan kita memperbanyak membaca al-quran, maka akan dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang mungkin tidak pernah disangka-sangka atau dibayangkan oleh kita sebelumnya. Bahkan nanti saat kita di hari kiamat, kita juga akan mendapatkan kemuliaan tersebut.

Seperti hadis yang menerangkan tentang hal tersebut :

“bacalah al-quran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim).

  1. Agar Hati Menjadi Lebih Tenang dan Tentram.

    hati yang tenang
    Hati yang Tenang

Membaca al-quran dapat menenangkan pikiran dan juga batin kita, serta dapat pula menjadikan rasa cinta kita lebih kuat kepada Allah SWT, Nabi, Rasul, serta para malaikat.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ra’d ayat 28 :

“orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan juga tentram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tentram.”

Leave a Reply