kasiat jahe
manfaat jahe

Inilah, Manfaat Atau Kasiat Luar Biasa Jahe

Posted on

 

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang banyak di manfaatkan oleh banyak orang, karna jahe memiliki banyak sekali manfaatdan khasiat. Jahe juga merupakan tanaman yang hidup sepanjang tahun di berbagai wilayah, seperti afrika barat, india, karibia, indonesia, cina dan asia barat. Adapun karakteristik atau ciri-ciri jahe yaitu memiliki aroma atau  bau yang khas dan tajam serta terasa hangat bila di konsumsi, berbentuk rumpun atau bertunas dan berbatang semu. Jahe berasal dari asia pasifik yang tersebar dari india sampai cina. Nama latin tanaman jahe yaitu zingiber officinali tergolong dalam famili temu-temuan , sefamili dengan temu-temuan yang lainya seperti temu lawak, kunyit, temu hitam, lengkuas, kunyit, kencur, lengkuas, dan lain – lain.

Jahe biasanya di manfaatkan atau di gunakan sebagai jamu , bumbu masak, atau dapat juga digunakan sebagai minuman penghangat tubuh atau yang biasa di kenal dengan sebutan wedang jahe. Seiring dengan perkembangan zaman jahepun di olah dengan berbagai macam olahan dan campuran makanan, seperti dodol jahe, permen jahe, kopi jahe, manisan jahe, sirup jahe,  selai jahe dan masih banyak lagi olahan lainya.

ciri-ciri jahe
kasiat jahe

Ciri-Ciri Umum Jahe

Bentuk batang berupa batang semu, dengan ketingian antara 30 cm sampai dengan 1 m. Rimpang jahe bil di potong berwarna kuning atau jinga. Daun runcing memanjang dengan panjang 15 – 23 mm dan lebar 8 – 15 mm. Tangkai daun berbulu, panjang 2 – 4 mm , bentuk lidah daun memanjang panjang 7,5 – 10 mm dan tidak berbulu.

Bunganya tumbuh dari permukaan tanah seperti tunas  berbentuk tongkat atau bundar telur, dengan panjang bunga 3,5 – 5 cm dan lebarnya 1,5 – 1,75 cm. Tangkai bunga hampir tidak berbulu, panjan 2,5 cm. Mahkota bunga berbentuk tabung 2 – 2,5 cm berbentuk agak runcing, berwarna kuning agak kehijauan, panjang 1,5 – 2,5 mm, lebar 3 – 3,5 mm, bibir bewarna ungu, gelap berbintik – bintik, berwarna putih kekuningan, panjang 12 – 15 mm.

ciri-ciri jahe
kasiat jahe

Manfaat atau Kasiat Jahe

  1. Menurunkan tekanan darah

    Jahe dapat bermanfaat untu meransang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang menyebabkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

  2. Menurunkan Berat Badan

    seperti yang telah si sebutkan di atas bahwa jahe dapat melebarkan pembulu darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung, sehingga tidak berkontribusi untuk menaikan berat badan. Mengkonsumsi jahe setiap hari dengan cara membuat wedang dapat menjaga kesehatan dan motabolisme tubuh.

  3. Membantu Pencernaan

    Mengkonsumsi jahe dapat mempermudah tubuh anda dalam mencerna makanan setelah makan, di karnakan jahe berkasiat dalam membersihkan usus besar, membuang gas beracun, meningkatkan produksi cairan pencernaan serta membantu dalam memperlancar buang air besar.

  4. Mengatasi Masuk Angin, Demam dan Batuk

    Jahe mempunyai sifat antivirus, antijamur dan antitoksin sehingga tak heran apabila jahe dapat bermanfaat dapat mencegah serta mengobati masuk angin, demam, batuk maupun susah buang air besar. Selain itu, jahe juga dapat mencegah serta mengobati penyakit flu.

  5. Mengatasi Masalah Pernafasan

    Masalah pernafasan yang sering di derita banyak orang adalah pilek dan batuk yang mengangu seseorang di dalam bernafas. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegahkan dan memperlancar sistem pernafasan.

  6.  Mencegah Perut Buncit

    Jahe yang juga berkasiat melancarkan metabolisme. Dengan adanya peningkatan metabolisme akan berdampak pada tubuh sehingga mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut yang buncit.

  7.  Mengobati Sakit Gigi

    Kandungan jahe yang bersifat antijamur dan antibakteri, dapat mengobati nyeri pada gusi dan sakit gigi dengan cara meminuman minuman jahe secara teratur atau rutin.

  8.  Mengobati Bekas Luka Gigitan Ular

    Cara mengunakan jahe sebagai mengobati luka bekas gigitan ular yaitu dengan cara menumbuk rimpang / rizoma dan sedikit diberi garam, lalu tempelkan pada bekas luka gigitan ular ini hanya di gunakan sebagai pertolongan pertama, untuk penangan lebih lanjut penderita harus di bawa ke rumah sakit.

  9.  Menurunkan Kolestrol

    Sebuah setudi telah menunjukan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dapat mengurangi penyerapan kolestrol dalam darah dan juga hati. Kandungan dalam jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah. Selain itu, kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya pengumpalan darah.

  10.  Mencegah Tumbuhnya Kangker

    Sebuah universitas yang ada di Amerika Serikat mengambarkan bahwa secara rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kangker koloretal { usus besar }.

  11.  Sebagai Obat Jerawat

    Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa, jahe membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah, di anjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karna apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti iritasi, mules dan diare.

  12.  Mencegah siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

    Manfaat lainya dari jahe yaitu untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi koum wanita. Di tiongkok china, jahe yang di campur dengan gula merah dalam teh sering di konsumsi untuk mengurangi rasa keram pada saat datang bulan.

  13. Meredakan migrain

    sebuah setudi memgungkapkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, penyebab faktor penyakit rasa sakit . olah sebab itu jahe juga mampu meredakan mirain dan saki kepala.

Maka tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi jahe kara banyaknya manfaat yang di berikan dari jahe. kita dapat mengelolah jahe sesuai dengan kemaun dan kebutuhan kita sendiri – sendiri. kita juga dapat mengolahnya menjadi berbagai macam olahan dan juga dapat di jadikan sebagai ramuan atau obat.

Leave a Reply