manfaat kunyit bagi kesehatan
manfaat tanaman kunyit

Wajib Tau, Inilah Manfaat tersembunyi kunyit

Posted on

Di setiap sesuatu yang di ciptakaNYA pasti memiliki faidah dan manfaatnya sendiri-sendiri namun jarang sekali orang-orang yang dapat menyadari akan hal ini karena, terbatasya ilmu yang di miliki manusia dan luasnya ilmu yang di miliki oleh Sang maha pencipta, contohnya saja kunyit. Siapa yang sangka bahwa tanaman atau rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat, selain sering di gunakan sebagai obat atau biasa kita kenal dengan istilah kunyit.

Ternyata tanaman yang satu ini selain di gunakan untuk jamu dan bumbu masakan, ternyata menyimpan sejuta manfaat yang tak kita sadari dan tak kita ketahui, kunyit sendiri biasanya sangat mudah tumbuh di wilayah tropis terutama di Indonesia, yang tanahnya sangat subur dan sangat cocok sekali di gunakan untuk bercocok tanam, mulai dari padi, jagung, TOGA, tebu, dll.

Karena kondisi yang sangat mendukung ini, tak ayal jika Negara tropis ini menjadi Negara yang sangat di cari untuk di ambil dan di kuasai oleh para penjelajah lautan dari berbagai belahan di dunia, terutama sesuatu yang sangat di incar oleh para penjelajah adalah rempah-rempah, namun malah berambah untuk menguasai negeri tercinta ini.

Dengan semua limapahan kekayaan bumi dan segala keindahan yang di suguhakan di nusantara ini, kita sudah sepatutnya mengucap syukur dan senantiasa menjaga karuniaNYA ini, dengan selalu melindungi lingkungan dan menjaga agar negra kita tidak di alih kuasa oleh para penjelajah lautan.

Dan di sini saya tidak akan panjang lebar lagi karena saya ingin menyampaikan manfaat-manfaat tanaman kunyit bagi kesehatan tubuh kita. Semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan anda untuk lebih memahami tentang khasiat kunyit dengan lebih detail, agar sewaktu-waktu bila kita membutuhkanya kita sudah tau apa sih, manfaat tanaman kunyit ini. Oke langsung saja simak manfaat-manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita, di bawah ini.

manfaat kunyit untuk kesehatan

  1. Manfaat yang utama dan biasa atau umum di ketahui oleh oaran-orang adalah, kunyit dapat di gunakan untuk bahan pewarna alami nasi kuning, karena warna yang di timbulkan dari kunyit akan merubah warna nasi menjadi kuning.
  2. Kunyit dapat di gunakan untuk mencegah kanker, tapi hanya kanker tertentu saja yang dapat di cegah oleh si kuning mungil ini, yaitu kanker hati, kanker usus besar, kanker darah dan kanker prostat.
  3. Menekan radikal bebas, alasanya simple karena si mungil kuning ini mengandung kandungan berupa curcumin yang fungsinya sebagai anti oksidan yang kemudian di gunakan untuk menekan radikal bebas.
  4. Mencegah penyakit leukemia.
  5. Mencegah penyakit alzeimer.
  6. Mencegah depresi seseorang karena, dapat meningkatkan proses neurotropik yang kemudaian dapat mengembalikan ketenangan seseorang yang sedang depresi.
  7. Menyembuhkan Dibetes militus.
  8. Menyembuhkan Tifus.
  9. Menyembuhkan Di sentri
  10. Menyembuhkan Usus buntu.
  11. Haid yang tidak lancer.
  12. Menyembuhkan Sakit perut..
  13. Menghilangkan rasa mual.
  14. Menghilangkan rasa mulas.
  15. Membantu meningkatkan darah.
  16. Menbantu mengobati gatal-gatal akibat serangan seranggan serangga atau ulat bulu.
  17. Membantu mengurangi bengkak akibat gigitan serangga.
  18. Membantu mengobati koreng atau pun borok.
  19. Membantu mengobati bisul di kulit.
  20. Membantu mengatasi sakit maag.
  21. Membantu mengobati sembelit.
  22. Membantu mengurangi sakit kepala.
  23. Membantu menggurangi rasa mual ketika melakukan perjalanan jauh..
  24. Membantu mengobati sariawan.
  25. Membantu meningkatkan nafsu makan yang kurang baik.
  26. Membantu mengobati amandel.
  27. Membantu mengobati berak lendir.
  28. Mengobati rasa sakit karena gigi yang berlubang.

Wow, ternyata banyak sekali manfaat yang luar biasa dari kunyit ini, Maka tak ayal bila kunyit ini biasa di gunakan untuk obat-obatan tradisional dan modern, karena di balik kemungilanya ternyata menyimpan manfaat yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit, dari katagori rendah, sedang, sampai yang kronis atau berat seperti kanker.

Tau gak? Selain untuk obat-obatan ternyata si kuning mungil ini juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan, maka dari itu tak ayal pula, bila tanaman ini telah menjadi primadona bagi orang zaman dulu untuk di jadikan perawatan kulit yang sangat efiktif, karena kandunganya yang luar biasa ini. Dan sampai sekarangpun kita juga bisa menjumpai berbagai lotion kecantikan yang memiliki bahan baku dasar kunyit. Jika kalian penasaran lanjutkan untuk menyimak, apa saja sih manfaat kunyit untuk kecantikan. Oke langsung saja di baca:

Manfaat Kunyit untuk kecantikan:

  1. Salah satu manfaat yang paling popular yaitu untuk menjadikan kulit lebih halus dan tampak lebih cerah, karena kandungan dari kunyit dapat berefek pada pelembutan dan pencerahan kulit secara optimal.
  2. Membantu menghilangkan noda-noda bekas jerawat, sehingga noda pun tampak tersamarkan
  3. Membantu menghilangkan jerawat.
  4. Membantu menghilangkan kerutan di kulit, dan efeknya akan membut kulit kita tampak lebih muda karena hilangnya kerutan-kerutan di kulit.
  5. Selain di gunakan untuk pewarna nasi kuning, ternyata kunyit juga bisa di gunakan pewarna rambut alami.
  6. Mencegah terjadinya penuaan dini.
  7.  Membantu melembabkan kulit yang kering, menjadi lebih lembab.
  8.  Membantu mengurangi rambut di kulit.
  9.  Membantu mengurangi ketombe yang ada di kulit kepala.
  10.  Membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak buruk.
  11.  Membantu membuat kulit kita lebih cerah dan tampak lebih putih alami, terutama bagi kulit kuning langsat.
  12.  Membantu menghaluskan bagian-bagian kulit yang kasar, seperti kulit tumit dan kulit siku, yang secara umum jarang sekali di rawat.

Cara penggunaanya pun juga tegolong simple yaitu dapat di olah dengan cara di masak sebagai bumbu, di ambil ekstraknya , di buat campuran, atau di buat masker wajah, dll.

Bagaimana apakah anda takjub akan manfaat kunyit yang sangat banyak dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?. Tentu kita takjub akan manfaat si kuning mungil ini. Sungguh besar kuasaNYA karena telah menciptakan segala sesuatu dengan faidah dan manfaat yang sangat besar sekali, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply