Macam-Macam Batik Yang Ada di Indonesia

Posted on

 

Hay guys kita ketemu lagi, di indonesia itu banyak sekali keanekaragaman suku budaya yaitu salah satunya adalah kain batiknya. Di berbagai daerah, suku mempunyai motif batik yang khas sesuai dengan daerahnya, dan pada motif batik tersebut, terdapat makna yang sangat berarti bagi daerah tersebut. Kali ini saya akan memberikan info tentang Macam-Macam Batik yang ada di Indonesia, berikut adalah penjelasanya.

Macam-Macam Batik di Indonesia

 1.Batik Solo

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan batik ini, karna sudah terkenal di indonesia maupun manca negara. Selain warnanya yang mecolok, motifnya pun memiliki arti tersendiri bagi rakyat solo. Dan motif yang paling populer yaitu ada 5:motif ratu atih, motif sido asih, motif parang kusuma, motif sekar jagad, dan motif bokor kencana. Bila anda ingin membeli batik solo, belilah di toko yang terkenal di solo yaitu di Kampung Laweyan.

 2.Batik Pekalongan

Salah satu batim yang terkenal di jawa tengah selain di solo, adalah Batik Pekalongan. Batik pekalongan ini mempunyai tipikal di daerah pesisisr, yang memiliki banyak warna, bahkan banyak batik pekalongan yang kombinasi 10 warna sehingga terlihat aktraktif namun masih tetap dinamis. Motif dari batik pekalongan pun ada banyak sekali salah satunya adalah motif: jlamprang, liong, semen, dan masih banyak lagi.

 3.Batik Jogja

Siapa yang sudah pernah ke jogja? saya sarankan agar membeli batik jogj, karena motifnya yang sangat bagus, harganya pun cukup terjangkau. Dahulu batik jogja hanya di pakai oleh kalangan tertuntu, seperti raja-raja dan sebagainya. Motif dari batik jogja juga pun ada banyak macam yaitu motif: kawung, parang kusumo, truntum, tambal, dan motif pamiluto.

 4.Batik Madura

Mungkin kalian hanya mengenal madura dengan karapan sapinya, atau hanya satenya, atau bahkan hanya mengenal dengan penghasil garamnya, madura juga memiliki batik yang mempunyai motif yang cukup unik. Warna batik madura terlihat lebih cerah, sehingga terlihat seperti tegas dan berani.

  5.Batik Jakarta

Mungkin kalian jarang melihat batik jakarta ini, batik ini asli dari betawi, memang sekarang sudah jarang, tapi dahulu batik ini menjadi idola bagi rakyat ibu kota. Pamor batik betawi saat ini kalah dengan batik solo dan jogja.

 6.Batik cirebon

Batik cirebon atau yang sering di sebut dengan batik megamendung, merupakan batik khas asli cirebon. batik cirebon ini merupakan batik yang terunik di banding batik yang yain, sampai-sampai batik cirebon mendapatkan pengakuan sebagai salah satu World Heritage dari indonesia dgn mendaftarkanya ke UNESCO dan PBB.

 7.Batik Bali

Batik tidak hanya terkenal sarungya, bali pun juga memiliki kerajinan batik. Batik tidak hanya di pulau jawa saja, melainkan di pulau-pulau yang ada di indonesia. Batik bali adalah batik yang sangat indah, karena terinspirasi dari pulau dewata tersebut.

 8.Batik Banten

Ini adalah batik dari daerah saya yaitu batik banten. Batik banten merupakan batik Terbaik di dunia yang telah mendapat pengakuan internasional. keunikan dari batik banten adalah yang tidak ada di batik yang lain adalah sebagai media tell of story(menceritakan tentang sejarah).

 9.Batik Tasik

Selain batik cirebon yang ada di jawa barat, ada juga batik yang berasal dari jawa barat yaitu batik tasik. Batik dari tasik ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu yaitu warna warnanya yang cerah dan bermotif flora dan fauna sperti burung, bunga dll.

 10.Batik Minangkabau

Siapa bilang hanya pulau jawa dan bali saja yang memiliki batik, di minangkabau(sumatra) juga memiliki batik. Batik minangkabau(padang) atau yang sering kita sebut dengan batik tanah liek, batik ini sekarang sudah sangat sulit di temukan / di jumpai.

  11.Batik Sidoarjo

Kota yang biasa kita sebut dengan kota lumpur lapindo memiliki motif batik yang tersendiri, di sidoarjo memiliki tempat batik khusus yaitu di kampung jetis, yang merupakan sentra pembuatan batik yang ada di sidoarjo. Hasil produksi batik di sidoarjo telah di kirim ke berbagai tempat. Letaknya yang cukup dekat dengan surabaya menjadikan perekonomian di kota sidoarjo meningkat tajam. Lokasi kampung batiknya itu berada di tengah-tengah kota sidoarjo.

  12.Batik Ciamis

Batik ciamis ini tidak jauh beda dengan batik yang berasal dari cirebon.  Waarna dari batik ciamis sendiri adalah hitam, nila putih, dan coklakekuningan. Biasanya batik ini di sebut dengan batik ciamisan.

 13.Batik Semarang

Semarang juga termasuk sentra batik yang ada di jawa tengah. Kampung batik di semarang berlokasi di kelurahan bubakan, kecamatan mijen, Semarang juga menawarkan berbagai motif yang khas dari pada motif batik yang ada di jawa tengah. Pada dasarnya, batik semarang itu berwarna orange, karena mendapat pengaruh dari negara china dan eropa. Motif dari batik searang berupa flora dan fauna, seperti: merak, kupu-kupu, cendrawasih, burung phoenix dan sebagainya. Dana ada juga motif batik yang berlogo ikon kota semarang, seperti: Lawang sewu, tugu muda, wisma perdamaian, dan gereje bleduk.

 14.Batik Tegal

Batik tegal merupakan batik yang di dominasikan berwarna biru dan coklat. Motif dari batik tegal sendiri adalah motif yang tidak ada di daerah lain, sehingga batik tegal ini bisa di katakan dengan motif yang ekslusif.

 

Selain batik yang di atas tadi, masih banyak sekali motif-motif batik yang ada di indonesia ini. Intinya hargailah dan lestarikanlah batik kita ini, karena batik juga termasuk Ikonya Negara Indonesia. Sekian dari saya semoga bermanfaat!!.

Leave a Reply