artikel
Artikel

Tips Membuat Artikel Yang Menarik

Posted on

Banyak sekali orang yang hobi menulis artikel dan kebanyakan dari mereka ingin menjadi blogger. Tetapi, juga sering ditemui artikel yang kurang menarik untuk dibaca karena beberapa hal, mungkin seperti artikelnya terlalu panjang. Karena memang tidak semua orang itu suka pada artikel yang panjang. Hal ini terjadi dikarenakan, ada juga orang yang tidak suka untuk membaca ataupun malas untuk membaca artikel yang panjang. Karena tujuan kita membuat artikel salah satunya yaitu agar kita membuat seseorang untuk membaca artikel yang kita buat.

Mungkin berikut ini tips untuk kalian para penulis artikel atau blogger, agar artikel yang kalian buat itu bisa banyak dibaca oleh orang lain. Tetapi sebelumnya, artikel yang menarik itu tidaklah harus membahas sesuatu yang luar biasa. Karena dalam membuat artikel itu yang terpenting itu adalah cara pengemasan kita. Mungkin hal apa saja yang kalian sedang pikirkan, kemudian kalian buat menjadi sebuah artikel. Walupun hal yang sedang kalian bahas itu terlihat sederhana, namun jika cara pengemasan yang kalian buat itu menarik, ya akan tetap menarik.

Mungkin ini beberapa tips untuk membuat artikel yang menarik untuk kalian.

  1. Rajin Membaca

rajin membaca
Rajin Membaca

Tidaklah mungkin jika kita mampu membuat sebuah artikel yang menarik, namun ternyata kita sendiri jarang untuk membaca artikel apapun. Dengan kita memperbanyak untuk membaca majalah, buku-buku, atau artikel-artikel yang ada di internet, jadi kita akan mempunyai banyak referensi untuk menulis sebuah artikel. Selain itu juga kita akan bisa menilai dengan sendirinya, apakah artikel kita ini menarik, artikel apa yg menarik untuk dibahas.

  1. Memilih Tema yang Menarik

    memilih tema yang menarik
    Memilih Tema yang Menarik

Banyak atau tidaknya orang yang membaca artikel yang kita buat, itu juga karena menarik atau tidaknya tema yang kita buat. Jika tema yang kita buat itu menarik, pasti akan banyak orang yang membacanya. Kita bisa menentukan tema artikel yang akan kita buat dengan cara mungkin membaca buku, mencari atau browsing di internet, saling sharing dengan teman kita atau bertukar pengalaman. Sebelum kita membuat sebuah artikel, usahakan tema yang kita pilih itu menarik untuk kita sendiri maupun orang lain. Pilihlah tema yang mungkin sudah dikuasai oleh kalian atau jika tidak kalian bisa melakukan riset atau mencari tau tentang tema tersebut.

  1. Fokus Terhadap Tema yang Dibahas

Kemudian setelah kita menentukan tema yang dibahas. Usahakan untuk tidak keluar dari topik pembicaraan atau istilahnya Out of Topic. Mungkin ditengah-tengah saat kita sedang menulis artikel, kemudan tiba-tiba kita mendapat ide-ide yang lain. Kalian jangan langsung berfikiran untuk memasukkan ke dalam tulisan tersebut. Kalian bisa mencatatnya dan menyimpannya dulu, mungkin nanti kalian bisa gunakan untuk tulisan berikutnya.

  1. Penggunaan Bahasa yang Mudah Untuk Dipahami

Usahakan agar dalam tulisan yang kita buat itu mudah untuk dipahami oleh orang umum. Tulisan yang kita buat jangan terlalu banyak menggunakan bahasa asing, bahasa daerah, atau istilah-istilah yang lain. Kita supaya bisa untuk menghindari kalimat atau paragraf yang telalu panjang, sebab akan membuat pembaca malas untuk membaca atau lelah membacanya. Juga kita supaya menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit dan mudah untuk dipahami.

  1. Format Tulisan yang Rapi

Dalam tulisan yang kita buat, usahakan formatnya itu terlihat rapi dan juga sistematis. Kita supaya untuk menghindari kesalahan pada tulisan yang kita buat atau istilahnya typo. Apabila tulisan yang kita buat itu berantakan, maka tema yang menarik pun tetap orang itu akan lebih cenderung malas untuk membacanya. Sebelum artikel yang kita buat di-post atau diterbitkan, kita harus membaca ulang terlebih dahulu agar ada kesalahan tulisan atau typo.

  1. Penambahan Gambar atau Video yang Menarik

    penambahan gambar atau video
    Penambahan Gambar atau Video

Penambahan gambar atau video akan sangat berpengaruh, karena orang akan cenderung malas untuk membaca jika dalam artikel tersebut hanya berisi sebuah tulisan. Dalam penambahan gambar, pilihlah gambar yang sesuai dengan yang sedang dibahas. Juga usahakan, resolusi gambar tersebut tinggi.

  1. Menentukan Judul yang Menarik

Dalam kita menentukan judul, usahakan agar orang yang membaca judul kita terpancing untuk membukanya. Walaupun isi artikel yang kita buat itu memiliki banyak manfaat untuk orang banyak, namun jika judulnya tidak menarik. Maka orang tidak akan terpancing untuk membacanya. Buatlah semenarik mungkin judul artikel yang kalian buat agar orang terpancing untuk membacanya.

  1. Minta Pendapat Kepada Orang Lain

meminta pendapat orang lain
Meminta Pendapat Orang Lain

Mintalah pendapat dari orang lain tentang artikel yang kalian buat. Karena saran dan juga masukan dari orang lain itu bermanfaat untuk kemajuan kita.

Incoming search terms:

  • видео

Leave a Reply