Kerokan Tidak Baik Untuk Kesehatan

Posted on

 

 

Mungkin kita tidak asing lagi istilah kata ”Kerokan” yang khususnya bagi orang Indonesia  dan sudah dikenal dari ratusan tahun yang lalu. Kerokan merupakan sebuah pengobatan alternatif yang sering dilakukan oleh orang perdesaan maupun orang kota untuk mengobati masuk angin. Kerokan  juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang harus kalian ketahui. Pengobatan tradisional ini menggunakan beberapa benda tumpul yang mampu membantu dalam pengobatan tersebut benda itu seperti koin, batu giok, gundu, hingga jahe dan potongan bawang merah. Selain itu juga kerokan juga membutuhkan beberapa  cairan yang berguna untuk melicinkan punggung ketika sedang melakukan kerokan. Adapun cairan yang harus digunakan untuk kerokan seperti  minyak telon, minyak olive, minyak kelapa dan masih banyak lagi minyak-minyak yang bisa di gunakan untuk kerokan.

Kerokan ini bukan hanya berkembang di Indonesia saja selain Indonesia juga ada yang menggunakan pengobatan seperti ini seperti Negara Vietnam yang menyebut kerokan sebagai cao giodi, kamboja menyebut  goh kyol dan china menyebutnya gua sua.

Negara-negara lain menggunakan pengobatan seperti ini karena mereka percaya bahwa pengobatan ini bisa mampu mengatasi penyakit seperti masuk angin. Karena masuk angina bisa membuat tubuh menjadi pegal-pegal, nyeri, dan mual. Jika kalian mengalami seperti ini mungkin sedang dalam kondisi masuk angina, dengan begitu kalian akan melakukan kerokan. Karena apa ketika kalian kerokan punggung yang akan di gosok yang akan terjadi inflamasi dengan tujuan untuk menetralisir rasa sakit dan membuka pori-pori yang tujuannya untuk mengeluarkan angina yang ada di dalam tubuh kita. Inflamasi ini di tandai dengan warna merah-kemerahan karena terjadi proses peradangan yang banyak mengandung darah akibat dari pembulu kapiler yang awalnya kosong karena penyempitan telah melebar dan diisi dengan adanya aliran darah. Oleh karena itulah ketika melakukan pengobatan kerokan ini akan menyebabkan kulit menjadi merah-kemerahan.

Itulah manfaat kerokan bagi kesehatan kita untuk mengatasi masuk angina. Meskipun kerokan baik untuk kesehatan kita. Kita juga harus ketahui bahwa kerokan juga berbahaya bagi kesehatan kita walaupun belum banyak yang menyadari bahwa kerokan juga tidak baik untuk kesehatan kita. Karena apa kerokan belum bisa di rasakan langsung melainkan akan di rasakan dalam waktu yang lama. Sebab itulah sebelum kita melakukan kerokan terlebih dahulu kita perlu ketahui bahwa kerokan juga tidak baik untuk kesehatan kita. Adapun efek dari kerokan itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Mengakibatkan Iritasi Kulit

karena terjadi gesekan pada sel kulit. Jika dilakukan terlalu sering itu tidak apa-apa, akan tetapi apabila di lakukan sering maka kulit akan terkikis. Perlu kita ketahui bahwa fungsi kulit tujuanya untuk mencegah tubuh adanya masuknya kuman ke dalam tubuh kita.

  • Akan Ketagihan

Banyak orang melakukan kerokan ini membuat orang tersebut ketagihan dan ingin melakukannya lagi. Hal ini timbul karena adanya rasa nyaman dan hangat ketika sendang melakukan kerokan. Justru hal itu apabila sering di lakukan akan mengakibatkan  yang tidak baik untuk kesehatan.

  • Masuknya Bakteri Dan Virus

Pada saat kita sedang melakukan kerokan maka kondisi pori pori pada tubuh kita akan mengalami pelebaran. Dalam kondisi tersebut terjadi karena adanya gesekan pada kulit kita dengan benda tumpul tersebut maka akan mengakibatkan masuknya virus dan bakteri pada tubuh kita. Apalagi jika benda tumpul itu dalam keadaan tidak steril. Maka hal itu selalu perhatikan kesterialan pada benda yang akan digunakan untuk kerokan pada tubuh kita.

Nah itulah beberapa dampak bahayanya kerokan, dan apabila kalian masuk angina cobalah pengobatan lainnya seperti dengan di bekam. Itu juga bisa untuk menghilangkan masuk angin.

Leave a Reply