menjaga kesehatan mata

Ini Tipsnya, menjaga kesehatan mata kita

Posted on

Di zaman yang semakin maju ini banyak sekali alat-alat elektronik yang semakin canggih, seperti saat ini yang sedang menjadi viral dan trend gaya hidup, yaitu ponsel, dari kalangan atas sampai kalangan bawah, sekarang ini sudah dapat memakai perangkat tersebut, selain ponsel sebagai salah satu pemicu terjadinya gangguan kesehatan, ada juga perangkat elektronik lain yang juga berdampak buruk bagi kesehatan , yaitu TV dan komputer.

Sebagai efek dari kecanggihanya itu, biasanya dapat menimbulkan efek yang buruk, terutama bagi kesehatan mata, kenapa mata yang saya utamakan mendapat dampak negatif? Yap, benar sekali karena cahaya dari gadget dan alat eletronik di atas sangat tidak baik untuk kesehatan mata, karena sinar radiasi yang tidak di lapisi dengan pelindung khusus, seperti anti radiasi akan langsung masuk ke mata, kemudian lama-kelamaan mata akan merasa lelah dan sering mengeluarkan air.

Sebenarnya penyebabnya sangat beragam mulai dari, sering membaca buku terlalu lama, membaca buku sambil tiduran, kurangnya asupan gizi yang cukup terutama vitamin A sebagai sarana penyokong atau memenuhi kebutuhan gizi yang di perlukan mata.

Banyak sekali gejala-gejala yang akan di timbulkan oleh kebiasaan-kebiasaan atau gaya hidup di atas. Contoh dari dampaknya adalah mata minus atau biasa kita sebut ( rabun jauh ), adalah suatu keadaan di mana bola mata menjadi melonjong dan bayangan yang di pantulkan tak sampai pada bagian menyalurnya cahaya atau objek. Maka, pengelihatan pun menjadi buram. Dalam istilah kedokteran kelainan ini di namakan ( Miopi ) namun kelainan ini dapat di bantu dengan lensa cekung. Ada juga dampak yang lainya yaitu mata silinder yang memiliki dampak berupa terjadinya lengkungan di kornea mata sehingga kita tidak dapat melihat obyek dengan fokus karena bayangan atau objek yang kita lihat biasanya ada dua bagian. Dalam istilah kedokteran ini di namakan     ( Astigmatisme ). Namun kelainan ini dapat di bantu dengan lensa silinder. Dan masih banyak lagi macam-macam kelainan mata.

cara menjaga kesehatan mata kita

Dan di sini, saya ingin share tips cara menyembuhkan atau merawat kesehatan mata, karena mata adalah salah satu aset penting dan utama bagi kita dan menjadi salah satu indra yang sangat berperan untuk melakukan aktifitas sehari-hari, jika mata kita terganggu maka sudah tercabutlah kenikmatan kita untuk melihat keindahan dunia yang di karuniakan Tuhan untuk kita, maka dari itu marilah kita saling menjaga kesehatan mata atau mencoba menyembuhkan mata kita. Dan inilah tips dari saya :

Cara merawat kesehatan mata:

  1. Selalu makan buah-buahan dan sayuran secara teratur terutama sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A sepeti Wortel. Atau bisa juga dengan minum pil vitamin Auntuk menjaga agar mata kita mendapatkan asupan gizi yang cukup. Dan pastinya tidak mudah lelah atau sakit.
  2. Selalu jaga jarak ketika membaca buku, setidaknya kita membaca buku dengan jarak 30cm agar mata kita tidak mudah lelah k membaca buku dengan kurun waktu yang lama.
  3. Selalu batasi dan jaga jarak ketika bermain gadget, komputer, TV. Karena efek cahaya yang di keluarkan oleh alat-alat elektronik di atas sangatmempengaruhi kesehatan mata kita.
  4. Bila perlu selalu gunakan kaca mata anti radiasi ketika sedang menggunakan komputer, gadget dan TV. Karena dengan kita menggunakan kaca mata anti radiasi maka kita akan terlindung dari paparan cahaya yang di keluarkan oleh alat-alat tersebut.
  5. Selalu istirahatkan mata anda bila sudah merasa capek atau terasa berat, karena ini adalah salah satu cara mata untuk memberitahu kita bahwa dia sudah melewati batas untuk melakukan aktifitas.
  6. Usahakan selalu melihat alam atau pepohonan yang berwarna hijau alami, sebagai salah satu cara untuk merelaksasikan mata, agar mata tidak tegang dengan segala kesibukan yang sangat membuatnya lelah dan kecapekan.
  7. Dan yang terpenting anda harus selalu rajin cek kesehatan mata. Setidaknya agar anda tau bagaiman keadaan atau kondisi mata anda saat ini, apakh sehat-sehat saja atau sedang terjadi gejala-gejala kelainan mata.

Mari kita selalu menjaga kesehatan mata kita, karena mata adalah karuniaNYA yang sangat berharga. Agar kita dapat selalu melihat betapa indahnya dunia dan betapa indahnya ketika pengelihatan kita tidak terganggu oleh penyakit yang dapat mengurangi kenikmatanNYA. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply