waktu yang baik untuk mandi

Waktu-Waktu Penting Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mandi

Posted on

Mungkin di antara kita suda mengangap baha mandi merupakan rutinitas sehari yang dilakukan untuk menjaga kesegaran tubuh yang tidak boleh di tingalkan baik di kalangan orang tua, remaja, bahkan anak yan masi kecil. Pada dasarnya kta perlu mandi dalam setiap harinya agar badan menjadi lebih segar dan pikiran menjadi lebih fresh sehingga dapat berpikir dengan jernih dan semangat di dalam menjalani aktivitas yang dilakukanya, namun sayangya masi banyak di antara kita  yang belum menyadari akan beberapa hal yang harus dilakukan di saat akan mandi sehingga mandi di lakukan secara asal-asalan, terutama di saat sistuasi mendesak atau tergesa-gesa, nah agar mandi anda dapat lebih memberikan lebih banyak manfaat bagi anda, coba perhatikan beberapa hal berikut dan teapkan di dalam rutinitas mandi anda.

Waktu-Waktu Yang Tidak Baik Untuk Mandi

·       Hindari mandi setelah shalat asar hinga 1 jam sesudahya

Yaitu hindar mandi sekitar jam  03.10 hingga sekita jam 4.20, hal itu tidak baik dilakukan dikarnakan pada saat jam-jam tersebut, kondisi atau keadaan darah dalam tubuh dalam keadaan yang cukup panas. Akibatnya apabila di paksakan mandi pada saat waktu tersebut, maka malah akan menjadikan tubu menjadi letih atau terasa capek. Sehingga kurang sehat dan dapat menganggu aktivitas yang akan di lakukan setelahnya. Maka dari itu, anda lebih baik tidak membiasaka mandi pada saat jam tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

·       Hindari mandi setelah shalat magrib

Hal itu tidak baik di lakukan dikarnakan sekitar jam 6 sore hingga jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah ktivitas yang di jalani seharian, segingga apabila dipaksakan mandi pada saat jam tersebut maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, utamanya yang sangat berbahaya yaitu rentan terkena penyakit paru-paru basah. Maka alangkah baikya kita tidak melakukan hal itu demi menjaga kesehatan tubuh.

·       Hindari mandi setelah shalat isya hingga jam 12 malam

Demikian pula di saat jam-jam ini , di mana pada jam-jam ini seharusnya tubuh sudah mulai dikurangkan dari aktivitas-aktivitas dan sudah mulai untuk beristrirahat. Dimana pda saat jm-jam tersebut, kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang tubuh karna mandi pda st jam-jam tersebut, seperti penyakit rematik.

 

wakti-waktu yang baik untuk mandi
manfaat mandi di pagi hari

Waktu Yang Baik Untuk Mandi

Di anjurkan mandi di saat waktu subuh atau sebelu subuh

Di saat waktu subuh atau sekitar jam 4 pagi, menjadi waktu yang sangat baik untuk mandi. Dikarnakan pada saat jam-jam tersebut kondisi air mengandung ozon yang lebih tinggi, sehingga dengan adanya kandungan ozon yang tinggi tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh dan menjadikan tubuh mnjadi lebih segar bugar. Sehingga kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di pagi hari dan siang hari menjadi lancar dan maksimal, selain itu juga membantu diri anda menjadi awet muda.

Beberapa manfaat mandi di waktu subuh atau sebelu subuh

1.    Membuat awet muda

Mandi di waktu subuh atau sebelum subuh tidak hanya membuat badan menjadi segar, namu juga dapat membuat kulit menjdi lebih halus dan cerah.

2.    Melancarkan peredaran darah                                                                                                                                                          Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di inggris. Menemukan     penelitian     bahwa seseorang yang rutin mandi pagi mengunakan air dingin {air biasa} bermanfaat peredaran darah akan menjadi lebih lancar.

3.    Menurunkan resiko darah tinggi                                                                                                                                 Menurut ahli penelitian bahwa mandi mengunakan air biasa dapat menuunkan resiko   drah tinggi.

4.    Meningkatkan kesuburan

Mandi di pagi hari dengan air biasa memiliki manfaat penting bagi kesehatan dan kesuburan reproduksi manusia.

5.   Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi di waktu subuh atau sebelum subuh dalam keadaan hawa yang dingin memiliki manfaat yang positif  untuk jaringan tubuh yang semakin baik.

6.   Meredakan depresi

Kebiasaan mandi di pagi hari dengan sesuasana yang dingin  ini dapat bertujuan menjernihkan pikiran, sehingga lebih tenang dalam bersikap.

7.   Memperkuat kekebalan tubuh                                                                                                                                                           Mandi dingin di pagi hari dapat meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan sehingga dapat menurunkan resiko   hipertensi  {Tekan darah tinggi}.

8.   Menjaga kesehatan rambut dan kulit                                                                                                                                              Mandi dengan air biasa juga sangat baik bagi rambut dan kulit.

9.   Meningkatkan suasana hati  untuk aktivitas sehari-hari                                                                                                       Menurut lifehack. Org, mandi di pagi hari mengunakan air dingin sebelum bekerja,  membuat pernafasan menjadi lebih   baik.

Mandi sekitar jam 4.00/4.30 sampai sebelum waktu magrib , ini juga menjadi wktu yang baik untuk mandi.

Leave a Reply