Bermain Permainan Tradisional
Bermain Permainan Tradisional

Flashback Main Permainan Tradisional

Posted on

Permainan pasti kalian tau itu, karna permainan merupakan sesuatu kebutuhan juga yang bisa sebagai penghibur untuk menghilangkan kebosanan juga sebagai Hobi. Di Negara kita ini terkenal dengan keanekaragaman Budaya, Bahasa, Agama sangat banyak sekali selain banyak Makanan Khas, Pakaian Adat, Rumah Adat, pasti juga ada permainannya juga. Permainan Tradisional Indonesia menjadi ciri khas tersendiri dibandingkan Negara lain. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi permainan Tradisional indonesia sedikit demi sedikit mulai hilang dikalangan orang-orang dan jarang dimainkan lagi. Berikut adalah macam-macam permainan Tradisional yang ada di Indonesia:

permainan tradisional
permainan tradisional

1.ABC Lima Dasar

Nama permainan ini diambil karena kamu bermain abc-abc an mengunakan jari-jari tangan. Permainan ini mengharuskan kamu berfikir cepat, dalam memainkan permainan ini tidak mengunakan alat yang lain selain jari. Cara bermainnya anda menyepakati dengan teman-teman anda apa nama-nama yang disepakati misalnya anda menyepakati nama Hewan, Negara, Pemain Bola , dan lain- lain mengunakan jari-jari anda jika yang terakhir tidak bisa menjawab maka akan mendapatkan hukuman yang sudah disepakati. Manfaat permainan ini meningkatkan kenerja otak anda.

2.Balap Karung

Permainan ini jarang sekali ditemukan karna permainan ini keluar mungkin hanya diwaktu hari nasional seperti 17 Agustusan saja, permaian ini bisa dimainkan dari semua kalangan umur. Permainan ini membutuhkan keceptan dalam melompat dan juga harus dapat menjaga keseimbangan karna setengah tubuh kita dari kaki sampai perut memakai karung, permainan ini tidak dimainkan sendiri tapi harus lebih dari satu dan semua berlomba/balapan yang sampai duluan sampai garis finish maka dia yang akan menang

3.Benteng

Bentengan adalah permainan favorit terutama untuk laki-laki, karena permainan ini membutuhkan strategi kecepatan dan kecerdasan, permainan ini dimainkan dengan berkelompok. Sejarahnya permainan ini sudah ada sejak dulu saat Indonesiaberhasil meloloskan diri dari penjajahan Belanda dan mengatakan kemerdekaanya, yang pada saat itu Indonesia semakin bangkit.

Permainan ini akan dimenangkan oleh kelompok yang apabila bisa menyentuh benteng lawan tanpa tersentuh dari lawan, nama benteng sama saja dengan markas.

4 Bola  Bekel

Permainan ini dikategorikan permainan Tradisional juga karna permainan ini sudah dimainkan sejak zaman dulu, permainan ini menjadi permainan favorit terutama dikalangan perempuan. Untuk menyelesaikannya permainan ini membutuhkan waktu yang sangat sedikit. Sejarahnya dulu permainan ini berasal dari Jawa Barat juga ada juga yang mengatakan di Jawa Timur, permainan ini sangat sulit karna membutuhkan ketelatenan tangan permainan ini juga membantu otak.

5.Congklak

Siapa yang tidak mengenal permainan salah satu ini, karna permainan ini memiliki daya tarik dari papan congklak tersebut. Selain itu anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak keringat karna kamu bemain dengan keadaan duduk dan santai permainan ini dimainkan dengan otak dan tangan saja. Permainan ini dimenangkan apabila bisa memilikibiji congklak yang paling bnyak.

6.Enggrang

Enggrang berasal dari Jawa Barat (Sunda). Permainan ini masih bisa ditemui dipedasaan tapi sudah jarang yang bisa memainkan permainan ini, permainan ini biasanya diadakan ketika 17 Agustusan. Permainan ini sangat sulit karna menguji keseimbangan tubuhmu, yang berdiri diatas bambu biasanya tinggi bambunya sekitar 4-5 meter untuk  pijakannya sekitar 1 meter.

7.Engklek/Demprak

Permainan ini sering dimainkan oleh anak perempuan. Permainan ini dimainkan dengan sebuah petak yang bermacam-macam bentuknya,dan juga menggunakan batu atau sebagainya. Permainan ini dimainkan dengan melompat menggunakan satu kaki pada setiap satu petak.

8.Gasing

Permainan yang sering dimainkan oleh laki-laki, permainan ini mengadu ketangkasan, kekuatan, dan ketahanan. Permaianan ini mengunakan gasing yang bentuknya lonjong dan dibagian bawahnya terdapat besi/paku yang berguna agar dapat memutar dengan mudah supaya bisa memutar dengan kencang harus menggunakan tali yang digulung pada gasing tersebut. Permainan ini cukup bahaya maka dari itu supaya berhati-hati dalam memainkannya dan juga untuk yang melihat supaya menjauh

Itulah permainan-permainan Tradisional Indonesia yang memiliki

permainan tradisional
permainan tradisional

banyak manfaat terhadap perkembangan mentoring dan kekuatan tubuh dibandingkan dengan permainan yang hanya menggunakan jari untuk memainkannya. Permainan ini menjadi kenangan indah bagi kamu yang lahir ditahun 90an sampai skitar 2000an. Untuk mengenang dan membangkitkan permainan tradisional agar terus bisa dimainkan oleh anak-anak sekarang.

Leave a Reply