Penting, Jenis-Jenis dan Manfaat Tanaman Obat bagi kesehatan

Posted on

Indonesia di mata dunia terkenal dengan negara yang agaris, tanahnya sangat subur, hampir di setiap kota di indonesia tanahnya subur.  Tapi sayang, kebanyakan warga indonesia lebih memilih barang yang ada di luar negeri, dari pada di dalam negeri, Contohnya adalah obat-obatanya. padahal kita tidak perlu jauh-jauh membeli obat di luar negeri, padahal di negara kita sendiri banyak sekali obat-obat bagus, apalagi bahan-bahanya dari bahan alami. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Jenis-jenis dan Manfaat tanaman Obat.

Tanaman Obat atau yang sering kita sebut dengan Tanaman Herbal merupakan tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang ada di dalam diri kita, mulai dari penyakit yang ringan,  maupun penyakit yang berat. Selain mudah mendapatkanya, tanaman obat ini tidak menggunakan bahan kimia jadi lebih ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut adalah Jenis-Jenis dan Manfaat Tanaman obat:

  1. Tanaman Blustru.

Tanaman ini merupakan tanaman yang biasa kita sebut dengan ketela manis. Merupakan tanaman yang sudah ada dan diberikan secara turun temurun. Tetapi, tanaman ini sekarang sudah jarang sekali/sulit di temukan, bahkan sekarang hampir tidak ada yang tau gimana bentuknya tanaman ini. Gunanya tanaman ini dalam obat adalah berguna untuk Mengobati Asma. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara daunya di cuci sampai bersih, kemudian di tarus di atas nasi(ketika sedang menanak nasi) setelah itu makanlah di jadikan sebagai lalapan setiap hari.

  1. Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack)

Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kadar testoteron(dapat menambah gairah sexual pada pria). Biasanya tanaman ini tumbuh di daerah Kalimantan. Selain itu juga dapat /mampu menjadi obat ejakulasi diri. Biasanya tanaman ini dibuat menjadi bubuk teh dan bubuk kopi.

  1. Lidah Buaya

kalian pasti tidak asing lagi dengan tanaman ini. Sejak zaman dahulu banyak orang-orang dahulu menggunakan tanaman ini sebagai perawat kecantikan. Bahkan saat ini di Jepang mereka menggunakan tanaman ini sebagai obat Kangker. dan saat ini, lidah buaya juga di gunakan untuk bahan makanan, seperti Cendol yang berada di pontianak.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat khas indonesia yang berguna sebagai Anti Radang dan Anti Keracunan Empedu. Temulawak juga mampu mencegah penyakit Hepatitis B, yang berperan sebagai faktor utama penyebab penyakit Kanker Hati.

  1. Daun Dewa

 

Dari namanya saja sudah bagus, daun ini di percaya mempunyai manfaat bagi kesehatan. Daun dewa ini mempunyai kandunan minyak atsiri, saponin,dll. Daun dewa ini juga dapat menyembuhkan penyakit Stroke, dapat mencegah penyakit Stroke, daun ini juga dapat menyembuhkan luka memar dan munurunkan darah tinggi.

     6. Daun Jarak

 

Daun jarak memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai anti Reumatik, sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai obat Kangker Rahim, Hernia, TBC. namun kalian harus berhati-hati karena, jika kalian menggunakan biji jarak secara berlebihan, akan mengakibatkan anda dapat keracunan, yaitu ciri-cirinya kepala anda akan terasa pusing, Muntah dan berak,badan terasa panas,dll.

  1. Mengkudu

Buah ini tidak asing lagi bagi kita, menurut kalian ini merupakan buah yang aneh, tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat Obat Jantung Koroner, dan dapat mencegah penyakit Jantung koroner. Cara mengkonsumsinya mudah, yatu dengan cara, buahnya di jus, lalu disaring, setelah di saring, tambahkan madu, dan minum setiap hari.

Sebenarnya masih banyak lagi Tanaman Obat yang kita ketahui, dari berbagai daerah,desa, masih banyak lagi tanaman obat yang berguna bagi kesehatan. Maka dari itu, rajin-rajinlah meminum tanaman obat seperti jamu,dll. Sekian dari saya, Terima kasih banyak telah menyimak artikel saya ini.

Leave a Reply