bunga rosella 1
bunga rosella 1

Apa Sih Manfaat Dari Bunga Rosella?

Posted on

Pasti diantara kita sudah banyak yang mengetahui tentang bunga rosella atau bahasa latinya “Hibiscus sabdariffa Linn”, Tanaman ini merupakan sejenis dengan kembang sepatu, menurut ceritanya tanaman ini berasal dari Afrika dan Timur tengah. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 3-5 meter, tapi jika sudah dewasa tanaman ini akan mengeluarkan bunga yang berwarna merah, bunga dan bijinya inilah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bunga Rosella
Bunga Rosella

Belum lama ini saya mencoba untuk untuk membuat teh dari bunga rosella, ternyata rasanya berbeda dengan teh pada umumnya, teh rosella mempunyai warna merah dan rasa yang segar.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05, setiap 100 gram rosella terdapat

  • 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1, B2.
  • 486 mg kalsium, omega 3, magnesium, beta karotin dan asam amino esensia.
  • Serta terdapat kandungan serat yang tinggi yang membantu dalam saluran pencernaan.

Tanaman yang berkembang biak dengan biji ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, stamina didalam tubuh kita akan meningkat jika kita rutin mengkonsumsi bunga rosella. Vitamin C didalam rosella ini dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, kalsium yang tinggi juga dapat mencegah dari pengeroposan tulang, sedangan zat zat lainya didalam rosella ini mampu melindungi tubuh dari infeksi kuman maupun virus.

Jika anda tertarik untuk membuat teh rosella, petik 3-4 bunga rosella segar / yang sudah dikeringkan, cuci bersi dan belahlah menjadi 2 bagian, seduh dengan 200 ml air panas, aduk dan tekan bunganya pelan-pelan hingga air berubah warnanya menjadi merah, setelah siap saring airnya dan tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu, dan teh rosella siap disajikan, mudah bukan.

Bunga rosella  (hibiscus sabdariffa) merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Sekarang kita membahas tentang manfaat-manfaat bung rosella itu sendiri, apa sih manfaatnya :

  • Bersifat detoksifikasi (menetralkan racun)

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, ini sangatlah baik bagi tubuh karena bisa membantu dalam pembersihan tubuh dari racun yang tanpa kita sadari masuk ketubuh kita.

Jika seseorang menderita darah tinggi iu dikarenakan seseorang mempunyai keluarga yang memiliki hipertensi, terlalu banyak mengonsumsi garam, terlalu banyak minum minuman keras dll,maka dari itu, teh rosella ini akan sangat membantu anda dalam menurunkan darah tinggi.

  • Menghambat tumbuhnya kanker didalam tubuh

Didalam teh ini juga mengandung vitamin C yang tinggi dan sangat baik dalam membantu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker dalam tubuh.

  • Melindungi dari infeksi

Infeksi merupakan proses invasi dari beberapa mikroorganisme kedalam tubuh seperti jamur, bakteri, virus dan parasit. Dan mikroorganisme ini dapat tumbuh di dalam tubuh saat keadaan tubuh kurang sehat. Maka dari itu, rosella ini sangat baik melindungi tubuh dari infeksi.

  • Mampu menyeimbangkan berat badan

Mungkin bagi semua orang akan malu dan minder jika mempunyai badan yang besar dan tidak ideal, salah satu salah satu cara alternatif untuk diet anda bisa mengonsumsi teh in setiap hari.

  • Mampu menghaluskan kulit dan mencegah keriput

Jika anda ingin tetap awet muda dan menginginkan kulit tetap halus dan tidak keriput, anda boleh mencoba untuk mengonsumsi teh rosella ini. Pasti semua orang menginginkan tetap awet muda kan.

 

Dan masih sangat banyak manfaat – manfaat dari rosella ini. Mungkin cukup sekian artikel dari saya dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply