Fungsi Hard Disk

Posted on

Keberadaan perangkat computer atau pun laptop dan perangkat lainnyayang sejenis tentu saja tak berarti apabila tdak ada prangkat yang bernama hard disk. Sering kalimenjadi pusat penyimpanan data, memory dan informasi untuk sebuah perangkat berbasis laptop atau computer, perangkat hard disk tentu saja sudah menjadi perangkat yang harus di pelihara bagaimana pun keadaannya. Jika tidak ada hard disk maka computer atau laptop akan menjadi lemot.

Pengertian Hard Disk

Hard disk adalah perangkat keras computer atau laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi penyimpanan data. Data data yang di simpan di hard disk tidak akan mudah hilang. Kapasitas daya tampung hard disk itu sangat lah besar.

Fungsi Hard Disk

Fungsi Hard disk adalah untuk penyimpanan data yang dihasilkan oleh proses perangkat computer atau pun laptop. Selain memiliki ruang utama, hard disk mempunyai komponen komponen pada bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang di gunakan untuk peletakkan data dan informasi dari ruang utama rad disk.

Hard Disk Drive

Hard disk drive telah menjadi jenis dominan penyimpanan sejak masa awal komputer. Sebuah hard disk drive terdiri dari disk keras dibuat dengan bahan non-magnetik yang dilapisi dengan lapisan tipis bahan magnet. Disk berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi dan pala magnet di pasang pada lengan bergerak di gunakan untuk membaca atau menulis data data.

Solid-State Drive ( SDD )

Solid-State Driver adalah alternative yang relative lebh baru untuk hard disk drive tradisional. Kebanyakan solid-state drive menggunakan flash memory, yang juga digunakan dalam kartu memori untuk kamera digital dan USB flash drive. Karena tidak ada bagian yang bergerak, solid-state drive jauh lebih rentan terhadap kerusakan dari shock fisik. Kelemahan utama dari solid-state drive adalah bahwa mereka jauh lebih mahal daripada hard disk drive, meskipun harga turun secara bertahap.

Kapasita Dan Kinerja

yang paling penting dari sebuah hard drive adalah berapa banyak data yang dapat menyimpan, disebut sebagai kapasitas penyimpanan. Sebuah khas internal hard drive untuk komputer desktop atau laptop baru memiliki kapasitas penyimpanan beberapa ratus gigabyte (GB) hingga 1 terabyte (TB).

Ini termasuk waktu akses, atau waktu yang dibutuhkan untuk mengakses bagian tertentu dari data (diukur dalam milidetik atau ms) dan kecepatan transfer data, atau seberapa cepat data dapat dibaca atau ditulis (diukur dalam megabit per detik atau Mbits / s ). Solid-state drive berperforma lebih baik dibandingkan hard disk drive sehubungan dengan dua karakteristik : mereka memiliki waktu akses lebih pendek dan kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

Eksternal Hard drive

Dalam rangka meningkatkan kapasitas penyimpanan untuk komputer tertentu Anda dapat menambahkan tambahan harddisk internal. Ini seperti sebuah hard drive internal, tetapi dilindungi oleh logam atau casing plastik dan memiliki colokan keluar  untuk terhubung ke komputer. Koneksi USB yang umum, tapi jenis lain interface juga tersedia. Selain menyediakan kapasitas penyimpanan tambahan, disk eksternal juga banyak digunakan untuk membuat salinan cadangan dari file penting dari hard drive internal komputer.

Data Back Up

Biasanya hard drive akan berlangsung selama bertahun-tahun dan Anda dapat memutuskan untuk mengganti seluruh komputer Anda sebelum hard drive rusak atau akan rusak. Namun, bayangkan skenario di mana Anda memiliki laptop baru dan Anda menyimpan semua file penting Anda pada hard drive: file data untuk pekerjaan Anda, tugas untuk sekolah, foto keluarga, pengembalian pajak, semuanya.   Suatu hari Anda bekerja pada laptop Anda dan secara tidak sengaja Anda mendorongnya dari meja Anda di lantai.

Pemulihan data dimungkinkan tapi ini biasanya sangat mahal. Jadi, Anda perlu untuk membuat salinan cadangan dari file penting Anda secara teratur. Sebuah 1TB hard drive eksternal dengan koneksi USB biaya sekitar $ 100, sehingga adalah harga kecil untuk membayar beberapa ketenangan pikiran.

Komponen Komponen Hard Disk

1.Spindle

Hard disk terdiri dari spindle yang menjadi pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat, oleh karena itu harus menggunakan high quality bearing. Dengan fluid bearing maka gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir. Spindle ini yang menentukan putaran hard disk. Semakin cepat putaran rpm hard disk maka semakin cepat transfer datanya.

2.Cakram Magnetik

Pada cakram magnetik inilah dilakukan penyimpanan data pada hard disk. Cakram magnetik berbentuk plat tipis dengan bentuk seperti CD-R. Dalam hard disk terdapat beberapa cakram magnetik. Hard disk yang pertama kali dibuat, terdiri dari 50 piringan cakram magnetik dengan ukuran 0.6 meter dan berputar dengan kecepatan 1.200 rpm. Saat ini kecepatan putaran hard disk sudah mencapai 10.000rpm dengan transfer data mencapai 3.0 Gbps.

3.Enclosure

Enclosure adalah lapisan luar pembungkus hard disk. Enclosure berfungsi melindungi semua bagian dalam hard disk agar tidak terkena debu, kelembaban dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan data. Dalam enclosure terdapat breath filter yang membuat hard disk tidak kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam hard disk karena proses putaran spindle dan pembacaan Read-write head.

4.Read-Write Head

Read-write Head adalah pengambil data dari cakram magnetik. Head ini melayang dengan jarak yang tipis dengan cakram magnetik. Dahulu head bersentuhan langsung dengan cakram magnetik sehingga mengakibatkan keausan pada permukaan karena gesekan. Kini antara head dan cakram magnetik sudah diberi jarak sehingga umur hard disk lebih lama.

Leave a Reply