Kuil Myoryuji di Kanzawa

Ninjadera yang Penuh Dengan Jebakan

Posted on

Mungkin kita sudah pernah melihat kuil – kuil yang berada di Indonesia atau bahkan luar negeri secara langsung, lewat internet, ataupun lewat televisi. Setiap kuil juga memilki ciri khasnya masing – masing. Nah! Di sini kita akan membahas kuil yang berada di Kanzawa. Di mana itu? dari namanya saja sudah pasti kita mengetahuinya kalau itu dari negara Jepang. Yupps! Di Jepang terdapat sebuah kuil unik atau o-tera. Kuil yang terkenal dengan julukannya yaitu kuil ninja yang nama asli dari kuil tersebut adalah Myoryuji. Kenapa di juluki kuil ninja? Kuil tersebut memilki ciri khas dan keunikan yang berbeda dengan kuil – kuil lainnya. Ingin tahu keunikan kuil ini? mari kita simak bersama – sama!

  1. Bisa Merasakan Rasanya Tersesat di Kastil Ninja

Di kuil inilah berbagai macam trik di pasang bagaikan rumah ninja. Oleh karena itu kuil ini mendapat julukan Kuil Ninja atau dalam bahasa Jepangnya Ninjader. Sebetulnya kuil ini tidak mempunyai keterkaitan apapun dengan ninja. Akan tetapi, kuil ini sangat kompleks, dan membingunkan seperti labirin, sehingga bisa dikatakan juga bahwa kalau sekali masuk tidak akan bisa keluar.

  1. Di Bangun Untuk Mengantisipasin Bakufu

Pemimpin dari Klan Kaga generasi ketiga lah yang telah membangun kuil unik ini. Pada saat tahun kedua Kan’ei (tahun 1643) Toshinaga Maeda memindahkan kuil di atas tempat peribadatan didekat Kastil Kanazawa. Bakufu Tokugawa selalu mengawasi Klan Kaga saat membuat kuil yang mana tujuannya kuil ini yaitu untuk mengantisipasi serangan dari pemerintahan Bakufu.

Tampaknya dari luar kuil ini seperti kuil biasanya. Akan tetapi, itu merupakan salah satu trik kuil ini. Dari luar kuil ini hanya memiliki 2 lantai, tapi kenyataannya di dalam kuil ini memilki 4 lantai dengan 7 lapisan struktur internal. Karena pada saat itu aturan bakufu melarang bangunan yang lantainya lebih dari 3.

Selain itu, 2 lantai di tengah itu dibuat sedemikian rupa agar memiliki 23 ruangan dan 29 tangga, menjadikannya seperti labirin yang mudah untuk menyesatkan orang. Oleh kerena itulah, apabila wisata ke kuil ini harus selalu bersama dengan guide khusus, karena kalau tidak berhati – hati maka kamu akan tersesat di dalamnya. Apalagi kuil ini juga banyak menyimpan lubang jebakan, dan ruangan yang mana sekali kamu masuk tidak bisa keluar lagi, maka dari itu akan sangat berbahaya jika tidak bersama dengan guide khusus. Dan masih banyak lagi kejutan – kejutan yang tidak di duga – duga oleh kamu, seperti jebakan di kotak persembahan dan tangga, pintu ajaib dan tangga yang tersembunyi dengan pintu yang mengunci sendiri, jebakan tangga bercelah, menara pengawasan, dan sumur dengan lorong yang tersembunyi.

Jebakan Tangga
Jebakan Tangga
Jebakan di Kotak Persembahan
Jebakan di Kotak Persembahan

Gravatar Image
Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu - kupu yang cantik.

Leave a Reply