Manfaat Jenis-Jenis dan Macam-Macam Buah Pisang

Posted on

Buah Pisang termasuk buah yang sangat mudah di temukan di indonesia, hampir semua kota di indonesia di tumbuhi buah yang satu ini, selain mudah menanamnya, harganya pun cukup menjanjikan. Tapi apakah kalian tahu, banyak sekali macam-macam buah pisang di indonesia ini .Berikut saya akan jelaskan  jenis-jenis buah pisang yang ada di indonesia:

  1. Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan pisang yang menjadi produk andalan di Belanda.  Pisang ambon juga memiliki 2 jenis:

  • Pisang Ambon Lumut yang sering kita sebut dengan ambon hijau, pisang ini memiliki panjang 15-17cm. jumlah per sisir dalam satu tandan biasanya 8 per 120 tandan. Rasa dari pisang ambon lumut ini adalah beraroma dan manis.
  • Pisang Ambon Kuning panjangnya sama seperti pisang ambon lumut, tpi jumlah dalam satu tandan sekitar 6-7sisir, warna dagingya putih kekuning-kuningan, dan tidak memiliki biji, dan rasanya pun manis dan aromanya pun cukup tajam.

Pisang ambon ini mempunya banyak khasiat antara lain:

  1. dapat mencegah penyakit jantung.
  2. dapat menambah darah bagi penderita anemia.
  3. sebagai penurun darah tinggi.
  4. dapat mengobati penderita usus dan lever.

Selain khasiat di atas pisang ambon ini sangat berguna untuk ibu hamil, karena di dalam pisang ambon terdapat kandungan asam folat. Dan untuk kaum yang masih lajang, dianjurkan supaya tidak mengkonsumsi pisang ini dala jumlah banyak.

  1. Pisang Raja

 

Pisang raja merupakan pisang yang banyak sekali tumbuh di kawasan asia tenggara, termasuk indonesia dan malaysia. Buah pisang ini termasuk buah pisang yang termanis dari pada buah pisang yang lainya. Pisang raja memiliki 2 jenis:

  • Pisang raja sereh/pisang susu

pisang ini panjangnya sekitar 10cm. Jumlah sisir dalam satu tandan sekitar 8. Bentuknya lurus dan pangkalnya bulat. Rasanya manis agak sedikit asam, tidak berbiji dan aromanya pun khas.

  • Pisang raja bulu

warna dagingnya itu agak kemerahan dan tidak memiliki biji, teksturnya kasar dan rasanya manis panjang setiap buah sekitar 12-18cm, jumlah sisir dalam satu tandan adalah enam.

2.Pisang Mas

Pisang mas ini sangat cocok untuk cemilan ketika ngobrol bersama teman-teman. Selain itu pisang mas juga banyak mengandung mineral, vitamin, dan zat besi yang tinggi. Berikut khasiat yang ada di dalam pisang mas ini:

  1. Dapat menjadi sumber energi karna mengandung kalori
  2. Dapat mengatasi anemia
  3. Dapat menjernihkan air dan minyak jelantah
  4. Kulitnya dapat menyembuhkan luka

Dan berguna untuk kesehatan ibu hamil dan baik untuk janin.

3.Pisang Barangan

Pisang ini merupakan sejenis pisang yang memiliki aroma dan cita rasa yang tinggi dibanding pisang yang lainya. Pisang ini berasal dari Medan, Sumatra Utara. Pisang ini mempunya gizi yang cukup banyak yaitu energi 110kka, 25,8 karbohidrat, protein 2,8 gr, dan 3 gr vitamin. Pisang dari medan ini juga mempunyai 3 warna yaitu:kuning kemerahan, kuning, dan putih. rasanya pun manis dan tidak berbiji, juga, kulit pisangnya memiliki hitam-hitam totol.

Berikut adalah manfaat buah pisang secara umum:

  1. Dapat membantu proses untuk diet.
  2. Membantu mengatasi anemia.
  3. Dapat mencegah sakit jantung.
  4. Dapat juga mengatasi tekanan darah tinggi.
  5. Dapat memperkuat kekebalan tubuh.
  6. Dapat mengobati gatal-gatal akibat gigitan nyamuk.
  7. Dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.
  8. Dapat untuk memperlancar BAB.
  9. Dapat mengalirkan oksigen menuju otak.
  10. Dapat menghaluskan kulit wajah, dan dapat mengobati luka bakar.
  11. Dapat meningkatkan mood.
  12. Bisa dijadikan masker untuk perawatan wajah.
  13. Dapat mengatasi maag, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali kan manfaat buah pisang, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah ini agar kita selalu sehat. Sekian dari saya terima kasih.

Leave a Reply