kerajinan barang bekas

Mengolah Barang Bekas

Posted on

Manfaat Barang Bekas

Anda pasti tau itu, karna Barang Bekas ini ada dimana bahkan di seluruh Dunia pasti ada, tapi banyak orang yang meremehkan pada barang bekas banyak yang membuang barang bekas itu padahal barang brkas itu bisa dijadikan sebgai karya seni atau sebgainya yang dapat menghasilkan uang, dan juga bisa dijadikan sebagai mata pencaharian.

manfaat barang bekas
manfaat barang bekas

Barang Bekas adalah Barang yang sudah dipakai dan terjadi pengurangan harga tapi jika dikreasikan menjadi lebih bernilai dari sebelumnya, kita bisa mengolahnya kembali atau disebut dengan Daur Ulang.

Daur Ulang adlah proses untuk menjadikan barang bekas menjadi barang baru dengan tujan mengurangi sampah dan bisa menjadi barang yang bermanfaat, mengurangi barang baku baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan. Daur Ulang merupakan suatu strategi pengelolaan sampah yang terdiri dari pmilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendristribusian, dan pembuatan produk\material bekas pakai, material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas logam, tekstil, dan barang elektronik. Proses Daur Ulang harus menghasilkan barang yang sama juga contohnya bahan daur ulang dari kertas harus menjadi kertas yang kualitasnya sama. Seringkali, hal ini sulit dilakukan karena lebih mahal dibandingkan proses pembuatan dengan bahan yang baru jadi, daur ulang adalah proses penggunaan kembali material bekas menjadi barang yang berbeda. Bentuk lain dari daur ulang adalah ekstraksi material berharga dari sampah, seperti emas dari procesor komputer, timah hitam dari baterai, atau ekstraksi dari barang berbahaya seperti merkuri. Berikut adalah jenis-jenis dan manfaat dari barang bekas:

memanfaatkan barang bekas
memanfaatkan barang bekas

1.Kertas

Kertas-kertas yang biasanya dibuang begitu saja, begitu juga dengan koran, majalah, dan lain sebagainya atau bahkan dijual begitu saja, anda bisa mengubahnya menjadi seni misalnya menjadi gantungan, vas, hiasan dinding atau sebagainya. Kalian bisa mengikuti cara-caranya dengan sharing ke gogle.

2.Plastik

Anda pasti jengkel dengan sampah ini. Sampah yang beraneka ragam warna dan bentuknya yang bisa menganggu pemandangan, selain itu pula juga sulit hancur oleh Bakteri. Seiring anjuran pengurangan penggunaan barang plastik, diharapkan masyaratkat supaya pintar-pintar memanfaatkan barang plastik agar bisa didaur ulang, sampah plastik bisa didaur ulang menjadi Tas, Dompet, Map File, atau sebagainya. Untuk merangkainya anda bisa mengunakan mesin jahit atau lem supaya lebih tahan lama.

3.Botol Plastik/Kaca

Botol Plastik atau Gelas plastik yang biasanya sudah tidak terpakai anda buang atau anda jual ke Tukang Pengepul untuk didaur ulang di pabrik Industri. Anda juga bisa mengubahnya menjadi produk yang kreatif seperti hiasan dinding, kotak barang, hiasan bunga, dan masih banyak lagi. Sementara pecahan kaca, botol kaca, beling, dan bolamb banyak dimanfaatkan menjadi hiasan meja dan lukisan Mozaik.

4.Kain Perca

Sisa-sisa kain yang biasanya terdapat dari Perusahaan garmen atau Tukang jahit bisa diubah menjadi produk kerajinan sperti Keset Lantai, Boneka, Tas Kecil, Sarung Bantal, dan lain-lain. Dengan bahan yang murah anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

5.Kaleng Bekas

Kaleng Bekas yang biasnya berasal dari Kaleng Susu, Kaleng Sarden, Kaleng Oli, Minuman Karbonasi. Bisa anda ubah menjadi wadah-wadah benda benda kecil, jika anda kreatif anda bisa mengubahnya menjadi barang yang lain seperti Mobil-mobilan, Hiasan Dinding, Asbak, dan lain-lain.

Kita supaya bisa menyayangi pada Bumi kita ini karna jika kita tidak biasa memanfaatkan barang bekas dalam arti kita membuangnya begitu saja atau kita jual maka kita juga yang akan rugi, Begitu juga Kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga itu semua bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply