Salah Masuk Jurusan

Salah Masuk Jurusan? Yuk Ikuti Tips Mujarab Anak Kuliahan

Posted on

Salah jurusan di saat kuliah merupakan momok yang menakutkan bagi mahasiswa. Karena merasa dirinya itu salah jurusan maka berbagai masalah akan muncul seperti malas untuk kuliah. Tapping cabutlah, titip absenlah, malas – malasan, apabila kondisi tersebut bisa sampai serius maka akan dapat menghasilkan mahasiswa abadi. Salah satu saran yang paling ampuh yaitu “keluar dan pindahlah jurusan lain”. kita harus bisa melihat lagi apakah memang hal ini akan menyelesaikan masalah atau justru menambah masalah baru. Masalah baru yang akan didapat muncul seperti penyesuaian lagi dengan mahasiswa baru, kerugian material yang sangat banyak, kerugian waktu yang pasti tidak dapat digantikan, dan juga belum tentu saat pindah jurusan merasa nyaman. Kita mempunyai beberapa hal yang dapat dipertimbangkan oleh kamu dalam menghadapi momok salah jurusan.

Frustasi Gara - Gara Salah Jurusan
Frustasi Gara – Gara Salah Jurusan

Berikut ini adalah hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu:

  1. Syukuri Masih bisa Kuliah

Meskipun agak klise, tetapi kita harus bersyukur bahwa orang tua kita masih bisa dan mau untuk membiayai kuliah kita. Mereka hanya berharap kita bisa sukses dengan bekal pendidikan yang kita punya. Coba saja deh kamu hitung berapa uang yang akan kamu keluarkan dan waktu yang kamu habiskan kalau saja kamu pindah jurusan lagi. Jadi setiap kebetean yang kita alami dengan jurusan kita, ya di syukuri saja.

  1. Karena Telah Terlanjur Masuk ke Dalam Kolam, Sekalian Menyelam Saja

Kamu harus mencoba untuk bisa merasakan benar – benar jurusanmu. Perdalamlah pengetahuan mengenai apa sih sebenarnya masa depan jurusan kamu itu? dengan cara bertanya kepada dosen ataupun alumni jurusan kamu. Kerena dengan adanya pengetahuan yang lebih pandangan akan jurusan kamu pun dapat berubah.

  1. Apakah Kamu Salah Masuk Jurusan?

Yupps! Ini adalah pertanyaan yang wajib dijawab kalau kamu merasa bahwa kamu itu salah jurusan. Jika memang salah jurusan, lalu jurusan apa sih yang sebenarnya tepat untuk kamu?

Banyak orang yang mengatakan bahwa salah jurusan adalah tameng kejenuhan terhadap sebuah jurusan. Kita harus menyadari bahwa di setiap jurusan pasti memiliki masa jenuh dan bosan atau bahkan muak. Tips dalam kondisi ini yaitu dengan cara take a break. Istirahatkan diri, dinginkan otak, dan kumpulkanlah semangatmu untuk masa depan.

  1. Sadari bahwa Kita akan Menjadi “Kaya”

Dalam kondisi ini dan tahu bahwa jurusan apa yang sebenarnya kita ambil. Mulailah dengan memperdalam bidang tersebut, baik dengan cara membaca buku, tanya teman yang sebidang, ataupun langsung terjun ke dunia tersebut dengan join company dalam bidang tersebut. Dengan cara ini, hidup kita akan semakin kaya pengetahuan dan pengalaman.

Salah satu contohnya yaitu ada seseorang dengan jurusan kedokteran yang ternyata ia tidak menyukai bidang tersebut, akan tetapi ia dipaksa oleh orang tuanya. Sambil kuliah sang anak itu pun mengetahui bidang yang ia sukai yaitu menjadi seorang animator. Kesukaannya tersebut menjadikan ia aktif bergabung dalam komunitas animator dan bahkan freelance animator di studio animasi. Akhirnya setelah ia lulus kuliah, ia mempunyai skill seorang dokter dan animator yang handal dan koneksi teman ke bidang lain selain dokter. Keren bukan?

  1. Ikuti Kegiatan Non Akademis di Perkuliahan

Saat di kelas kamu sudah suntuk bahkan untuk belajar pun kamu malas. Waktunya bagi kamu untuk mengembangkan skill – skill non akademis kamu dengan bergabung UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ataupun SAC (Student Activity Center) di universitas kamu. Sebab di masa kuliah itu kita bukan hanya mengejar hardskill, akan tetapi sofskill mulai dari time management, teamwork, public speaking dan lain sebagainya. Kerena dengan adanya kita mengikuti kegiatan ini kamu akan bisa menemukan hal baru yang tidak akan pernah kamu dapatkan dalam kegiatan perkuliahan, apalagi saat kamu salah jurusan.

Selain itu, dengan aktifnya kita mengikuti kegiatan diluar perkuliahan kamu bisa membuka wawasan kamu dan juga mendapatkan hal – hal yang baru. Bahkan akhirnya kamu pun dapat menemukan bidang yang memang kamu benar – benar sukai dan dapat kamu perdalam.

  1. Tunjukan Prestasi di Luar Perkuliahan

Karena kamu tidak suka dengan jurusan yang terpaksa kamu jalani itu, kamu juga harus memilki keahlian ataupun kegemaran di bidang lainnya. Buatlah prestasi yang bisa membuat diri kamu dipercaya bahwa kamu itu memilki nilai lebih dalam bidang lain. Misalnya kamu suka dengan menggambar buktikan kalau kamu itu bisa membuat karya – karya yang sangat indah dengan tanganmu itu.

Gravatar Image
Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu - kupu yang cantik.

Leave a Reply