Subhanallah, Inilah Manfaat Membaca Al Qur’an

Posted on

Di zaman yang semakin hancur dan makin rusak moralnya ini kita tau bahwasanya dunia ini akan semakin berkembang menjadi maju dan maju lagi karena yang namanya ilmu pengetahuan makin lama akan semakin berkembang dan menjadi lebih baik lagi namun, banyak sekali orang yang tak menyadari bahwa ilmu yang semakin maju dan berkembang seharusya perlu di imbangi dengan ilmu akhirat atau biasa kita praktekan              ( amalkan ) dengan cara mengaji dan mendengarkan tausiyah agama dari tokoh-tokoh masyarakat atau para ulama, ustad, ustadzah dll.

Dalam hal memahami ilmu agama, itu perlu sebuah kesabaran yang tinggi karena kita tau bahwasanya pernah ada sahabat atau  nabi yang berkata bahwa “ orang yang mencari ilmu itu perlu tenaga, pikiran, keasabaran, punya bekal dan tentunya waktu yang lama”. Sampai-sampai kata-kata atau pesan ini di jadikan menjadi syairan bagi mereka yang benar-benar ingin mencari ilmu agar menjadi orang yang faham akan ilmu yang dia pelajari dan pastinya dapat mengamalkan ilmu tersebut agar menjadi amal jariah bagi generasi ke generasi yang akan datang di kemudian hari nanti.

 

Dalam riwayat khadis atau cerita-cerita zaman dahulu banyak sekali sahabat name atau orang-orang yang tak menjumpai nabi namun sangat percaya dan gigih dalam hal berjuang mencari ilmu akhirat sampai-sampai mereka berkelana dari satu Negara ke Negara lainya, sebut saja Imam Bukhori yang berkelana untuk mencari ilmu padahal dalam keadaan buta sejak lahir namun dengan seizing Allah di dapat mengumpulkan khadis dengan peringkat Shohih ( atau Sah dan tak di ragukan lagi kebenaranya )

Namun di era yang seperti ini kita masih sangat beruntung dapat menjumpai gyang namanya Al Quraan Dan Al hadis yang mana sudah menjadi dasar bagi pemeluk agama islam untuk menjadikanya sebagai penunjuk ke arah jalan yang benar. Kita tau bahwa dahulu sejak kecil kita telah di ajari bagaimana caranya baca Al-Qur’an. Dengan berbagai metode,contohnya  metode baca menggunakan Iqro, lalu ketika sudah lancer menggunakan iqro maka akan naik ke tingkat yang selanjutnya yaitu juz Amma yang kemudian akan naik lagi bila sudah lancar membacanya dan akhirya menjadi belajar membaca Al Quraan.

manfaat al qur'an

 

Namun ketika sudah lancar membaca Al Qur’an, malah kebanyakan orang sudah jarang dalam hal menderes atau tadarus Al Qur’an. Padahal sebenarnya,  banyak sekali manfaat-manfaat yang akan kita peroleh ketika kita mau mengamalkan atau membaca Al Qur’an. Dan sayangnya jarang sekali orang yang ingin dan selalu membaca Al Qur’an di setiap hari-harinya. Di sini saya akan memberikan contoh manfaat-manfaat membaca Al Qur’anbeserata sedikit penjelasanya, yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Secara dasar orang yang membaca Al Qur’an akan membutnya lebih tenang dan damai dalam hatinya karena Al Qur’an bersifat As Sifa atau dalam bahasa kita di sebut obat, yang mana akan mengobati hati bagi orang-orang yang mau membacanya.
  2. Al Qur’an dapat di jadikan pedoman hidup kita, karena akan selalu menunjukan ke jalan atau arah yang benar selama kita tak menyimpang dalam memahaminya dan mau mengamalkan isi di dalamnya.
  3. Al Qur’an sebenarnya juga dapat memberikan dorongan pada jiwa kita atau semangat karena salah satu bukti adalah adanya cerita-cerita nabi di dalamnya yang mengisahkan betapa gigih dan sabarnya mereka dalam hal berjuang di jalan Allah. Inilah yang membuat Al Qur’an menjadi pembangkit semangat kita.
  4. Al Qur’an dapat menjadi sebuah teguran bagi sifat-sifat manusia yang menyimpang dari jalan yang benar, karena di dalam Al qur’an juga di jelaskan tentang pentinya memiliki Akhlaqul kharimah seperti yang di miliki para nabi , khususnya nabi Muhammad SAW.
  5. Al Qur’an sebagai tanda-tanda kebesaran Allah sebagai contoh yaitu tak ada satu orang pun yang dapat membuat ayat yang mirip dengan Al Qur’an inilah tanda yang sangat membuktikan bahwa Al Qur’an memang benar-benar di turunkan oleh Allah SWT.
  6. Al Qur’an dapat menjadi sarana penghubung atau komunikasi kita dengan Allah SWT.
  7. Barang siapa yang dapat menghafalkan Al Qur’an akan di berikan pada ibu dari anak yang menghafalkan Al Qur’an tersebut yaitu sebuah mahkota yang mana sinarnya mengalahkan sinarnya matahari.
  8. Bagi mereka yang hafal Al Qur’an maka, Al Qur’an yang sering di bacanya akan di serupakan orang yang ada di dekat kuburan sang penghafalnya, yang kemudian akan menjadi saksi bahwa sang anak ini telah menghafalkan Al Qur’an.
  9. Bagi yang membaca Al Qur’an dan mengamalkanya namun tetap dalam niat karena Allah maka akan di mudahkan, di beri petunjuk dan senantiasa akan ingat pada Allah SWT.
  10. Al Qur’an akan membuat mereka yang membacanya akan selau ingat pada Allah SWT, karena Al Qur’an sudah memberikan banyak bukti kuasa-kuasanya.

Mungkin sekian penjelasan dan manfaat-manfaat dari al Qur’an yang telah saya jelaskan dengan semampu saya, sebenarnya masih banyak sekali manfaat serta penjelasan yang belum saya jelaskan atau bahkan belum di ketahui oleh sebagian manusia, karena minimnya pengetahuan akan ilmu kita dalam memahami ilmunnya Allah yang sangat luas dan tak terhingga. Saya harap banyak orang-orang yang akan merutinkan membaca Al Qur’an setelah mengetahui tentang hal ini. Sekian terima kasih.

 

Leave a Reply