Masih Zaman Kaya Harta atau Kaya Hati

Posted on

Pilih mana? Kaya Hati atau Kaya Harta?

Banyak sekali diantara kalangan manusia ingin hidup sukses, maka dari itu banyak sekali orang-orang bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkan, tapi tahukah anda bahwa definisi kaya bukan hanya kaya harta saja akan tetapi ada kaya hati, mungkin masih banyak orang yang belum mengerti tentang definisi kaya karena kebanyakan tau definisi kaya adalah orang yang hidupnya mewah, mempunyai kendaraan yang mewah, usahanya dimana-mana. Akan tetapi ada definisi lain yang mungkin lebih baik bagi kita semua dari pada kaya harta yaitu kaya hati, kaya hati disini adalah ketika hati kita merasa tenang, selalu bersyukur pada Allah SWT, badannya sehat, selalu lapang dada.

Tapi tidak semua kaya harta akan mendapatkan kepuasan yang lebih karena sesungguhnya kaya yang sebenarnya adalah kaya hati, karena kaya hati itu selalu mersa cukup dan dia selalu qona’ah (merasa puas) pada apa yang telah Allah SWT berikan. Dia tidak tamak kekayaan dunia karena itu semua hanyalah titipan dari Allah SWT dan hanya bersifat sementara. Dan dia selalu ridho dengan apa yang Allah SWT berikan karena sesesungguhnya Allah SWT itu maha adil. dan sobat tidak perlu takut jika tidak kaya harta karena jika kita hanya kaya hati insyaAllah pasti kaya harta, jangan takut miskin tapi takutlah kaya harta yang tidak memiliki keimanan.

kaya-miskin
miskin dan kaya

Harta yang kita miliki, jika sudah sampai pada nisab, maka wajib untuk dikeluarkan zakatnya, sesuai dengan aturan agama. Sehingga kita tidak pernah merasa sombong dengan apa yang kita miliki. Bahwa harta yang melimpah, mobil mewah yang terparkir di garasi rumah kita adalah harta sesaat ketika kita masih hidup dunia. Dan harta yang kita miliki hakikatnya bukanlah hak kita karna itu semua adalah haknya Allah SWT.

Dan yang saya maksud disini bukan hanya memiliki kaya harta ataupu hanya kaya hati akan tetapi lebih baik bila keduanya bisa seimbang, antara kaya harta dan kaya hati. Yaitu kaya iman, kaya hati, kaya uang, kaya ibadah, kaya jiwa, karya kecerdasan, kaya syukur dan yang lainnya.

    JADI SOBAT PILIH MANA ?

  KAYA HARTA

Atau

 KAYA HATI

  ATAU KEDUANYA ?

Incoming search terms:

  • Harta sementara
  • harta hanya titipan
  • hidup hanya sementara menurut islam
  • miskin harta kaya hati
  • miskin harta tapi kaya hati
Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply